Furniture 101: Rotan, si Polos yang Tidak Bikin Bosan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Sebagai orang Indonesia, pasti kalian sudah tidak asing dengan rotan. Kita dapat menemukan rotan dalam berbagai kerajinan, baik sebagai perlengkapan rumah tangga hingga furnitur seperti kursi hingga rangka tempat tidur. Tapi sejauh mana sih pengetehuan kamu tentang rotan? Yuk, kita ulik bersama!

Rotan.jpg

Kombinasi Rotan Alami dan Rotan Sintetis oleh Cass Living

Material rotan berasal dari tumbuhan yang tersebar di Afrika, Australasia, dan Asia yang dapat tumbuh hingga 100 meter. Meskipun panjang, batangnya hanya memiliki diameter sebesar ibu jari. Batangnya tersebut memiliki karakteristik ulet dan kenyal sehingga mudah untuk dibentuk dan dianyam untuk menjadi berbagai furnitur dan perlengkapan lainnya. Meskipun sekilas terlihat seperti bambu, rotan memili sifat yang berbeda. Rotan bersifat kuat, awet, dan ringan. Seiring perkembangan waktu, anyaman rotan terkadang digantikan dengan bahan sintetis yang terbuat dari plastik seperti PVC.

Rotan 2.jpg

 Ragam kreasi dan anyaman dari material rotan

Cara Merawat Furnitur Rotan

1. Singkirkan debu menggunakan kain kering atau penyedot debu

Perawatan terhadap furnitur rotan kamu perlu diperhatikan. Supaya noda hilang dan debu tidak menumpuk, bersihkan furnitur kamu dengan menggunakan kain kering atau penyedot debu agar menjadi lebih bersih. Lakukan dengan hati – hati dan tidak menekan permukaan rotan terlalu keras agar tidak menggores rotan dan melepas jalinan anyaman.

2. Gunakan deterjen untuk membersihkan sela – sela anyaman

Terkadang menggunakan kain saja tidak cukup, apalagi kalau debu sudah membandel. Oleh karena itu, silakan cuci furnitur kamu dengan deterjen di bagian – bagian tersebut. Jika tidak memungkinkan, cukup lap saja dengan kain basah. Setelah itu jangan lupa untuk dikeringkan dengan baik menggunakan lap, hairdryer, atau sinar matahari.

3. Beri perhatian ekstra pada furnitur rotan outdoor kamu

Untuk menjaga keindahan dari furnitur rotan kamu, akan lebih baik untuk menghindari tempat yang terlalu terik dan terlalu lembab. Karena cahaya matahari yang berlebih dapat membuat rotan tampak kusam, disarankan untuk menempatkannya pada lokasi luar ruang yang lebih teduh, seperti di bawah atap teras, balkon, atau pohon. Sedangkan tempat yang terlalu lembab dapat membuat furnitur rotan kamu berjamur. Namun apabila terlanjur terkena air hujan, segera keringkan furnitur rotan kamu.

ADK-10_2.jpg

Kursi Rotan oleh Aedeko

Nah, sekian penjelasan dari Kania tentang rotan. Semoga membantu kalian dalam menentukan pilihan furnitur kamu ya!

Selamat berbelanja!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse