6 Cara Membasmi Kepinding di Kasur

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Ampuh untuk Membasmi Kepinding di Kasur

Kepinding kasur alias bed bugs atau kutu busuk paling sering ditemukan di kasur. Kepinding ini bisa tinggal dan bertelur di sela-sela tempat tidur, bantal, dan tempat-tempat tersembunyi lainnya. Bentuk kepinding sendiri agak gepeng dan sulit dilihat secara kasat mata. Bahayanya, keberadaan kepinding di kasur bisa menimbulkan masalah gatal-gatal pada kulit atau ruam dan juga masalah alergi.

Oleh karena itu, kamu harus segera membasmi kepinding di kasur. Nah, bagi kamu yang belum tahu caranya, berikut ini Kania akan membagikan cara membasmi kepinding di kasur secara tepat. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Kurangi Tumpukan Benda di Kasur

sebuah kasur dengan tumpukan bantal yang berpotensi diserang kepindingyoutube.com

Salah satu cara membasmi kepinding di kasur yang paling mudah adalah dengan mengurangi tumpukan benda di atas kasur tersebut. Coba pastikan area kasur tempat tidur tidak dipenuhi oleh benda-benda yang tidak perlu, seperti tumpukan pakaian kotor, boneka, hingga pernak-pernik elektronik.

Prinsipnya, jika benda tersebut tidak ada hubungannya dengan kegiatan tidur, maka jauhkanlah dari tempat tidur untuk meminimalisir keberadaan kepinding. Bukan tidak mungkin kepinding berpindah dari kasur ke tempat lain, seperti sofa hanya dengan menumpangi benda-benda, lho!

Cuci Sprei Secara Seksama

dua ekor kepinding di atas kain kasur berbahan rajutanhuffpost.com

Kepinding pada kain sprei tidak serta merta mati dengan pestisida. Cara yang paling efektif untuk membasmi kepinding adalah dengan mencuci sprei tersebut menggunakan air panas, minimal 50 derajat Celcius. Jika tidak bisa melakukan pencucian menggunakan air bersuhu tinggi, coba gunakan fitur pengeringan di mesin cuci. Dengan demikian, kepinding bisa dibasmi dengan suhu kering yang tinggi.

Bongkar Kasur dan Kerangka Tempat Tidur

kerangka tempat tidur yang sedang dibongkar untuk mengontrol keberadaan kepindinggoogle.com

Supaya masalah kepinding tuntas sampai akarnya, disarankan untuk membongkar kerangka tempat tidur, terutama bagi kamu yang kasusnya sudah sangat serius. Hal ini bertujuan untuk menemukan sarang kepinding di kasur atau tempat tidur tersebut. Dengan demikian, kamu pun bisa melakukan langkah pembersihan kepinding secara total.

Meskipun tak kasat mata, tapi pada umumnya, kepinding di kasur dapat terlihat seperti karat atau bercak-bercak merah kecoklatan jika disorot menggunakan senter atau lampu darurat. Coba periksa dan cari bagian kasur yang sobek, lalu semprot dengan cairan khusus untuk membasmi kepinding.

Inspeksi Perabotan di Sekeliling Tempat Tidur

dua orang sedang menggulung karpet untuk menginspeksi kepindingpestsamurai.com

Kepinding juga suka bersarang pada perabotan dan dekorasi kamar yang areanya berdekatan dengan tempat tidur. Oleh karena itu, coba bongkar laci dan lemari di samping tempat tidur untuk benar-benar membasmi kepinding sampai ke akar-akarnya. Cek bagian bawah dan belakang setiap perabot, kemudian semprotkan dengan cairan pembasmi kepinding sebelum dipasang kembali.

Jika menggunakan karpet di kamar tidur, sebaiknya kamu juga melakukan pengecekan dengan melepaskannya terlebih dahulu. Hal ini karena karpet menjadi tempat kedua yang paling berpotensi menjadi sarang kepinding. Coba bersihkan karpet dengan menyemprotkan cairan khusus untuk membasmi kepinding.

Membersihkan Secara Total

seseorang sedang menggunakan vacuum cleaner untuk membasmi kepindingwesternunioncanada.ca

Untuk permukaan kasur yang sudah terserang kepinding, gunakan sikat untuk melepaskan telur-telur kepinding yang belum menetas. Setelah itu, bersihkan secara saksama menggunakan vacuum cleaner, termasuk juga pada lantai kamar tidur yang menggunakan karpet.

Gunakan juga vacuum cleaner di sekitar area perabot yang berdekatan dengan tempat tidur. Maksimalkan kekuatan hisap pada alat vakum karena kepinding biasanya melekat erat pada permukaan, jadi pastikan kemu membersihkannya secara menyeluruh dan teliti. Setelah selesai, buang hasil vakum di area luar rumah yang jauh agar kepinding tidak kembali ke kamarmu.

Tambal Bagian yang Retak atau Pecah

seorang pria sedang membetulkan bagian dinding yang retak sebagai upaya meminimalisir kepindingthespruce.com

Dinding kamar di area tempat tidur juga wajib diperhatikan untuk membasmi kepinding. Perhatikan apakah ada bagian dinding yang retak atau pecah akibat penanaman kabel. Sama halnya juga dengan lantai, coba cek apakah ada area yang retak dan butuh penambalan atau penggantian.

Kamu bisa menggunakan berbagai cara untuk mengatasi masalah keretakan atau pecah sesuai dengan material yang digunakan. Hal ini bertujuan agar kepinding tidak sembarangan bersarang di area retakan atau pecahan tersebut yang gelap dan sempit.

Apabila keberadaan kepinding sudah ada pada tingkat yang sangat parah, sebaiknya kamu mengganti kasur tersebut dengan yang baru dan tetap melakukan beberapa cara membasmi kepinding di atas. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan kasur dan ruang kamar tidur. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan dan mengganti sprei serta menjemur kasur secara rutin. Selamat mengikuti cara membasmi kepinding dari Kania!

Selain informasi di atas, baca juga artikel untuk mengusir binatang yang tidak diinginkan di Dekoruma, seperti cara membasmi tikus dan semut.  Tak hanya artikel, Dekoruma juga menyediakan furnitur dan dekorasi untuk melengkapi hunianmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse