Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Menentukan Bingkai Foto Yang Tepat Sesuai Kebutuhanmu

Pernahkah kamu melihat sebuah galeri foto atau lukisan yang mencuri perhatian di sebuah rumah? Kamu tidak bosan melihatnya dan ada daya tarik tersendiri dari galeri tersebut. Daya tarik yang tercipta dari lukisan atau foto yang dipajang, sekaligus desain tata letak yang tepat.

Hal itu benar, tapi ada satu hal yang kurang, yakni bingkai foto. Bingkai yang tepat memiliki pengaruh yang cukup besar, pada peningkatan kualitas penampilan foto atau lukisan yang dipajang. Untuk itu, pemilihan bingkai yang tepat perlu diperhitungkan dengan matang, agar foto atau lukisan yang dipajang memiliki daya tarik. Caranya, coba simak sejenak ulasan cara menentukan bingkai foto yang tepat sesuai kebutuhanmu berikut ini:

Apa yang Hendak Kamu Pajang?

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah menentukan apa yang hendak dipajang untuk menciptakan galeri cantik? Apakah sebuah foto atau lukisan? Apakah tema dari foto atau lukisan tersebut? Misalnya ingin memajang foto pernikahan, lukisan pemandangan alam, dan sebagainya.

Pilihan ini sangat penting, agar foto atau lukisan yang dipajang tampak menarik dan seperti bercerita. Pilihan yang juga memudahkan menentukan bingkai foto yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Permainan Warna

Kamu perlu mempelajari trik-trik permainan warna, agar mata bisa fokus melihat foto atau lukisan di dalam bingkai. Misalnya, kamu memilih warna bingkai foto yang kontras dengan foto yang dipilih.

Bila foto berwarna cerah, maka bingkai foto cantik yang digunakan lebih baik berwarna gelap. Ini akan membuat foto terkesan hangat, tenang dan menonjol. Jika foto memiliki warna yang cukup tajam, kamu bisa memilih warna bingkai natural seperti putih, agar terlihat manis.

Kualitas Bingkai Foto

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih bingkai foto ialah kualitasnya. Pastikan bingkai yang dipilih memiliki kualitas tinggi, tidak mudah rusak dan terkena jamur. Pertimbangkan juga berat bingkai, untuk memastikan penyangganya kokoh menahan beban dan tidak mudah jatuh.

Disarankan memilih bingkai foto dari kayu yang solid, agar lebih tahan lama. Bahan lainnya cenderung tidak tahan lama, meski bentuk dan desainnya cantik serta menarik. Pastikan lapisan bingkai dicat dengan baik, minimal memakai spray duco. Ini karena banyak pengrajin yang menjual bingkai murah dengan hanya dilapisi karton putih (untuk scrapbook frame).

Selain itu, cek kerapian bingkai foto. Umumnya ini akan terlihat dari posisi belakang bingkai. Banyak pengrajin yang menutupi sambungan di bagian belakang, karena menggunakan alat manual. Hampir semua bingkai foto biasanya terdapat sambungan. Bingkai yang baik tentu sambungannya tampak rapi.

Perhatikan Keseimbangan

Ketika datang ke toko bingkai foto, kamu akan bertemu dnegan banyak sekali pilihan. Mulai dari bingkai foto biasa hingga bingkai foto unik. Termasuk bingkai foto dengan ornamen, ukiran, atau motif yang khas. Contohnya bingkai foto berbentuk motor vespa, bentuk hati, desain seperti pohon, dan sebagainya.

Kamu boleh saja tertarik membelinya, tapi jangan lupakan keseimbangan. Khususnya terkait dengan tema dan pilihan foto yang hendak dipajang di dalamnya. Jangan sampai bingkai foto terlalu menonjol dan menenggelamkan foto yang ditampilkan.

Di Mana Bingkai Foto Diletakkan?

Pertimbangkan di mana kamu akan menggantung atau meletakkan bingkai foto? Penempatan foto ini akan mempengaruhi pemilihan bingkai yang tepat. Misalnya ingin membuat galeri foto di ruang tamu, maka bingkai foto yang baik sebaiknya selaras dengan tema interior, memiliki kualitas baik, dan mampu memberikan tambahan nilai estetika.

