×PESTA CASHBACK DEKORUMA HINGGA 1 JUTA!

Kumpulan Boneka Terpopuler Sepanjang Masa

Anak kecil mana yang tak suka boneka? Ya, karakternya yang lucu-lucu memang menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anak, terlebih anak perempuan. Sebetulnya, boneka tidak selalu identik dengan anak perempuan lho, sebab banyak juga boneka dengan karakter tertentu yang cukup mewakili kepribadian anak laki-laki.

Pun karena kelucuannya, banyak juga orang dewasa yang hobi mengoleksi boneka. Biasanya sih kebiasaan ini sudah dimulai sejak kecil. Umumnya, mereka yang masa kecilnya senang bermain dengan boneka akan membawa kebiasaan tersebut sampai dewasa. Tidak ada yang salah memang, sebab boneka adalah sesuatu yang universal, tidak memandang umur, juga tidak melihat jenis kelamin.

Nah, kali ini kamu akan diajak bernostalgia mengenang boneka-boneka terpopuler sepanjang masa. Apa sajakah itu?

  • Hello Kitty

Boneka yang pertama kita bahas adalah boneka dengan karakter Hello Kitty. Karakter boneka kucing bernama asli Kitty White ini pertama kali didesain oleh sebuah perusahaan asal Jepang bernama Sanrio. Pertama kali diperkenalkan pada 1974 silam, boneka dengan pita khas dan mulut yang tak digambar ini merupakan gambaran dari hewan kucing.

Awalnya, boneka ini ditargetkan untuk anak perempuan. Namun seiring perkembangan zaman, banyak juga anak laki-laki yang ikut mengoleksi boneka yang dalam bahasa Jepang disebut Harōkiti ini. Nah, para pencinta Hello Kitty ternyata memiliki sebutan khusus, lho, yakni Kitty-ra.

  • Doraemon

Masih dari Negeri Sakura, boneka karakter selanjutnya yang sangat terkenal adalah Doraemon. Pada awalnya, Doraemon merupakan sebuah judul manga dan anime karangan Fujiko F. Fujio. Manga yang diciptakan sejak tahun 1969 ini berkisah tentang kehidupan seorang anak malas yang duduk di bangku kelas 5 SD bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh sebuah robot kucing (Doraemon) yang datang dari abad ke-22.

Dengan kantung ajaib atau baling-baling bambunya, Doraemon selalu berusaha menolong Nobita dari segala kesulitan, termasuk ketika diganggu oleh dua orang teman sekolahnya yang bernama Suneo dan Gian. Nah, legendarisnya karakter Doraemon ini sampai menginspirasi mereka yang kreatif dan menciptakan Doraemon dalam versi bonekanya.

  • Teddy Bear

Boneka selanjutnya yang sangat populer di kalangan masyarakat adalah Teddy Bear. Sejak pertama kali dibuat oleh Morris Michtom di Amerika Serikat dan Richard Steiff di Jerman pada awal abad ke-20, boneka ini memang ditargetkan untuk anak-anak. Nama Teddy Bear sendiri terinspirasi dari nama Presiden Amerika Serikat, Theodore “Teddy” Roosevelt, yang senang berburu beruang.

Dari begitu banyak boneka dan mainan anak di seluruh penjuru dunia, barangkali Teddy Bear adalah yang paling ikonik, sebab beberapa kali pernah dijadikan bahan cerita anak, dibuatkan film, serta disisipkan dalam syair lagu-lagu anak.

Kini, Teddy Bear banyak muncul dalam beragam bentuk, gaya, bahan, serta warna. Pun peminatnya sudah tidak sebatas anak-anak saja. Banyak juga orang dewasa yang memanfaatkan boneka karakter beruang ini sebagai bentuk pernyataan cinta, selamat, atau bahkan simpati.

  • Pokemon

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan karakter Pokemon, bukan? Ya, selain terkenal dengan filmnya, Pokemon juga menjadi tenar karena belakangan dirilis sebuah game atau permainan berkonsep augmented-reality bernama Pokemon-GO.

Pokemon sendiri merupakan produk Jepang, yang merupakan akronim dari Pocket Monster. Dalam film ini, ada sekira 721 spesies fiksi yang muncul. Karakter-karakter unik dalam film inilah yang akhirnya menginspirasi banyak orang untuk menciptakan boneka Pokemon yang identik dengan warna kuning tersebut. Tidak hanya boneka, di negeri asalnya sana pun rutin diadakan festival Pokemon setiap tahunnya.

