×PESTA CASHBACK DEKORUMA HINGGA 1 JUTA!

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Hiasan Dinding Untuk Menghias Rumahmu

Rumah yang dilengkapi dengan hiasan dinding akan terlihat lebih menarik daripada rumah yang hanya berdinding polos. Apakah Anda setuju dengan pernyataan ini? Tentu saja hal ini relatif dan tergantung pada karakter seseorang.

Ada orang yang menginginkan tampilan ruangan yang ceria dan penuh aksen, ada pula yang memilih tampilan polos karena ruangan akan terasa lebih kalem dan tenang. Bagi yang menyukai tampilan polos, cat ruangan memainkan peranan penting dan vital. Apa pun konsep yang Anda pilih, Anda perlu mengutamakan kenyamanan di atas segalanya.

Apa Saja Jenis-jenis Hiasan Dinding?

Untuk menghias dinding ruangan, kita sebenarnya bisa menggunakan benda apa saja yang terlihat indah sesuai selera kita. Namanya juga selera, kita bebas menentukan jenis hiasan dinding kamar yang kita anggap menarik untuk ditempelkan.

Setidaknya, ada empat jenis hiasan dinding yang biasa digunakan untuk mempercantik ruangan, yaitu hiasan dinding berisi kutipan kata-kata, lukisan, foto, dan kaligrafi. Mari kita bahas satu-persatu.

  • Kutipan

Apakah Anda senang mengutip ucapan seseorang yang inspiratif? Atau Anda senang mengabadikan kata-kata milik sendiri yang bisa menjadi pemicu semangat di kala sedang berada dalam kondisi terburuk? Nah, kutipan-kutipan ini bisa dijadikan sebagai hiasan dinding, lho. Tentu saja, tampilan kata-kata ini sebelumnya sudah dihias dengan desain yang menarik dan bahan yang unik.

Bukan hanya berfungsi untuk mempercantik, hiasan berupa kata-kata motivasional ini bisa menjadi pengingat karena kita melihatnya setiap hari. Bukan tidak mungkin, kata-kata tersebut menjadi sumber semangat dan kekuatan bagi Anda untuk menjalani hidup. Supaya manfaatnya lebih maksimal, posisikanlah kata-kata kutipan penuh makna itu di tempat yang mudah terlihat.

  • Lukisan

Tidak diragukan lagi, lukisan adalah sebuah pajangan yang bisa mempercantik dinding ruangan. Lalu, jenis lukisan apa yang sebaiknya dipajang di dinding? Hal ini bergantung pada selera dan karakter Anda. Lukisan-lukisan dengan tema minimalis sangat cocok bagi Anda yang memiliki karakter santai dan spontan. Sementara itu, lukisan-lukisan abstrak yang butuh perenungan mendalam akan tepat dijadikan hiasan dinding kamar si pemikir.

  • Foto dan Frame

Jenis hiasan dinding yang lain adalah frame yang diisi dengan foto para penghuni rumah. Foto-foto yang dipajang sebagai hiasan dinding bisa bersifat santai seperti acara liburan, bisa juga berisi foto formal seperti foto keluarga.

Frame yang digunakan pun bisa bervariasi, tergantung pada keinginan dan selera kita. Tujuan pemasangan frame dan foto di dinding adalah untuk menjadi pengingat terhadap sebuah momen penting dalam hidup kita.

  • Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni menulis dengan indah. Hiasan dinding kaligrafi bisa Anda pasang jika Anda adalah penyuka tulisan-tulisan indah dan berseni.

Mengapa Hiasan Dinding Penting?

Bagi sebagian orang, hiasan dinding bukanlah sesuatu yang penting. Jangankan memikirkan hiasan dinding, memiliki rumah dengan dinding yang permanen saja masih menjadi pergumulan sehari-hari. Karena itu, dinding kamar atau dinding rumah biasanya sekadar ditempeli oleh berbagai benda yang tidak menampilkan keindahan sama sekali.

Namun, ada pula yang sudah peka terhadap hal ini dan mulai membuat konsep yang serius terhadap dinding rumah. Pada dasarnya, dinding adalah tempat yang sangat strategis untuk dihias. Bidang datar yang lumayan lebar serta tepat pada sasaran mata ini membuat dinding menjadi seperti kanvas yang menunggu untuk digarap.

Hiasan dinding tidak harus berupa benda-benda yang mahal dan mewah. Hasil karya tangan sendiri pun bisa dijadikan sebagai hiasan di dinding rumah atau kamar. Menggantung hasil karya sendiri di dinding juga merupakan sebuah bentuk kebanggaan dan kepercayaan kita terhadap kemampuan diri sendiri.

