×Sehubungan dengan hari raya Idul Fitri, pengiriman dan produksi barang untuk marketplace, serta konsultasi jasa desain interior akan tertunda hingga 21 Juni 2018.

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Pilihan Karpet Yang Tepat Sesuai Kebutuhanmu

Ketika mendatangi toko penjual karpet, baik secara offline atau online, tidak jarang seseorang dibuat bingung. Ini wajar karena pembeli umumnya akan melihat banyak sekali produk karpet. Mulai dari merek, bentuk, motif, warna, ukuran, dan sebagainya. Pertanyaannya, mana karpet yang tepat untuk dibeli?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentukan terlebih dahulu fungsi karpet yang ingin kamu beli. Apakah karpet hanya sekadar untuk pelengkap dan mempercantik ruangan? Atau karpet untuk menciptakan suasana di dalam ruangan? Ya, seiring pilihan karpet yang variatif, kegunaan karpet juga semakin beragam. Jadi, tentukan dahulu karpet seperti apa yang kamu butuhkan? Setelah itu, temukan yang tepat dengan mengenali jenis-jenis karpet berikut ini:

Jenis Karpet Berdasarkan Bentuknya

  • Karpet Tile

Bentuknya menyerupai ubin atau keramik dengan garis dan warna berkesinambungan. Bentuknya terkesan sederhana dan elegan. Jenis karpet ini umumnya berada di ruangan yang luas, seperti ballroom, ruangan pertemuan, dan sebagainya.

  • Karpet Permadani

Karpet ini sering ditemukan di ruangan yang santai, seperti ruang keluarga dan kamar tidur. Biasanya karpet permadani dipakai untuk mempercantik ruangan dan alas duduk, agar lebih santai dan hangat.

  • Karpet Meteran

Karpet ini dijual dalam meteran dengan ukuran yang bisa disesuaikan kebutuhan pembeli. Banyak ditemukan di tempat ibadah, untuk sajadah atau di acara-acara tertentu.

Jenis Karpet Berdasarkan Konstruksinya

  • Cut Pile/Tuften (Berumbai)

Umumnya dibuat oleh mesin dan memiliki bulu. Disebut juga karpet bulu dengan tekstur seperti rambut atau tanpa dianyam.

  • Loop Pile (Dianyam)

Sebaliknya, karpet ini bulunya menyambung atau dianyam. Ada yang dibuat dengan mesin dan ada juga yang disulam dengan tangan.

Jenis Karpet Berdasarkan Motifnya

  • Klasik

Motifnya kental dengan unsur seni dengan banyak hiasa di pinggirannya. Contohnya seperti karpet permadani persia.

  • Modern

Motifnya lebih sederhana, namun memberikan kesan elegan. Memadukan unsur garis dan warna, untuk menciptakan suasana imbang dan selaras.

Jenis Karpet Berdasarkan Bahannya

  • Karpet Sutra

Bahan serat alami berkualitas tinggi ini selalu didesain mewah. Teksturnya halus, lembut, corak warnanya kuat, dan memberikan kenyamanan tinggi. Harganya salah satu yang termahal dan cocok untuk kamu yang ingin memberikan estetika terbaik di sebuah ruangan.

  • Karpet Wol

Salah satu bahan karpet yang difavoritkan masyarakat Indonesia. Karpet wol cenderung awet, tahan api, air, dan noda. Bentuknya tebal, kuat, dan memiliki warna yang tidak mudah pudar. Wol bisa bertahan hingga 30 tahun bila dirawat dengan tepat.

  • Karpet Akrilik

Hampir serupa dengan karpet wol dan banyak dijadikan alternatif pilihan, karena lebih murah. Bedanya wol dari bahan alami, sedangkan akrilik dari bahan sintetis. Jenis karpet yang tidak mudah lembap, tidak mudah berjamur, awet, dan mudah perawatan.

  • Karpet Nilon

Nilon cukup populer karena terkenal tahan lama, tahan noda, jamur, hingga lumut. Nilon juga mudah dibersihkan dan dipindahkan. Harga nilon tergolong murah dan banyak digunakan untuk gedung seperti perkantoran.

  • Karpet Polipropeline

Jenis karpet ini cocok untuk Anda yang memiliki dana terbatas. Terbuat dari bahan sintetis dan memiliki tekstur halus. Polipropeline merupakan karpet plastik yang bisa dibersihkan dengan air, namun warna cenderung cepat memudar dan benang mudah terlepas.

