Transparansi harga
Desain Menarik
Tanya harga

Pertumbuhan penduduk di Indonesia semakin pesat. Hal ini berhubungan dengan terbatasnya lahan pemukiman. Ketimbang membeli dan membangun rumah yang memerlukan budget tinggi, banyak masyarakat memilih apartemen karena dinilai lebih ekonomis dan efisien.

Tak hanya di pusat kota, hunian vertikal ini pun semakin menjamur di pinggiran kota dengan harga yang variatif. Kontras dengan rumah,  kebanyakan apartemen mengusung konsep sama; berbentuk kotak dan memiliki ruang yang sangat terbatas. Untuk itu, kamu memiliki pilihan untuk berkreasi dengan ide desain interior apartemen sehingga ruangan apartemen tetap nyaman nan fungsional.

Nah, apakah kamu berencana melakukan desain interior apartemen? Yuk, simak tips penting desain interior apartemen dari Kania berikut ini!

Setiap Desain Interior Apartemen Harus Punya Cermin

Cermin berperan sangat penting dalam desain interior apartemen. Di sini, cermin bisa memberikan ilusi lebih luas di pada ruangan. Terlebih jika apartemen kamu berukuran kecil sehingga cukup pas untuk meletakkan sejumlah cermin di area strategis supaya memberikan kesan lebih besar dan tidak sumpek di desain interior apartemen milikmu.

Tidak hanya membuat ruangan terkesan luas, pemakaian cermin pada desain interior apartemen bisa menyebarkan pencahayaan di dalam ruangan. Jika apartemenmu minim jendela, maka cermin bisa menggantikan peran tersebut.

Atur Pencahayaan Secara Pas

Dalam desain interior apartemen, pencahayaan yang pas bisa memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Di sini, kamu bisa memasang lampu di setiap sudut apartemen agar sebaran pencahayaan memadai.

Adapun jenis lampu yang bisa kamu gunakan dalam penerapan desain interior apartemen adalah lampu gantung, lampu dinding ataupun lampu pendant besar untuk memberikan pandangan mata lebih luas. Pemilihan lampu untuk desain interior apartemen wajib disesuaikan dengan konsep yang diusung sehingga sedap dipandang mata.

Tambahkan Kesan Lengkung di Desain Interior Apartemen

Umumnya, apartemen memiliki bentuk kotak. Supaya tidak monoton, kamu bisa menambahkan furnitur berbentuk lengkung sehingga menciptakan kesan berbeda di dalam ruangan. Furnitur lengkung tersebut yang biasa ada pada desain interior apartemen di antaranya berupa meja makan berbentuk bulat, sofa dengan sisi miring ataupun menempatkan cermin bulat di dalam kamar mandi agar menghilangkan kesan kaku.

Desain Interior Apartemen dengan Ruang Tambahan

Sudah menjadi standar jika sebuah apartemen memiliki ruangan yang terbatas. Sekarang saatnya kamu menciptakan sebuah kreasi dengan memanfaatkan ruangan tersisa. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menempatkan partisi untuk meciptakan ruangan tambahan di dalam apartemen.

Dalam desain interior apartemen, partisi tidak sekadar menjadi penyekat antar ruangan dan memisahkan ruangan pribadi dan publik, namun memiliki unsur dekoratif. Untuk desain interior apartemen, partisi yang tersedia hadir dalam banyak bentuk yang bisa disesuaikan menurut selera dan konsep ruangan.

Tempatkan Furnitur Secara Strategis

Melakukan desain interior apartemen berkaitan dengan pemilihan furnitur yang kamu lakukan. Ada baiknya, sebuah furnitur memiliki kegunaan yang jelas sehingga memudahkan kamu saat menempatkannya, seperti tempat tidur yang harus disimpan di kamar, sedangkan sofa untuk ditempatkan di ruang tamu.

Sebelum membeli furnitur, ada baiknya kamu mengutamakan fungsi. Jangan hanya memenuhi ruangan karena akan memberikan kesan sesak pada desain interior apartemen. Dalam peletakannya, furnitur harus memiliki ukuran yang pas. Akan lebih baik jika kamu mengukur ruang untuk menyimpan furnitur terlebih dulu agar bisa ditempatkan dengan baik.

