Transparansi harga
Gratis konsultasi desain
Garansi dua tahun

Desain interior rumah modern minimalis saat ini memang masih hits di Indonesia terutama di kawasan perkotaan. Menjadi idola dalam bisnis properti, tahukah kamu pada dasarnya apakah definisi desain interior rumah modern minimalis? Hunian kelas tinggi sampai menengah saat ini mengusung desain interior rumah modern minimalis.

Pada hakikatnya, desain interior rumah modern minimalis dapat diartikan sebagai konsep atau gaya hunian yang mengombinasikan harmoni dan keseimbangan dalam sebuah rumah kecil tapi dengan menyesuaikan gaya di era modern saat ini. Gaya modern dapat dilakukan dengan ruang-ruang interior maupun eksterior, pemilihan warna cat yang tepat, penempatan furnitur, sampai pada pemilihan dan penempatan dekorasi dinding.

Desain interior rumah modern minimalis biasanya dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas dengan bangunan yang tidak terlalu besar. Untuk menyiasati kebutuhan akan ketersediaan ruang pada rumah minimalis, diperlukan pemanfaatan lahan yang maksimal. Maksimal di sini berarti bagaimana memanfaatkan lahan yang ada dan tidak terlalu besar namun tetap menyediakan ruangan yang cukup untuk seluruh penghuni rumah dan mampu mendukung aktivitasnya.

Desain interior rumah modern minimalis memiliki konstruksi garis lurus dengan bidang datar yang kuat atau bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua bidang siku tegak lurus atau membentuk sudut 90 derajat dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca dan beton. Dengan ciri-ciri tersebut, sebuah hunian layak disebut dengan desain interior rumah modern minimalis. Rumah dengan gaya ini memperlihatkan modernitas yang kental dengan gaya hidup masa kini yang praktis dan efektif serta efisien.

Desain interior rumah modern minimalis banyak diminati karena perawatannya cenderung lebih mudah dan murah dibandingkan dengan konsep desain interior lainnya. Namun, untuk membuat sebuah desain interior rumah modern minimalis ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pentingnya Memilih Warna Cat untuk Desain Interior Rumah Modern Minimalis

Desain interior rumah modern minimalis harus sangat memperhatikan pemilihan warna cat. Warna cat tembok yang digunakan disarankan warna-warna alam atau warna monokrom seperti cokelat, abu-abu, putih, putih gading atau hijau lembut. Penggunaan warna terang untuk desain interior rumah modern minimalis sebaiknya dihindari. Untuk membuat ruangan terlihat terang, pasangkan jendela yang cukup dan gunakan lampu pada malam hari untuk pencahayaan ruang yang cukup. Gunakan warna cat putih pada dinding untuk kesan lapang. Selain itu, warna putih juga memberikan kesan elegan.

Pemilihan Furnitur untuk Desain Interior Rumah Modern Minimalis

Selain pemilihan warna cat tembok, pemilihan furnitur juga harus diperhatikan pada desain interior rumah modern minimalis. Pilih furnitur dengan corak elegan atau bentuk yang menarik. Furnitur ini nantinya akan menambah kesan modern pada desain rumah yang kamu miliki. Jangan lupa, dalam desain rumah modern minimalis, hindari memilih furnitur yang berbahan dari kayu. Furnitur berbahan kayu lebih cocok untuk desain klasik atau alami.

Untuk desain interior rumah modern minimalis, kamu bisa memilih furnitur elegan seperti lampu gantung sederhana, pintu rumah yang besar, sound system, dan furnitur-furnitur menampilkan kemewahan.

Mempertimbangkan Ukuran Ruang dalam Desain Interior Rumah Modern Minimalis

Dalam desain interior rumah modern minimalis, Bukan hanya model dan bahan furnitur yang yang harus diperhatikan, tetapi juga ukuran furnitur. Setidaknya, pastikan furnitur yang kita beli memiliki ukuran yang pas dengan ruangan. Penempatan furnitur yang tepat juga akan membuat kesan desain interior rumah modern minimalis semakin terasa lapang dan modern.

Penempatan Tangga dalam Desain Interior Rumah Modern Minimalis

Penempatan tangga pada desain interior rumah modern minimalis harus mempertimbangkan posisi terbaik bagian rumah tersebut. Jika hal ini salah dilakukan, maka efeknya konstruksi rumah akan terasa janggal dan tidak pas. Selain itu, penempatan tangga yang salah akan membuat rumah terlihat sempit dan kesan modern tidak lagi terasa. Jangan sampai salah menempatkan tangga.

Memperhatikan Lingkungan untuk Membangun Desain Interior Rumah Modern Minimalis

Saat membeli atau membangun desain interior rumah modern minimalis, bukan berarti kita tidak memperhatikan lingkungan sekitar rumah, seperti akses ke jalan besar, banyaknya lahan hijau agar lebih asri dan oksigen serta udara bersih. Jadi, selalu jaga kebersihan saluran air serta pembuangan di sekitar rumah.

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan untuk Desain Interior Rumah Modern Minimalis

Saat membangun sebuah rumah besar, kamu bebas mengkreasikan sejumlah jendela sebagai ventilasinya. Namun, dengan desain interior rumah modern minimalis, kamu harus berpikir lebih di mana meletakkan jendela-jendela tersebut. Keberadaan jendela tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebuah rumah yang layak huni harus memiliki ventilasi dan jendela yang cukup supaya udara dan cahaya matahari dapat masuk dengan bebas ke dalam rumah.

Taman untuk Desain Interior Rumah Modern Minimalis

            Selain dari jendela sebagai ventilasi udara, udara segar yang masuk ke dalam rumah juga bisa kamu dapatkan dari taman. Kamu bisa membuat taman minimalis sesuai dengan desain interior rumah modern minimalis yang kamu miliki. Tempatkan taman kecil di bagian depan rumah yang menyatu dengan teras. Selain mempercantik dan memberikan kesejukan, taman ini juga memberi energi positif yang akan masuk ke dalam rumahmu.

Desain Interior Rumah Modern Minimalis dengan Atap Datar

Desain interior rumah modern minimalis identik dengan atap datar. Rumah beratap datar bukan sekedar bagian dari desain, lho. Dari segi interior, hal ini membuat pemanfaatan ruang lebih maksimal, terutama untuk rumah dua lantai. Atap datar sangat ideal karena tidak adanya sisi miring dari atap rumah.