  • Barbie

Siapa yang tidak kenal boneka Barbie? Ya, boneka cantik dengan kaki jenjang ini memang identik dengan anak-anak perempuan. Barbie sendiri pertama kali diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Amerika, Mattel, dan mulai diperkenalkan kepada khalayak umum pada Maret 1959.

Sang pembuat Barbie, Ruth Handler, mengaku kalau dirinya terinspirasi menciptakan boneka-boneka cantik ini dari sebuah boneka asal Jerman yang bernama Bild Lilli yang dibelinya ketika berkunjung ke sana. Ketika kembali ke Amerika Serikat, Handler lalu mendesain ulang boneka tersebut dibantu Jack Ryan, lalu memberinya nama baru, Barbie. Boneka Barbie ini muncul pertama kali dalam ajang American International Toy Fair di New York pada 9 Maret 1959. Sampai sekarang, tanggal tersebut akhirnya ditetapkan sebagai ulang tahun si Barbie.

Kamu tentu sering mendengar berita tentang orang-orang yang mengalami Sindrom Barbie, bukan? Ya, salah satunya adalah model asal Ukraina bernama Valeria Lukyanova. Dia mendadak menjadi sorotan publik setelah memutuskan untuk “merombak” total seluruh tubuhnya demi bisa mirip dengan boneka favoritnya, Barbie. Wah, kira-kira siapa nih yang masih menyimpan koleksi Barbie di rumah?

  • Winnie the Pooh

Setelah Barbie, boneka lain yang cukup punya nama di hati masyarakat dunia adalah Winnie the Pooh atau umumnya disingkat menjadi Pooh Bear (pernah juga disebut Edward Bear), yang merupakan adaptasi dari karakter beruang fiksi ciptaan A. A. Milne. Pooh pertama kali dikenalkan ke publik dalam sebuah buku fiksi berjudul Winnie-the-Pooh (1926), lalu diikuti dengan The House at Pooh Corner (1928).

Pooh sendiri memiliki sahabat dekat, yakni Piglet si babi kecil. Teman-temannya yang lain di antaranya ada Tiger si macan, Rabbit si kelinci, Kanga si kangguru, Eeyore si keledai, serta  satu-satunya teman Pooh yang berwujud manusia adalah Robin.

Karena kisah persahabatannya yang menarik, buku tersebut sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Pun perusahaan pembuat film sekelas Disney tak mau ketinggalan dengan memproduksi film yang berangkat dari karakter beruang lucu berwarna kuning ini. Pun pada tahun 1997, PBB sampai menetapkan Winnie the Pooh, tokoh kartun terkenal dalam film tersebut sebagai World’s Ambassador of Friendship. Wah, keren sekali ya?

  • Elmo

Boneka karakter lain yang cukup populer adalah Elmo. Elmo sendiri diadaptasi dari salah satu karakter Muppet unggas berbulu merah dalam acara televisi berjudul Sesame Street (di Indonesia diterjemahkan menjadi Jalan Sesama) yang ditargetkan untuk ditonton anak-anak di bawah usia lima tahun.

Elmo sendiri awalnya dikenal dengan sebutan Baby Monster. Karakter Elmo yang seru dan ceria inilah yang pada akhirnya menginspirasi beberapa pihak untuk menciptakan Elmo dalam bentuk boneka yang bisa dijual di toko-toko.

  • Unicorn

Boneka terakhir yang cukup populer di kalangan anak-anak dari zaman dulu sampai sekarang adalah Unicorn, yakni boneka karakter berwujud kuda yang memiliki tanduk pada bagian dahinya. Sudah jelas bahwa karakter ini memang tidak pernah ada dan hanya rekaan yang berpedoman pada mitologi Yunani kuno bernama Cornus. Pun karena bentuknya yang lucu, unicorn akhirnya diadaptasi menjadi boneka dan mainan anak-anak.

Nah, itu dia kumpulan boneka yang populer dari dulu sampai sekarang. Kamu masih menyimpan yang mana?

Top 10 Categories Furnishing
Top 10 Brands Dekorasi

IKEA | Informa | Tees | JYSK | Vivere | AlegreClaris | Golden Dragon | StarHome | Eolins

Top 10 Categories Dekorasi