×PESTA CASHBACK DEKORUMA HINGGA 1 JUTA!

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Memilih Bantal Berdasarkan Manfaatnya

Setiap orang membutuhkan tidur yang berkualitas supaya kesehatannya tetap terjaga. Kualitas tidur yang baik bisa didapatkan bila didukung oleh beberapa faktor, antara lain suasana yang kondusif serta fasilitas yang memadai. Semua orang pasti menginginkan suasana yang tenang, bersih, dan sejuk agar bisa terlelap dengan nyenyak. Fasilitas yang digunakan saat tidur pun memengaruhi, mulai dari kasur, bantal, guling, selimut, sprei, hingga lampu tidur.

Sebagai salah satu elemen penting dalam kamar tidur, bantal merupakan bagian yang tak terpisahkan. Namun, penggunaan bantal tidak hanya sebatas kamar tidur saja. Bantal juga sering menjadi elemen pelengkap di ruang tamu dalam bentuk cushion atau bantal sofa.

Berdasarkan Manfaatnya

Pada awalnya, bantal hanya berfungsi sebagai alas kepala. Kini, fungsi tersebut sudah meluas. Bantal bisa digunakan untuk beberapa hal, seperti alas duduk, aksesori, dan sebagainya. Berikut beberapa jenis-jenis bantal berdasarkan manfaatnya.

Bantal Kepala

Bantal ini biasanya berbentuk persegi panjang. Lazimnya, bantal jenis ini digunakan sebagai alas kepala saat akan tidur. Untuk mengisi bantal, ada beberapa pilihan, yaitu kapuk, dacron, atau busa. Tampilan bantal ini biasanya tidak memiliki banyak variasi. Namun, supaya terlihat lebih menarik, kita bisa berkreasi dengan sarung bantal yang digunakan. Carilah sarung bantal yang terbuat dari katun dengan motif yang segar. Dengan demikian, suasana di kamar tidur pun akan semakin menyenangkan.

Bantal Guling

Bantal guling biasanya selalu dipasangkan dengan bantal kepala. Penempatannya juga biasanya di kamar tidur. Bantal guling berbentuk lonjong dan sangat pas untuk dipeluk.

Bantal Leher

Apakah Anda sering bepergian jauh dalam jangka waktu yang lama menggunakan kendaraan roda empat? Sebaiknyam Anda membeli bantal kepala. Bantal ini berbentuk huruf U dan bisa digunakan untuk menyangga leher saat hendak tidur sambil duduk. Pada umumnya, ukuran bantal ini tidak terlalu besar sehingga mudah dan praktis dibawa ke mana-mana. Dengan membawa bantal ini sebagai amunisi, perjalanan Anda dijamin akan semakin nyaman dan bebas dari pegal leher.

Bantal Sofa

Bantal sofa atau lebih populer dengan istilah cushion adalah bantal yang melengkapi kehadiran sofa. Biasanya, motif sarung bantal senada dengan motif sofa sehingga menciptakan suasana ruangan yang menarik. Bantal sofa biasanya berbentuk bujur sangkar, ukurannya tidak terlalu besar, dan lebih banyak bermain pada aksen sarung bantal. Secara manfaat, bantal ini sesungguhnya jarang digunakan alias hanya sebagai pajangan supaya sofa terlihat lebih anggun dan elegan.

Bantal Duduk

Jika Anda harus duduk selama berjam-jam karena tuntutan pekerjaan, ada baiknya Anda menggunakan bantal duduk. Jenis bantal ini hampir sama dengan bantal sofa, baik dari bentuk maupun ukurannya. Perbedaannya terletak pada permukaan bantal yang memiliki kerutan. Selain itu, bantal duduk pun biasanya lebih empuk dan berisi.

Ada pula jenis bantal duduk yang menyerupai kursi yang empuk. Bantal yang berbentuk kursi ini mengikuti bentuk tubuh si pemakai sehingga terasa sangat nyaman dan hangat. Ada berbagai macam variasi bantal kursi, mulai dari yang berbentuk bola, kelopak bunga, dan sebagainya. Selain nyaman digunakan, jenis bantal ini pun bisa mempercantik ruangan.

Bantal Bayi

Sebenarnya, bantal bayi hampir sama dengan bantal standar untuk orang dewasa. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih kecil. Perbedaan lain adalah pada bagian tengah bantal yang kosong. Ini adalah strategi untuk menahan kepala bayi supaya tidak mudah bergerak ke kiri dan ke kanan dan mencegah kepala bayi menjadi peyang.

