Cegah Corona, Ikuti Trik Cuci Tangan di Rumah Ini, Yuk!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Cuci Tangan yang Benar agar Efektif Membunuh Virus

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO secara resmi menyatakan bahwa status virus corona jenis baru yang disebut COVID-19 telah berubah menjadi sebuah pandemik. Alhasil, seluruh orang di dunia harus melakukan berbagai langkah pencegahan agar dapat terhindar dari penyakit yang satu ini.

Menurut WHO, cara paling sederhana yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dari virus COVID-19 ini adalah dengan cuci tangan sesering mungkin sehingga dapat membunuh semua virus dan bakteri yang menempel di tangan. Namun, bagaimana sih cara efektif cuci tangan agar benar-benar bersih? Berikut ini Kania akan membagikan tips dan triknya untuk kamu. Simak sampai habis, ya!

Tata Cara Cuci Tangan Menurut WHO

seseorang sedang cuci tangan menggunakan sabun di wastafelthesun.co.uk

Untuk melenyapkan berbagai virus yang menempel di tangan, pertama-tama kamu dapat membasahi kedua tangan menggunakan air bersih. Setelah itu, tuangkan sabun pada tangan secukupnya hingga dirasa cukup untuk membersihkan semua permukaan tangan. Kemudian, gosok telapak tangan yang satu ke telapak tangan lainnya, serta jangan lupa untuk menggosok punggung tangan dan sela-sela jari.

Selanjutnya, silakan gosok punggung jari mennggunakan telapak tangan yang satunya dengan posisi jari yang saling bertautan, lalu genggam dan gosok ibu jari dengan posisi memutar. Saat cuci tangan, jangan lupa juga untuk menggosok bagian ujung jari ke telapak tangan agar area kuku pun ikut terkena sabun. Setelah itu, basuh tangan menggunakan air mengalir dan keringkan tangan menggunakan lap sekali pakai.

Perhatikan Durasi Cuci Tangan

seorang perempuan sedang cuci tangan di wastafel menggunakan sabunwellandgood.com

Saat cuci tangan, kamu pun sebaiknya tidak terburu-buru atau secara asal. Agar lebih efektif dalam membunuh virus ataupun kuman pada tangan, pastikan kamu cuci tangan dengan mengikuti anjuran durasi dari WHO, yaitu sekitar 20 hingga 30 detik menggunakan sabun dan membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir.

Keringkan Tangan dengan Lap Sekali Pakai

seseorang sedang menarik tisu seusai cuci tanganminutemedia.com

Perlu kamu ketahui bahwa kuman kerap berkembang biak di area yang lembap. Oleh sebab itu, pastikan kamu tidak meninggalkan wastafel sebelum tangan benar-benar kering, ya! Saat mengeringkan tangan, sebaiknya kamu menggunakan lap sekali pakai yang bersih seperti tisu kering. Hal ini karena lap sekali pakai yang bersih dinilai lebih efektif. Namun, jika di tempatmu hanya terdapat opsi pengering tangan berupa blower, pastikan kamu menunggu hingga tangan benar-benar kering.

Cuci Tangan Sesering Mungkin

tangan seseorang yang penuh busa saat cuci tanganforbes.com

Banyak orang hanya melakukan cuci tangan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet saja. Padahal, virus dan bakteri tersebar di mana-mana, misalnya pada tombol lift, pegangan tangga, kartu ATM, pintu rumah, permukaan meja, keyboard laptop atau komputer, remote AC, bahkan ponsel yang setiap saat kamu genggam.

Oleh karena itu, lakukanlah cuci tangan sesering mungkin setelah menyentuh benda-benda di sekitarmu. Selain itu, agar lebih maksimal dalam membunuh kuman, sterilkan berbagai barang personal yang sering kamu pakai menggunakan tisu pembersih anti bakteri. Namun, pastikan juga tisu pembersih yang kamu pakai memiliki tekstur yang lembut agar barang kesayanganmu tidak rusak atau lecet.

Tak Ada Air dan Sabun? Gunakan Hand Sanitizer!

dua botol hand sanitizer sebagai alternatif cuci tangancnet.com

Jika kamu berada dalam kondisi di mana tidak ada air dan sabun sehingga sulit untuk cuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer dengan basis alkohol setidaknya 60 persen sebagai alternatifnya. Meskipun tidak seefektif cuci tangan dalam menghilangkan virus, tapi penggunaan hand sanitizer dapat membantu mengurangi jumlah kuman yang menempel secara cepat.

Untuk menggunakannya, silakan tuang gel hand sanitizer pada telapak tangan, lalu gosok kedua permukaan tangan hingga sela-sela jari. Setelah itu, tunggu hingga mengering. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanyalah sebagai alternatif sehingga kamu tetap harus cuci tangan saat sudah menemukan air dan sabun.

Lakukanlah trik cuci tangan di atas secara rutin agar kamu terhindar dari berbagai kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus corona. Jangan lupa, ajak juga semua orang yang kamu sayangi untuk melakukan cara efektif cuci tangan di atas agar mereka pun selalu sehat dan terhindar dari penyakit! Selamat mengikuti trik cuci tangan di atas!

Selain informasi di atas, temukan juga artikel dengan inspirasi dan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma. Tak hanya itu, di Dekoruma kamu juga bisa menemukan berbagai produk rumah tangga, mulai dari furnitur, perabotan, hingga dekorasi. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse