KITCHEN SET


Kitchen set merupakan elemen utama yang terdapat di sebuah dapur. Sebesar atau sekecil apapun dapur di rumah, pasti akan selalu dilengkapi dengan kitchen set. Mungkin bagi sebagian dari kamu ada yang masih bingung atau kurang yakin apa yang dimaksud dengan kitchen set.

Sebenarnya, kitchen set adalah lemari yang ditempatkan di area dapur. Lemari ini biasa diletakkan di lantai dan ada juga yang digantung di dinding atau kombinasi keduanya. Selain itu, kitchen set juga mencakup area kitchen island atau yang biasa disebut juga dengan meja bar di area dapur. Kitchen island kerap kali disebut sebagai meja bar karena ukurannya yang tinggi. Karena itu, kitchen set juga dilengkapi dengan kursi bar yang tingginya bisa disesuaikan.

FUNGSI KITCHEN SET


Coba bayangkan area dapur dengan berbagai peralatan masak yang tersebar dimana-mana. Belum lagi dengan alat makan seperti piring, gelas, dan lain-lain. Kamu tentunya memerlukan tempat untuk menata dan menyimpan benda-benda tersebut kan? Nah, kehadiran kitchen set tentunya dapat membuat dapur kamu menjadi lebih bersih dan tertata rapi.

Kamu bisa menata alat masak dan alat makan tersebut ke lemari dan juga laci yang tersedia di kitchen set. Tidak hanya itu, kamu pun bisa meletakkan keperluan dan bahan dapur di dalam lemari tersebut.

Dengan adanya kitchen set, kamu juga dapat dengan mudah menentukan posisi yang tepat untuk elemen dapur yang lainnya. Misalnya seperti penempatan kompor, kulkas, bak cuci, rak pengering, dan juga oven. Hal ini penting supaya dapat mendukung aktivitas yang mengalir dengan baik di dapur.

DESAIN KITCHEN SET


Saat ini sudah terdapat berbagai macam desain kitchen set yang dapat disesuaikan dengan gaya atau kebutuhan kamu. Misalnya, kamu bisa memilih kitchen island atau bisa saja menghilangkannya sama sekali dan menyajikan hasil masakanmu di ruang makan. Kamu juga dapat memilih desain kitchen set dengan gaya dan warna yang kamu suka.

Untuk kamu yang masih kebingungan masalah ruangan, kamu juga tidak perlu khawatir. Berkat kehadiran kitchen set yang semakin bervariasi, kamu bisa mendapatkan kitchen set yang minimalis namun tetap cantik. Kalau kamu memang senang menghabiskan waktu di dapur, entah itu untuk memasak atau memanggang kue, kamu juga bisa mencari kitchen set yang lebih luas supaya dapat menjadi tempat penyimpanan barangmu yang lengkap.

Namun kalau kamu tipe yang tidak terbiasa memasak di dapur, kamu bisa memilih kitchen set yang lebih sederhana. Setidaknya kamu bisa menyimpan barang-barang yang memang esensial dan juga peralatan makan.

MATERIAL KITCHEN SET


Material untuk kitchen set tentunya bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebiasaan memasak kamu di dapur. Ada yang lebih senang menjaga area dapurnya agar tetap kering. Namun ada juga yang menggabungkan area mencuci piring dengan dapur sehingga area tersebut banyak terekspos dengan air. Kamu juga bisa memilih bahan yang sesuai dengan budget kamu untuk hasil yang tetap maksimal tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

Apa saja bahan yang cocok digunakan untuk membangun kitchen set? Ini dia beberapa contohnya:

  • Multiplek atau Plywood
    Multiplek atau plywood adalah olahan berbahan dasar meranti berlapis. Multiplek merupakan material yang paling kuat dan tahan air sehingga sangat cocok digunakan untuk pembuatan kitchen set yang sering digunakan untuk dapur basah.
  • Blockboard
    Berbeda dengan multiplek, blockboard berisikan potongan-potongan kayu sisa produksi seperti sengon laut yang cukup kuat dan juga tahan air. Blockboard dapat digunakkan untuk kamu yang ingin memiliki kitchen set yang cukup kuat namun budget terbatas.
  • MDF
    MDF adalah kayu olahan yang terdiri dari serbuk kayu yang ditekan dengan tekanan tinggi. Penggunaan MDF kurang direkomendasikan untuk penggunaan di dapur basah. Namun MDF dapat digunakan untuk pembuatan dapur kering yang tidak sering terkena air.
  • HPL
    HPL atau High Pressure Laminate adalah bahan pelapis yang terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki bermacam ragam corak dan warna permukaan. Kelebihan HPL adalah anti gores, tahan air dan lebih kuat dibanding material sheet (decosheet) sehingga cocok digunakan sebagai material kitchen set.
  • Decosheet
    Decosheet (atau sering juga disebut sebagai tacon/tacosheet) terbuat dari plastik dan lebih tipis dibanding HPL. Decosheet sangatt fleksibel sehingga dapat mengikuti profil lengkungan. Bahan ini cocok untuk pembuatan kitchen set yang memiliki banyak lengkungan. Di samping itu, bahan ini tidak mudah mengelupas, namun kurang cocok untuk pemakaian di dapur basah.
  • Duco
    Cat Duco merupakan tipe finishing yang paling mahal namun bisa membuat kitchen set tampak elegan dan hasilnya tahan lama. Dengan pilihan warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahan itu sendiri. Cat duco tersedia dalam versi glossy (mengkilap) atau doff.

JASA PEMBUATAN KITCHEN SET


Jadi, sudah siap untuk mewujudkan kitchen set impian kamu? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi mencari kitchen set dengan desain dan servis terbaik. Dekoruma, toko online furnitur dan dekorasi nomor satu di Indonesia kini hadir dengan Dekoruma Design & Build.

Melalui Dekoruma Design & Build, kamu bisa menciptakan dapur impian di hunianmu dengan berbagai keuntungan. Tidak perlu lagi khawatir soal desain yang cocok dengan gaya rumah kamu! Dengan interior yang didesain khusus untuk orang Indonesia, kamu bisa memilih mulai dari gaya, warna sampai material yang kamu inginkan. Dekoruma menyediakan jasa desain interior gratis yang dapat disesuaikan dengan preferensi kamu dan tentunya budget kamu.

Kalau kamu terkendala masalah waktu dan kitchen set kamu harus selesai dalam waktu singkat, jangan khawatir! Dekoruma memberikan jaminan 8 minggu selesai mulai dari desain, penyediaan barang hingga pemasangan. Apabila kitchen set tersebut tidak selesai dalam waktu yang dijanjikan, Dekoruma akan memberikan potongan harga untuk kamu.

Kitchen set dari Dekoruma dapat selesai dalam waktu cepat tentunya dengan tetap mengedepankan kualitas. Dengan waktu yang singkat, kitchen set ini dapat selesai tepat waktu berkat desain yang modular. Adanya desain modular ini dapat mengurangi biaya dan mempercepat produksi.

Kalau kamu masih kurang yakin, Dekoruma memberikan garansi 2 tahun untuk kitchen set kamu. Garansi 2 tahun ini berlaku untuk material yang cacat produksi seperti HPL yang terkelupas pada kitchen set. Garansi tidak termasuk untuk wear and tear seperti material kitchen set yang warnanya memudar, robek dan lainnya.