Tips Membuat dan Memasang Hiasan Dinding

Apakah kita bisa sembarangan memasang sebuah hiasan dinding? Hm, sebenarnya boleh saja. Namun, setidaknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut supaya tampilan hiasan dinding yang Anda pasang tetap menarik untuk dipandang.

  • Sesuaikan lokasi

Untuk dinding kamar sendiri, kita boleh bebas berekspresi. Toh, yang menikmati keindahannya adalah diri kita sendiri. Namun, jika kita ingin memasang hiasan dinding di tempat-tempat umum, misalnya saja di dinding kelas atau dinding kafe, kita perlu menyesuaikan dengan konsep yang diusung. Untuk hiasan dinding kelas, bentuk-bentuk yang bersifat mendidik akan sangat tepat digunakan. Selain mempercantik dinding, anak-anak pun akan semakin semangat belajar. Sementara itu, jika kita memiliki kafe, hiasan dinding café yang kita pasang sebaiknya tetap mempertimbangkan sisi bisnis. Jangan sampai, kita memasang hiasan dinding yang terkesan kekanak-kanakan padahal sasaran pembeli kita adalah orang-orang dewasa yang bersikap formal. Sementara itu, hiasan dinding ruang tamu sebaiknya menunjukkan keramahan dan keterbukaan terhadap orang yang berkunjung.

  • Jangan terlalu banyak

Menghias dinding dengan berbagai hiasan dinding minimalis pasti merupakan aktivitas yang menyenangkan. Apalagi jika awalnya dinding tersebut masih polos. Namun, kita perlu mengontrol diri supaya tidak memasang semua hiasan di dinding yang sama secara bersamaan. Dinding yang terlalu penuh dan ramai justru akan membuat suasana menjadi pengap dan sempit. Pilihlah hiasan-hiasan yang paling bagus dan sesuai dengan ruangan dan pasanglah di dinding dengan jarak yang cukup.

  • Gunakan konsep senada

Menempelkan hiasan dinding dengan konsep yang saling bertabrakan sebenarnya tidak ada yang melarang. Namun, alangkah baiknya jika Anda berhasil memadukan beberapa hiasan dinding tersebut dalam konsep yang senada. Misalnya, Anda ingin membuat suasana di dalam ruangan terkesan vintage, hiasan dinding vintage pasti akan terasa lebih cocok.

  • Manfaatkan bahan-bahan bekas

Apakah Anda ingin memiliki hiasan dinding yang unik dan berbeda? Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas. Selain bisa melatih kreativitas, melakukan recycle dan reuse seperti ini akan turut mendukung kelestarian lingkungan. Ada banyak ide yang bertebaran di dunia maya. Anda bisa berselancar di Instagram, YouTube, atau Pinterest untuk mencari tahu langkah-langkah membuat hiasan dinding handmade.

  • Sisipkan pesan

Hiasan dinding memang bertujuan sebagai ornamen yang mempercantik ruangan. Namun, Anda pun bisa menyisipkan sejumlah pesan di dalamnya. Misalnya, jika Anda senang membaca, kutipan-kutipan inspiratif dari buku bisa menjadi hiasan dinding yang penuh makna. Biarkan hiasan dinding tersebut mewakili perasaan dan karakter Anda sehingga bisa menambahkan semangat baru setiap hari.

Nah, sebelum memasang beberapa pemanis di dinding, ada baiknya Anda melakukan kegiatan pembersihan terlebih dahulu. Hiasan dinding yang ditempelkan di dinding yang kotor tentu keindahannya tidak terlalu kelihatan.

Siapkan peralatan seperti lap basah untuk membersihkan dinding dari debu-debu yang menempel. Bahkan, jika perlu Anda bisa melakukan pengecatan ulang supaya warna dinding terlihat lebih cerah dan baru. Setelah pengecatan selesai, Anda pun baru menempelkan hiasan dinding pada tempat yang tepat.

Hiasan dinding yang baik bukanlah hiasan yang paling mewah yang bisa Anda beli, tetapi hiasan yang menunjukkan hal-hal istimewa dan penuh kenangan bagi Anda secara pribadi. Dengan hiasan dinding yang tepat, mood Anda akan semakin terjaga dari hari ke hari.

Top 10 Categories Furnishing
Top 10 Brands Dekorasi

IKEA | Informa | Tees | JYSK | Vivere | AlegreClaris | Golden Dragon | StarHome | Eolins

Top 10 Categories Dekorasi