  • Karrpet Kulit

Salah satu karpet berbahan organik yang sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Teksturnya lembut dan memberikan rasa, serta kesan hangat pada ruangan. Karpet dari kulit domba dan sapi adalah yang paling populer digunakan. Hati-hati menempatkan karpet ini, karena tergolong mudah kotor dan akan sulit dibersihkan.

  • Karpet Sisal

Bahan material karpet ini berasal dari tumbuhan. Biasanya digunakan untuk melapisi seluruh lantai atau tangga rumah, agar tidak licin. Karpet ini tidak bisa dicuci dengan air dan cukup dibersihkan dengan penyedot debu.

  • Karpet Saxony

Bahannya dari benang rajut dengan tekstur berpilin. Ini membuat karpet terkesan elegan dan nyaman diinjak. Cocok diletakkan di ruang makan, ruang keluarga, dan kamar tidur. Jenis ini merupakan yang terlembut dan memiliki ketebalan yang lebat.

  • Karpet Berber

Ini merupakan karpet jenis loop-pile yang terbuat dari benarng rajut. Materialnya berat dan pas diletakkan di lokasi yang jarang dibongkar pasang. Paling tepat digunakan di ruangan yang las, seperti ruang keluarga, ruang makan, dan kamar tidur.

  • Karpet Rasfur

Jenis karpet ini mudah diidentifikasi karena memiliki ciri khas berbulu. Ada dua tipe bulu, yakni keriting atau lurus. Bulu-bulu karpet rasfur cukup panjang dengan bahan seperti pembuatan boneka. Semakin panjang bulunya, maka akan semakin mahal. Tersedia dalam beragam motif dengan warna-warna menarik.

Jenis karpet ini disebut juga karpet karakter, karena biasanya tersedia dalam tema-tema kartun. Misalnya mickey mouse, hello kitty, dan sebagainya. Karpet bulu ini merupakan salah satu yang laris diminati masyarakat saat ini. Biasanya dijual satu set, lengkap dengan bantal dan keset.

Bila kamu memiliki dana cukup karpet surfur bisa jadi pilihan menarik. Kehadirannya akan memberikan tampilan dekorasi yang khas di ruangan. Selain itu, macam-macam karakter karpet bulu ini juga akan disukai anak-anak.

Ragam Ukuran Karpet

Karpet yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai ukuran. Bila ingin membeli sesuaikan ukuran karpet dengan kebutuhan di dalam ruangan. Karpet yang lebih difungsikan sebagai pemanis ruangan, seperti karpet permadani, biasanya sudah memiliki ukuran. Contohnya karpet ukuran 120 cm x 170 cm, 200 cm x 300 cm, atau 400 cm x 600 cm.

Selain itu, ada karpet meteran atau gulungan yang memiliki lebar maksumum 4 meter dan panjang bervariasi. Ada yang memiliki panjang 25 meter, 35 meter, hingga 40 meter. Untuk ketebalannya setinggi 13 milimeter. Untuk karpet tile memiliki ukuran 50 cm x 50 cm, 60 cm x 60 cm, hingga 90 cm x 90 cm.

Pilih Karpet Sesuai Ruangan di Rumah

  • Kamar Tidur

Sebaiknya karpet di kamar tidur memakai warna gelap dan tak bermotif. Ini agar tercipta suasana menenangkan dan membuatmu mudah terlelap. Untuk ukuran, jauh lebih nyaman bila menggunakan karpet yang memenuhi seluruh lantai ruangan.

  • Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Kamu cenderung bebas memilih jenis karpet untuk kedua ruangan ini. Fokus utamanya hanya pada karpet yang mudah dirawat dan dibersihkan. Dua ruangan ini membuat karpet yang diletakkan cenderung cepat kotor. Jadi, untuk memudahkan membersihkan pilihlah jenis karpet yang minim perawatan dan awet.

Nah sekarang bagaimana? Apakah kamu sudah menentukan karpet ideal yang akan dipilih? Selain kesesuaian jenis karpet dengan kebutuhan, jangan lupa memperhatikan keserasian karpet dengan ruangan. Keserasian tersebut bisa dari warna, motif, ukuran, dan bahan material karpet.

Selain itu, sesuaikan juga karpet pilihan dengan anggaran dana yang dimiliki. Jangan memaksan membeli karpet yang dijual mahal, karena bisa mengganggu stabilitas keuanganmu nantinya. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja karpet!

Top 10 Categories Dekorasi
Top 10 Brands Dekorasi

IKEA | Informa | Tees | JYSK | Vivere | AlegreClaris | Golden Dragon | StarHome | Eolins

Top 10 Categories Furnishing