Harga Bingkai Foto

Bicara tentang harga, bingkai foto memiliki harga yang beragam. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan ada yang harganya menyentuh angka jutaan rupiah. Harga ini tergantung pada kualitas, ornamen, desain, dan ukuran. Bingkai foto juga ada yang dijual satuan atau satu set, untuk memudahkan pembeli menciptakan galeri yang indah.

Ide Memilih Bingkai yang Sesuai

Ada beberapa ide menarik yang bisa kamu coba untuk memilih bingkai yang tepat, antara lain:

  • Lukisan atau Gambar Pemandangan Alam

Perpaduan lukisan bertema alam dengan bingkai foto kayu memberikan kesan elegan dan sederhana. Cocok diletakkan di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang keluarga.

Bila ingin lukisan tampak modern, kamu bisa memilih bingkai foto keren dari besi. Untuk pilihan warna bisa disesuaikan. Misalnya, lukisan berwarna dominan biru, maka bingkai warna merah muda atau putih bisa menjadi pilihan menarik.

  • Karya Fotografi

Untuk memajang karya fotografi, disarankan memilih bingkai yang bercorak. Contohnya, bingkai kayu berwarma terang dengan mat board berwarna kontras. Setidaknya pilih dua warna berbeda dalam satu bingkai, seperti putih dan biru. Putih pada bingkai kayu dan biru untuk mat board.

Cara paling mudah dan aman ialah memilih bingkai foto keren berwarna gelap. Hampir semua foto tampil cantik dengan warna gelap. Untuk menambah nilai artistik, kamu bisa mempertimbangkan bingkai kayu dengan ukiran unik dan khas.

  • Lukisan atau Gambar Hewan

Lukisan atau gambar kucing, kuda, kupu-kupu, anjing, dan sebagainya juga bisa dipajang dengan cara yang menarik. Gunakan bingkai foto minimalis, untuk menonjolkan daya tarik hewan-hewan tersebut. Bahannya bisa dari kayu atau logam, yang tidak memiliki banyak corak dan ukiran.

  • Foto Kenangan atau Foto Keluarga

Foto kenangan merupakan jenis foto yang bisa menggunakan hampir semua jenis bingkai. Mulai dari bingkai dengan tampilan sederhana hingga bingkai foto unik. Tidak jarang orang mencari bingkai foto lucu, untuk memajang foto kenangan bersama sahabat atau orang-orang tercinta lainnya.

Sedangkan foto keluarga biasanya tampil elegan dan berkelas. Untuk menciptakan kesan tersebut, kamu bisa memilih bingkai dari kayu atau logam. Bingkai berbahan kayu lebih baik tampil natural dengan ukiran-ukiran cantik, sementara bingkai logam disarankan tidak banyak corak dan tampil sederhana saja. Ini untuk menonjolkan foto keluarga yang dipajang.

Selain ide-ide di atas, kamu bisa bebas berkreasi sendiri sesuai selera. Hal yang terpenting ialah keharmonisan bingkai yang dipilih dengan foto atau lukisan di dalamnya, serta selaras dengan tema ruangan, tempat bingkai diletakkan.

Setelah mentukan bingkai yang tepat, perhatikan desain tata letak yang sesuai. Apalagi bila Anda ingin membuat galeri foto atau lukisan di rumah, serta menjadikan bingkai yang terpajang mencuri perhatian siapapun yang melihat.

Ada banyak trik dan panduan menata bingkai foto, baik di gantung di dinding maupun diletakkan di atas papan. Pilihan ini tergantung pada selera dan kesan seperti apa yang ingin kamu tampilkan. Contohnya, kamu memiliki rumah minimalis dua lantai. Daripada kosong, kamu bisa menghias dinding tangga dengan bingkai foto. Caranya bisa disusun sesuai bentuk tangga, agar tampil artistik.

Jika kamu kesulitan menentukan tata letak bingkai foto di rumah, coba cari inspirasinya lewat internet. Saat ini sudah banyak dibagikan cara menata bingkai foto, sesuai dengan tema interior dan ruangan yang digunakan. Kamu bisa meniru contoh yang ada atau berkreasi sendiri. Cara mudah dan murah mendekorasi rumah dengan bingkai foto ala desainer profesional.

Top 10 Categories Furnishing
Top 10 Brands Dekorasi

IKEA | Informa | Tees | JYSK | Vivere | AlegreClaris | Golden Dragon | StarHome | Eolins

Top 10 Categories Dekorasi