Kenali Material Anda

Masalah pemilihan material adalah hal klasik yang akan Anda hadapi jika ingin menata rumah dan seringkali Anda tidak yakin material apa yang harus digunakan. Yuk lihat dan kenali jenis-jenis material yang ada untuk didiskusikan bersama interior designer Anda!

Wood

Hardware

Cat

Wallpaper

Flooring

Tabletop

Backsplash

Finishing

Wood

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Solid

Kayu solid lebih kuat dan kokoh daripada kayu olahan. Jenis kayu solid yang sering digunakan antara lain jati, sungkai, mahoni, dan kamper. Sebanding dengan kualitasnya, furnitur dengan material kayu solid harganya cenderung mahal.

Multiplek

Kayu lapis merupakan hasil perekatan/press dari beberapa lembaran kayu dengan tekanan tinggi. Multiplek memiliki beberapa jenis ketebalan yang akan menentukan kekuatan furnitur. Harga multipleks lebih murah dibanding kayu solid.

Teakblock

Teakblock termasuk dalam kelompok multipleks. Lapisan terluarnya adalah kayu jati, namun bagian dalamnya adalah kayu lunak. Teakblock hanya menonjolkan pola kayu pada lapisan luarnya.

Block Board

Block board adalah balok-balok kayu berukuran 4-5 cm yang di-press menggunakan mesin dan diberi pelapis sehingga hasil akhirnya berupa papan kayu. Balok-balok kayu yang digunakan biasanya merupakan kayu lunak.

MDF

MDF terbuat dari serbuk-serbuk kayu halus yang dipadatkan dan di-press pada tekanan tinggi. Karena terbuat dari sisa-sisa kayu, maka harganyapun relatif murah, namun kurang tahan terhadap air.

Particle Board

Particle board pada dasarnya memiliki cara pembuatan yang sama dengan MDF, namun menggunakan partikel-partikel kayu yang lebih kasar. Particle board merupakan jenis kayu olahan dengan harga paling murah.

Hardware

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Huben

Merk ini banyak digunakan karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di toko-toko, namun jika tidak dirawat dengan benar mudah rewel dalam penggunaan jangka panjang.

Hafele

Merk asal Jerman ini tidak diragukan lagi kualitasnya, namun harganya sedikit lebih mahal dibanding produk lain.

FGV

Merk dagang asal Itali ini tidak asing lagidi kalangan desainer. Dengan kualitasnya yg prima, brand ini menjadi pilihan bagi yang menginginkan hardware berkualitas dengan harga kompetitif.

Cat

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Cat Dinding Interior

Cat yang digunakan khusus untuk dinding interior. Cat dinding interior memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah.

Cat Dinding Interior Mudah Dibersihkan

Cat yang digunakan khusus untuk dinding interior yang memiliki formula khusus, sehingga dinding yang terkena noda dapat dibersihkan dengan mudah.

Cat Dinding Eksterior

Cat yang memiliki formula khusus bersifat protektif terhadap kerusakan seperti sengatan matahari, jamur, dingin, hujan, dan perubahan temperatur yang menerpa dinding eksterior.

Wallpaper

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Vinyl Wallpaper

Wallpaper jenis ini paling mudah ditemukan di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, wallapper vinyl juga memiliki ketahanan yang relatif lama.

Paper Wallpaper

Terbuat dari bahan dasar kertas, wallpaper jenis ini relatif lebih murah dibanding jenis lain, tetapi rentan pada saat pemasangan dan perawatan karena bahannya sangat tipis.

Fabric Wallpaper

Terbuat dari bahan rajutan, wallpaper jenis ini kebanyakan made by order. Harganya cukup tinggi karena bahannya yang tebal. dan pengaplikasiannya yang cukup rumit.

Flooring

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Laminated Parquet Flooring

Sering disebut sebagai lantai kayu imitasi karena menggunakan HDF (High Density Fibreboard) yang dilapisi dengan material plastik bermotif kayu diatasnya, kemudian di-press kembali. Kelemahan material ini adalah kurang tahan terhadap kelembaban.

Solid Parquet Flooring

Terbuat dari potongan kayu utuh, proses pemasangan lantai ini pada umumnya dipasang pada kondisi unfinished, setelah terpasang baru kemudian dilapisi oleh coating. Solid parquet lebih tahan terhadap kelembaban daripada laminated parquet.

