5 Trik Tingkatkan Produktivitas Kerja #BisaDiRumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Ampuh Meningkatkan Produktivitas Kerja di Rumah

Imbauan untuk melakukan social distancing guna mengurangi penyebaran COVID-19 membuat banyak perusahaan mengambil kebijakan bagi para karyawannya untuk bekerja dari rumah. Mungkin kamu termasuk salah satu dari banyak pekerja yang sekarang mulai membiasakan diri agar produktivitas kerja tetap terjaga, walau tidak pergi ke kantor.

Di luar negeri, kebijakan bekerja dari rumah sebenarnya sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, kebijakan baru ini sangat mungkin membuat para pekerja Indonesia, termasuk kamu, mengalami shock culture. Hal ini karena sebagian besar orang berpikir bahwa bekerja dari rumah bisa lebih santai, tapi realitanya kamu justru kelabakan karena sulit mempertahankan produktivitas kerja ketika bekerja hanya dari kamar atau ruang kerja pribadi yang ada di rumahmu.

Sebenarnya banyak cara untuk bisa menjaga bahkan meningkatkan produktivitas kerja di rumah. Intinya, kamu tetap #BisaDiRumah dengan tingkat produktivitas kerja yang tinggi, seperti saat bekerja di kantor. Cara-cara untuk meningkatkan produktivitas kerja di rumah ini juga sangat simpel dan bisa dengan mudah kamu ikuti. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja simak ulasan dari Kania di bawah ini!

Tetap Ikuti Kebiasaan Kerja di Kantor

seorang perempuan sedang bekerja sambil minum sebagai produktivitas kerjapixabay.com

Produktivitas kerja yang menurun saat bekerja di rumah biasanya dikarenakan tidak adanya konsistensi dari dalam dirimu untuk mengikuti jadwal kerja di kantor. Mungkin kamu berpikir bahwa kamu bisa lebih bersantai di rumah karena tidak perlu menyediakan waktu untuk melakukan perjalanan, padahal baiknya tidak begitu.

Jika kamu ingin produktivitas kerja tetap terjaga, jangan ubah waktu dan kebiasaan jadwal kerja antara di kantor dengan rumah. Kalau biasanya kamu bangun jam enam pagi, tetaplah bangun jam enam pagi. Jika biasanya di kantor mulai kerja jam delapan, kamu juga harus mulai bekerja di rumah dari jam delapan. Selesai kerja di rumah pun harus disesuaikan dengan waktu pulang kantor biasanya. Sebagai pengingat waktu, letakkanlah jam meja di dekat laptopmu. Dengan demikian, produktivitas kerjamu akan tetap terjaga.

Tingkatkan Produktivitas Kerja dengan Buat Daftar Kerja Harian

seseorang sedang menulis sebagai produktivitas kerjapixabay.com

Bekerja dari rumah membuat supervisi dari atasanmu sedikit berkurang. Mungkin jika di kantor, setiap harinya kamu mendapatkan instruksi pekerjaan yang harus diselesaikan. Namun, ketika bekerja di rumah, instruksi langsung dari atasan tidak kamu peroleh. Nah, ketiadaan instruksi kerja harian ini sangat mungkin membuat produktivitas kerja jadi menurun.

Namun, jangan panik dulu karena kamu tetap bisa menghubungi atasanmu dan menanyakan pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan. Walaupun tidak mendapatkan instruksi secara langsung, tapi cobalah untuk mencatat dan membuat daftar pekerjaan harian yang harus dilakukan secara lebih terstruktur. Setelah selesai membuatnya, tempelkan daftar kerja tersebut di meja kerja milikmu. Melalui daftar tersebut, tanpa sadar produktivitas kerjamu akan lebih meningkat.

Tentukan Tempat Kerja yang Nyaman

sebuah meja kerja dengan kursi yang nyaman untuk meningkatkan produktivitas kerjapixabay.com

Kenyamanan juga turut menentukan produktivitas kerja, khususnya terkait tempat kerja di rumah. Kalau kamu memilih titik tempat kerja yang salah, bisa-bisa produktivas kerjamu menjadi menurun karena merasa tidak nyaman dan tidak fokus. Sebaliknya, jika berhasil mendapatkan area kerja yang asyik, kamu pun bisa lebih bersemangat dan produktivitas kerja pun akan meningkat.

Ketika bekerja di rumah, sebaiknya kamu menggunakan meja dan kursi kerja yang nyaman. Hal ini tentunya dapat membuat posisi dudukmu selama bekerja lebih nyaman sehingga badan tidak merasa pegal atau lelah. Selain itu, pilihlah tempat kerja di rumah yang berhadapan langsung dengan jendela agar sirkulasi udara yang kamu peroleh lebih baik.

Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Mengambil Waktu Istirahat

sebuah jam untuk meningkatkan produktivitas kerjapixabay.com

Bekerja tanpa henti secara terus-menerus juga tidak baik. Hal ini karena terlalu banyak bekerja justru dapat membuat kondisi tubuh kelelahan sehingga produktivitas kerja menjadi menurun. Meskipun tujuannya agar semua pekerjaan cepat selesai, tapi justru mungkin saja hasil dari pekerjaan tersebut tidak maksimal karena kondisi tubuh yang sudah lelah. Oleh karena itu, usahakanlah untuk tetap mengambil waktu beristirahat secukupnya.

Setiap dua jam sekali, berikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat sejenak saat sedang bekerja di rumah. Tidak perlu lama-lama, maksimal waktu istirahat yang bisa kamu ambil adalah 30 menit. Waktu istirahat tersebut bisa kamu gunakan untuk makan siang, menghirup udara segar di teras rumah, ataupun sekadar tidur sebentar untuk menyegarkan pikiran. Jika tubuh sudah beristirahat yang cukup, secara otomatis produktivitas kerja akan meningkat karena energimu sudah pulih kembali.

Jauhi Pengganggu Konsentrasi

meningkatkan produktivitas kerja dengan menjauhi ponselpixabay.com

Bekerja di rumah sesungguhnya membuatmu dihadapkan dengan berbagai hal yang dapat mengganggu konsentrasi, seperti ponselmu, game, bahkan keberadaan anggota keluarga di rumah yang mengalihkan pikiranmu dari pekerjaan. Hal ini tentu dapat membuat produktivitas kerja di rumah jadi berkurang.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Caranya sangat sederhana, yaitu dengan menjauhi ponsel, tv, atau gamemu. Kalau anggota keluargamu kerap menganggu atau berisik, mungkin kamu bisa meminta pengertian kepada mereka, kemudian memilih area kerja yang cukup berjauhan dengan interaksi keluarga. Mematikan fitur media sosial di ponsel juga dapat membantumu untuk lebih berkonsentrasi sehingga produktivitas kerja lebih meningkat.

Dari kelima trik di atas, kira-kira trik apa saja nih yang sudah kamu lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja di rumah? Selamat mencoba trik meningkatkan produktivitas kerja dari Kania, kamu pasti #BisaDiRumah!

Satu hal lagi, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri, ya! Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayur dan buah, serta rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala.

Selain informasi di atas, baca juga artikel dengan inspirasi dan informasi bermanfaat lainnya dari Kania hanya di Dekoruma. Tak hanya artikel saja, Dekoruma juga menyediakan produk furnitur, peralatan rumah tangga, dan dekorasi, lho! Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma sekarang juga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse