Desain Interior Modern Klasik Terbaru

Koleksi inspirasi desain modern klasik terbaru, timeless, berkelas, dan sensasional. Temukan koleksi premiumnya di sini!
Modern Kontemporer
Nuansa modern yang minimalis menyatu dengan estetika yang praktis
Modern Klasik
Perpaduan kemewahan klasik dan modern yang elegan
Japandi Natural
Ciptakan kemewahan dalam kesederhanaan yang fungsional
Semua Tipe Properti
Semua Ruangan
Semua Provinsi
Semua Kota
Semua Area
Hapus Filter
1
2
3
Mengapa memilih Dekoruma?
Siap Wujudkan Interior Impianmu?
Mulai di Sini
Pengertian Desain Interior Rumah Modern Klasik

Desain interior modern klasik adalah perpaduan dari gaya interior modern yang minimalis dengan gaya interior klasik yang elegan. Perpaduan kedua gaya ini menghasilkan tampilan yang klasik nan mewah, tetapi tetap terasa kekinian, simple, dan lapang. Alhasil, desain rumah modern klasik tidak akan lekang oleh waktu.

Desain interior klasik sendiri sudah lama menjadi pilihan banyak orang untuk menghadirkan kesan mewah dan ekskusif. Namun tingkat kerumitan dekorasi dan material seringkali jadi pertimbangan yang sulit. Itulah mengapa saat ini orang-orang beralih ke desain interior rumah modern klasik.

Dibandingkan dengan desain interior klasik, desain modern klasik lebih mudah diterapkan. Selain itu, desain ini lebih mengikuti tren dan cocok untuk keluarga modern. Tertarik dengan desain interior rumah modern klasik? Yuk, simak pengertian dan serba-serbinya bersama Kania!

Apa Itu Desain Modern Klasik?

Desain modern klasik mengutamakan tampilan yang elegan dengan tetap mengedepankan kepraktisan. Foto: Dekoruma.com.

Interior modern klasik menampilkan gaya sleek, sederhana, kekinian, dan kontemporer. Kemudian dipadukan dengan furnitur, finishing, dan aneka dekorasi yang identik dengan masa lalu, tapi layak dijadikan masa kini.

Secara umum, desain interior klasik adalah desain yang terinspirasi dari interior bangunan Eropa Kuno pada abad ke-18. Gaya ini memancarkan kemewahan, keeleganan, dan keindahan. Karakteristik yang paling menonjol adalah penggunaan material kayu berkualitas tinggi dengan ukiran cantik, ornamen artistik, serta kain-kain bernuansa mewah yang menjuntai atau memiliki rumbai.

Sedangkan desain interior modern adalah desain interior yang mengacu pada suatu gaya yang tengah menjadi tren dalam sebuah periode. Konsep gaya interior modern pertama kali dikembangkan pada tahun 1920. Karakteristik yang ditonjolkan adalah tampilan ruang rapi, bersih, minim hiasan, aplikasi motif geometri yang minimalis, dan furnitur-furnitur yang sederhana. Interior modern menjadi tak mudah lekang oleh waktu berkat karakteristik tersebut.

Ciri-ciri Desain Modern Klasik

Desain modern klasik dapat dikenali lewat sentuhan artistik yang elegan pada bentuk-bentuk minimalis dan fungsional. Foto: Dekoruma.com.

Bagi kamu yang masih bingung dengan konsep desain rumah ala modern klasik, silakan simak ciri-cirinya berikut ini. Agar kamu lebih mudah memahami dan menerapkannya pada rumah impian.

Kembali ke Klasik

Gaya klasik dalam desain interior banyak menekankan pada detail-detail mewah. Di antaranya adalah moulding atau shaker pada perabotan dengan garis-garis yang elegan, serta pemilihan material yang berkualitas tinggi seperti kayu solid dan marmer.

Desain yang klasik juga sering menonjolkan konsep simetris dan proporsi yang seimbang. Kedua hal ini memegang peran cukup penting untuk menciptakan kesan kemegahan dan keabadian.

Adaptasi Gaya Modern

Rumah bergaya modern klasik memang sangat memanjakan mata dengan elemen-elemen klasiknya. Walaupun demikian, gaya modern tetap terasa mendominasi juga. Adaptasi gaya modern di dalam rumah modern klasik banyak terlihat pada pemilihan warna netral yang hangat, serta penggunaan perabotan yang nyaman dan bersih.

Tidak ketinggalan, gaya modern juga diaplikasikan dan disesuaikan dengan gaya hidup keluarga modern. Salah satunya melalui penggunaan smart home system untuk mengatur pencahayaan, suhu dalam ruangan, serta penguncian pintu.

Perpaduan Warna Lembut dan Glamor

Warna-warna desain interior rumah modern klasik berkisar pada palet netral seperti putih, abu-abu, atau krem, yang memberikan kesan ruang terang dan lapang. Palet warna tersebut juga mampu menghadirkan vibes yang lembut.

Kemudian, warna-warna tersebut dipadukan dengan aksen berwarna lain untuk meningkatkan kesan glamor dan mewah. Di antaranya emas atau perak. Jika ingin memperkuat kesan yang hangat dan keaslian, penggunaan material alami seperti kayu dan batu alam juga patut dipertimbangkan.

Pencahayaan Alami

Pencahayaan yang tepat adalah elemen kunci dalam kesuksesan sebuah desain interior. Dalam desain rumah modern klasik, pencahayaan sering kali menggunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin. Caranya, dengan membuat jendela yang besar dan minim hambatan visual.

Penggunaan lampu gantung yang elegan dan lampu meja artistik dapat ditambahkan untuk memberikan sorotan pada area-area tertentu yang ingin ditonjolkan, sekaligus menciptakan suasana hangat dan nyaman.

Detail yang Elegan

Detail-detail klasik seperti molding, panel dinding, dan hiasan lainnya sering digunakan untuk menambahkan karakter pada sebuah ruangan. Namun dalam desain interior rumah modern klasik, penggunaan detail tersebut biasanya disederhanakan agar tampil lebih bersih dan teratur sebagaimana mencerminkan gaya interior modern.

Penerapan detail yang elegan dalam kesederhanaan tersebut akan menciptakan kesan yang lebih modern. Namun elemen-elemen klasik tetap dapat menonjol tanpa terlihat berlebihan dan nyaman dinikmati para penghuninya.

Tips Menciptakan Gaya Modern Klasik

Ada beberapa aspek yang harus diterapkan untuk mendapatkan tampilan modern klasik yang sempurna. Foto: Dekoruma.com.

Apabila sudah memahami karakteristik dari gaya modern klasik, maka tidak akan sulit bagi kamu untuk menciptakannya pada rumah masing-masing. Ditambah lagi, Kania memiliki tips tambahan untuk menciptakan gaya tersebut.

  • Kombinasikan perabotan modern dan tradisional. Proporsi kombinasi terbaik adalah 75% perabotan modern dan 25% perabotan bergaya tradisional.
  • Gunakan pola sederhana yang Beberapa contoh pola sederhana yang timeless adalah garis-garis, vintage, atau pola bunga kecil.
  • Terapkan palet warna netral dan hangat. Beberapa contoh palet warna netral dan hangat adalah beige dan cokelat, dipadukan dengan warna kontras sebagai aksen, misalnya saja hitam, hijau tua, navy, serta merah bata.
  • Dekorasi bernuansa Gunakan dekorasi bernuansa vintage secukupnya, seperti cermin dinding, tempat lilin, vas bunga, dan sebagainya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Gaya Modern Klasik

Komposisi unsur klasik dan modern harus diperhatikan agar karakternya tetap terlihat. Foto: Dekoruma.com.

Rumah modern klasik merupakan kombinasi dari gaya modern dan gaya klasik. Oleh karena itu, proporsi kombinasi harus tepat. Yakni 75% modern dan 25% tradisional. Membuatnya 50:50 akan menjadikan interior kehilangan identitas. Sedangkan jika elemen tradisional diperbanyak, maka interior akan jadi lebih condong ke gaya interior klasik yang tanggung.

Perhatikan pula palet warna yang digunakan, wajib netral dan hangat. Selain itu, pastikan semua elemen interior menggunakan warna yang senada untuk menjaga keharmonisan visual.

Jasa Desain Interior Modern Klasik

Gunakan jasa desain interior untuk menghadirkan gaya modern klasik yang sempurna di rumah kamu. Foto: Dekoruma.com.

Penerapan desain interior rumah modern klasik tergolong cukup tricky. Bagi orang awam, kamu berpotensi menemukan kesulitan walaupun sudah tahu teorinya. Itulah mengapa kamu tetap membutuhkan jasa desain interior.

Dengan modal pemahaman secara teori, kamu akan lebih mudah menentukan warna dan perabotan yang ingin dihadirkan. Sedangkan tugas desainer interior adalah membantu untuk mewujudkan keinginanmu tersebut dan menciptakan tampilan sempurna, dari segi estetika dan fungsi.

Menggunakan jasa desain interior juga dapat membantumu menghindari kerugian waktu dan biaya yang disebabkan dari kekeliruan penerapan desain.

Tips Memilih Jasa Desain Interior

Dari sekian banyak orang yang menyediakan jasa desain interior, tentu kamu perlu cermat memilih yang terbaik. Pertama-tama, perhatikan portfolio dari desainer interior tersebut. Karena kamu sudah yakin ingin memiliki interior rumah modern klasik, maka pilihlah desainer yang sudah sering mengerjakan gaya modern klasik dan apakah hasil karyanya sesuai dengan seleramu.

Pastikan juga untuk memilih desainer yang menerapkan harga transparan. Dengan demikian, kamu bisa menetapkan budget dengan baik. Selain itu, pilihlah desainer yang berani menawarkan proyek dengan masa garansi, baik untuk material maupun perabotan yang dipakai.

Dekoruma Interior hadir sebagai desainer yang membangun proyek interior dengan proses jelas dan transparan, berkualitas baik, serta berani memberikan masa garansi. Langsung saja hubungi tim kami untuk konsultasi dan dapatkan penawaran terbaik!