Bantal Menyusui

Saat menyusui, seorang ibu membutuhkan dukungan berupa sebuah bantal yang diletakkan di pangkuannya. Dengan demikian, sang anak tidak terlalu jauh dari payudara, sebagai sumber makanan utama bayi. Dengan bantal ini, ibu tidak pegal menggendong si kecil saat sedang menyusui.

Bantal Ibu Hamil

Ada pula bantal yang khusus untuk ibu hamil. Seperti kita ketahui, posisi tidur ibu hamil tidak boleh sembarangan agar janin di dalam kandungannya tetap aman. Bantal ini akan sangat menolong ibu untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman. Bantal jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga mampu menampung seluruh tubuh sang ibu.

Berdasarkan Bahannya

Berdasarkan isinya, bantal juga memiliki variasi yang cukup banyak.  Beberapa jenis isi bantal yang biasa digunakan antara lain:

  • Ini adalah bahan utama pengisi bantal yang bersifat tradisional. Bahan ini kuat dan tidak terlalu tebal. Namun, kapuk sangat mudah lembab dan berdebu.
  • Benda ini berasal dari bahan sintetis. Teksturnya lentur sehingga bisa mengikuti bentuk kepala.
  • Memory foam. Bahan ini adalah sejenis busa yang bernama Keuntungan menggunakan bantal dari bahan ini adalah mampu menyerap keringat.
  • Ada lateks sintetis, ada pula lateks natural. Keuntungan menggunakan bantal dari bahan lateks adalah bersifat sejuk karena karet tidak bisa menghantar panas.
  • Bulu angsa. Bantal yang berisi bulu angsa tidak cocok untuk orang yang alergi debu dan bulu.
  • Dakron adalah bahan pengisi bantal yang berasal dari serat plastik.

Meskipun berbagai fasilitas memadai telah tersedia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan istirahat yang berkualitas. Beberapa hal ini kerap menjadi permasalahan serius bagi para penderita insomnia.

  1. Hindari minuman berkafein

Salah satu minuman berkafein yang sangat digemari adalah kopi. Supaya Anda tidak mengalami kesulitan saat hendak tidur, jangan minum kopi di atas pukul 8 malam. Kafein akan membuat tubuh dan pikiran Anda berada dalam mode aktif sehingga sulit diajak beristirahat. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi air putih atau susu saja sebelum tidur.

  1. Hindari menonton televisi, membaca lebih baik

Menonton televisi bukanlah aktivitas yang disarankan sebelum tidur. Selain karena banyak konten siaran yang kurang tepat dijadikan sebagai pengantar tidur, cahaya yang berasal dari televisi yang menyala akan membuat tubuh kita enggan beristirahat. Sebaiknya, jika ingin mendatangkan rasa kantuk, bacalah buku. Aktivitas membaca sangat efektif menjadi pengantar waktu tidur.

  1. Bersihkan badan sebelum tidur

Apakah Anda baru tiba di rumah pada malam hari? Jangan malas untuk membersihkan badan, ya. Kebersihan akan membuat tubuh terasa segar. Jika udara terlalu dingin, gunakanlah air hangat untuk mandi. Setidaknya, Anda membasuh badan sehingga bebas dari keringat yang membuat gerah. Badan yang gerah bisa menjadi salah satu penyebab kesulitan tidur.

  1. Atur suhu kamar, jangan terlalu dingin atau panas

Jika Anda memakai pendingin ruangan, jangan sampai mengatur suhunya terlalu rendah sehingga mengganggu suhu tubuh normal. Sebaliknya, jika suhu kamar terlalu panas, gunakanlah pendingin ruangan atau kipas angin. Suhu yang tidak ideal bisa menjadi penyebab kesulitan tidur.

  1. Gunakan bantal yang tepat

Jika Anda tidak bisa tidur tanpa bantal, sudah saatnya Anda memilih bantal yang tepat untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Bantal yang tepat, yaitu berasal dari bahan yang tepat dan ukuran yang tepat, akan membuat suasana istirahat di malam hari menjadi lebih menyenangkan.

Top 10 Categories Furnishing
Top 10 Brands Dekorasi

IKEA | Informa | Tees | JYSK | Vivere | AlegreClaris | Golden Dragon | StarHome | Eolins

Top 10 Categories Dekorasi