Solid Engineered Parquet Flooring

Lantai kayu yang terbuat dari kayu solid dipermukaannya dan multipleks (plywood) pada lapisan bawahnya. Material ini kurang tahan terhadap kelembapan jika dibandingkan dengan solid parquet.

Vinyl Flooring

Terbuat dari bahan PVC yang dicetak dan dibentuk menjadi beberapa lapis. Motif beragam, mulai dari corak kayu hingga batu. Sifatnya tahan air, namun jika terjadi kerusakan maka harus diganti semuanya.

Homogeneous Tile / Granite Tile

Terbuat dari bahan-bahan seperti tanah liat, silika, dan kaolin yang dicampur menjadi satu. Homogenous tile memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan dapat dipasang dengan nat yang lebih kecil dibanding keramik sehingga terlihat mewah.

Keramik

Keramik tersedia dalam berbagai ukuran dan motif, tahan terhadap air dan suhu panas, serta mudah untuk dibersihkan. Kelemahannya terletak pada nat yang perlu dibersihkan secara teratur.

Tabletop

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Granit

Granit berasal dari batu alam dan memiliki pilihan motif dan warna yang beragam. Material ini ini tidak mudah patah, tahan panas dan gores.

Marmer

Marmer memberikan kesan mewah dan elegan. Material ini lebih halus dibanding granit, bersuhu dingin, tahan terhadap panas, namun mudah menyerap noda.

Solid Surface

Material sintetis mirip granit atau marmer yang terbuat dari campuran akrilik, polyesteresin, dan pigmen warna. Kekuatannya masih kalah dibanding granit atau marmer, serta rentan terhadap panas diatas 180 derajat Celcius.

HPL

HPL atau High Pressure Laminate terbuat dari lapisan-lapisan melamin, resin, dan phenolic yang direkatkan melalui panas dan tekanan tinggi, serta lapisan decorative paper yang diletakkan di bagian terluar sebelum proses pressing.

Backsplash

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Keramik

Keramik tersedia dalam berbagai ukuran dan motif, tahan terhadap air dan suhu panas, serta mudah untuk dibersihkan. Kelemahannya terletak pada nat yang perlu dibersihkan secara teratur.

Mozaik

Keramik mozaik digunakan sebagai aksen pada dinding backsplash. Tampilan keramik mozaik membuat ruangan terlihat 'hidup' dan tidak monoton.

Cermin

Cermin dapat memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Kekurangan material ini adalah kerapuhannya dan perawatan yang cenderung sulit ketika mengalami flek pada permukaan yang disebabkan oleh kelembapan.

Kaca Sandblast

Kaca dilapisi oleh stiker sandblast yang bertujuan mengaburkan bayangan dan menciptakan berbagai motif sesuai keinginan.

Kaca Warna

Kaca yang diberi warna dengan menambahkan sedikit logam pewarna pada bahan baku kaca, sehingga sifat tembus pandang kaca menjadi rendah.

Kaca Warna (Back-painted Glass)

Kaca yang dilapisi cat di satu sisi sehingga menciptakan warna solid yang indah, tetapi tidak dapat tembus pandang.

Finishing

Harga
(Mahal - Murah)
Durabilitas
(Kurang tahan - Paling tahan)

Melamik

Metode ini cocok bagi yang menyukai serat alami kayu pada kayu solid atau kayu olahan lainnya. Finishing melamik berguna untuk melapisi dan mempertahankan serat serta warna dengan cara disemprot.

Duco

Duco merupakan tipe finishing warna solid yang dapat membuat furnitur tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Dengan pilihan warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari material dasar.

HPL

HPL atau High Pressure Laminate terbuat dari lapisan-lapisan melamin resin dan phenolic yang direkatkan melalui panas dan tekanan tinggi, serta lapisan decorative paper yang diletakkan di bagian terluar sebelum proses pressing.

Tacon

Terbuat dari plastik, Tacon sangat fleksibel dan dapat mengikuti bentuk furnitur yang unik seperti lengkung karena ketebalannya yang kurang dari 1 mm. Tacon memiliki permukaan yang bertekstur.

Decosheet

Decosheet memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan Tacon, namun sedikit lebih tipis dari Tacon.