Perhatikan Tata Letak Dapur Dalam Desain Interior Apartemen

Fungsi dapur juga harus dipikirkan secara matang, terlebih untuk desain interior apartemen tipe studio dengan luas dibawah 26 meter persegi. Ada baiknya, kamu menempatkan meja dapur persis setelah akses pintu masuk. Peletakkan tersebut bertujuan untuk meminimalisir bau tak sedap yang bisa menyebar ke tempat tidur kamu. Saat memasak, kamu pun bisa membuka pintu apartemen supaya tidak mengganggu pernafasan.

Gunakan Rak Serbaguna

Kendala ruangan yang terbatas umum ditemui pada apartemen. Maka dari itu, kamu bisa mengkreasikan rak serbaguna yang ditempelkan pada dinding sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang di dalam ruangan.

Untuk desain interior apartemen tipe studio yang ukurannya sangat minim, kamu bisa menyatukan fungsi rak serbaguna sebagai dapur sekaligus tempat menyimpan perangkat hiburan seperti TV. Selain lebih rapi, penggunaan rak menjadikan apartemen kamu semakin sedap dipandang.

Aplikasikan Furnitur Multifungsi

Ketimbang membeli sebuah furnitur yang hanya memiliki satu fungsi, ada baiknya untuk menggunakan furnitur yang mempunyai banyak fungsi sekaligus saat melakukan desain interior apartemen. Nah, furnitur multifungsi yang bisa kamu pilih seperti sofa yang dilengkapi ruang penyimpanan pada bagian bawah, rak yang menyatu dengan meja atau meja dapur yang bisa diperpanjang.

Pemilihan furnitur multifungsi dalam desain interior apartemen bisa menghemat tempat yang tersisa di dalam ruangan. Selain itu, kamu pun bisa meminimalisir pengeluaran untuk keperluan furnitur.

Gunakan Dekorasi Multifungsi

Selain penggunaan furnitur yang multifungsi, unsur dekoratif yang ingin kamu aplikasikan saat melakukan desain interior apartemen sebaiknya memiliki fungsi yang fleksibel. Di sini, kamu bisa menyalurkan ekspresi dengan memilih perabotan cantik nan fungsional. Contohnya seperti gantungan pakaian atau aksesoris berbentuk kepala rusa pada gambar yang memiliki unsur estetik sehingga memanjakan mata.

Sesuaikan Pemilihan Warna

Pemilihan warna yang sesuai untuk desain interior apartemen juga penting kamu lakukan. Jika kamu ingin menciptakan ilusi ruangan yang terkesan luas, maka pilihan warna putih bisa memaksimalkan tampilan ruangan di dalam apartemen.

Agar tak monoton, gunakan warna-warna cerah yang dikombinasikan dengan aksen warna kalem. Selain memanjakan mata, kamu pun tak akan merasa bosan saat berada di ruangan tersebut.

Ciptakan Ruang Penyimpanan Tersembunyi

Selain menggunakan furnitur multifungsi saat desain interior apartemen, manfaatkan furnitur yang sudah ada sebelumnya untuk memaksimalkan sisa ruangan yang minim. Contoh sederhananya, kamu bisa menyimpan barang yang jarang dipakai di kolong tempat tidur.

Sesuaikan Desain Interior Apartemen dengan Gaya Hidup

Hal penting lain yang harus kamu lakukan adalah menyesuaikan desain interior menurut gaya hidup kamu. Tak sekadar mencontek desain interior apartemen yang ada di Internet atau majalah, sesuaikan ornamen di dalam ruangan berdasarkan gaya hidup sehari-hari.

Untuk kamu yang simpel, desain interior apartemen dengan dekorasi minimalis sangat cocok untuk diaplikasikan. Sebaliknya, kamu yang lebih sering berdiam diri di apartemen, ada baiknya untuk menciptakan hal-hal menarik di dalam ruangan, misalnya menambahkan lukisan pada desain interior apartemen milikmu.