Tips Memilih Meja Komputer yang Nyaman Sesuai Kebutuhan

Di era modern yang semakin berkembang ini, komputer atau laptop sudah bukan merupakan benda yang asing lagi bagi kita semua, melainkan menjadi suatu perangkat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sudah menggunakan komputer untuk keperluan bekerja, kuliah, sekolah, atau sekadar bermain internet.

Selain membutuhkan internet sebagai penunjang, Anda juga membutuhkan furnitur berupa meja komputer yang tepat supaya saat menggunakannya, Anda tetap merasa nyaman. Sayangnya, furnitur yang satu ini sering kali dihiraukan oleh banyak orang. Mereka membelinya secara asal tanpa memerhatikan kenyamanan, yang penting bisa untuk meletakkan komputer atau laptop. Padahal, meja komputer juga bisa memengaruhi kinerja dan tingkat produktivitas Anda, lho!

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda lebih memerhatikan dan mempertimbangkan secara matang sebelum membeli meja komputer. Nah, supaya tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips memilih meja komputer secara tepat yang bisa Anda ikuti!

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Membeli Meja Komputer

Pada dasarnya, saat membeli suatu barang, Anda harus berorientasi pada kebutuhan, tak terkecuali untuk meja komputer. Selain itu, Anda juga harus memikirkan faktor dari luar yang bisa memengaruhi kegunaan meja komputer, seperti penempatannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli meja komputer.

1. Tentukan Posisi Meja Komputer

Dalam melakukan aktivitas apa pun, pasti Anda ingin melakukannya di tempat yang senyaman mungkin. Oleh karena itu, saat hendak membeli meja komputer, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan posisi atau tata letaknya di hunianmu. Apakah itu di samping pintu, tengah-tengah ruangan, atau justru di sudut ruangan?

Selain itu, jangan lupa perhatikan juga ketersediaan luas ruangannya karena hal ini juga akan menentukan ukuran dan model meja komputer yang Anda beli. Misalnya saja, kalau ruanganmu sempit, maka meja komputer yang paling tepat adalah yang ukurannya kecil atau model meja lipat.

2. Perkirakan Barang-Barang yang Akan Diletakkan

Meskipun namanya meja komputer, tapi biasanya yang ada di atasnya bukan hanya komputer atau laptop saja, melainkan juga ada barang-barang penunjang lainnya, seperti CPU, mousekeyboard, speaker, bahkan printer. Selain itu, ada juga barang kecil-kecil, seperti alat tulis, map, atau mungkin dekorasi.

Nah, dengan memperkirakan barang-barang apa saja yang akan diletakkan di atas permukaan meja, Anda bisa menentukan ukuran dan model meja komputer yang paling tepat untuk menampung semua benda tersebut.

3. Pilih Produk yang Ergonomis

Pertimbangan yang satu ini tidak kalah penting karena berhubungan dengan kesehatan tubuh Anda. Saat hendak membeli meja komputer, sebaiknya Anda memilih yang desainnya ergonomis dengan maksud untuk memberikan kenyamanan yang maksimal bagi Anda.

Hal ini bisa Anda perhatikan melalui tinggi permukaan meja, posisi laci atau tempat penyimpanan, dan juga keberadaan penopang kaki di bagian bawah meja. Idealnya, tinggi permukaan meja sejajar dengan lengan Anda sehingga tangan tidak akan terasa pegal. Untuk tempat penyimpanan, Anda bisa memilih meja komputer yang posisi rak atau lacinya berada di samping dan tidak terlalu tinggi maupun rendah sehingga memudahkan Anda saat mengaksesnya.

Sementara itu, untuk penopang kaki bisa disesuaikan dengan kebiasaan dari posisi duduk Anda. Ada orang yang merasa lebih nyaman jika ada penopang kaki di bawah meja, tapi ada juga yang justru merasa tidak nyaman. Di samping itu semua, tentu meja komputer ini juga harus dilengkapi dengan kursi kerja yang nyaman.

Model Meja Komputer

Nah, kalau sudah melakukan semua hal di atas, sekarang pasti sudah terbayang model meja komputer apa yang cocok untuk Anda. Setidaknya, ada enam model meja komputer yang beredar di pasaran, yaitu sebagai berikut:

1. Meja Komputer Standart

Saat ini, model meja komputer sudah berkembang mengikuti kebutuhan dan kebiasaan masyarakat sehingga ada banyak sekali modelnya. Meskipun demikian, model standart atau yang paling umum tetap banyak digunakan.

Model yang satu ini terangkai dari satu permukaan meja, empat kaki sebagai penopang, dan satu laci di bagian bawah meja. Sangat cocok bagi Anda yang tidak suka ribet dan mengutamakan kesederhanaan.

2. Meja Komputer Sudut

Ingin meletakkan meja komputer di sudut ruangan? Kalau begitu, pilihlah model meja komputer sudut. Selain dapat memaksimalkan ruang yang ada, model yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk meletakkan banyak barang di atasnya. Apalagi, biasanya model ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai tempat penyimpanan di bagian bawahnya.

Tak hanya sampai di situ, kalau Anda adalah orang yang bekerja dengan menggunakan dua komputer, maka model ini juga bisa diandalkan. Tidak perlu repot berpindah tempat, cukup dengan memutar kursi, Anda sudah bisa mengakses komputer lainnya.

3. Meja Komputer Bentuk Huruf “U”

Selain model sudut, ada juga meja komputer bentuk huruf “U”, di mana model ini adalah yang paling luas karena permukaan mejanya ada di bagian depan, samping kiri, dan juga kanan. Kalau yang sebelumnya bisa menampung dua komputer, model yang satu ini bahkan bisa mencakup tiga komputer sekaligus.

Namun, karena ukurannya cukup besar, Anda juga harus memiliki ruangan yang luas. Maka dari itu, ukurlah ruangan yang tersedia secara lebih detail karena jika ternyata ruangan Anda tidak memadai, meja komputer ini justru bisa membuat ruangan terasa makin sempit, sumpek, dan berantakan.

4. Meja Komputer Gantung

Luas ruangan Anda terbatas? Kalau begitu, Anda bisa memilih model meja komputer gantung. Selain bisa menjadi solusi untuk ruangan sempit, model ini juga terlihat sangat unik karena tidak memiliki kaki. Untuk penempatannya sendiri dilakukan dengan cara ditempelkan ke dinding sehingga terlihat seakan-akan melayang.

Biasanya model ini dibuat dengan desain minimalis yang efisien dan serbaguna. Ada juga yang dirancang dengan model lipat sehingga saat tidak digunakan, permukaan mejanya bisa Anda angkat dan tutup. Karena model meja komputer ini bergantung pada dinding, sebaiknya Anda meletakkan benda-benda yang berat, seperti CPU dan printer di bagian bawah meja untuk menghindari kerusakan.

5. Meja Komputer Beroda

Sesuai namanya, tentu model meja komputer yang satu ini memiliki roda di bagian kakinya. Roda ini sengaja dibuat supaya mudah untuk digeser atau dipindahkan. Umumnya, ada dua jenis dari model meja komputer beroda ini.

Pertama adalah model meja biasa dengan empat kaki beroda di samping kiri dan kanan. Sementara yang kedua adalah model meja yang penopangnya hanya ada di salah satu sisi, tapi rodanya tetap ada empat di bagian bawah, jadi bentuknya menyerupai huruf “C”.

Model yang kedua ini dirancang khusus untuk digunakan di atas tempat tidur. Jadi, saat ingin menggunakannya, Anda perlu memasukkan roda meja ke bawah tempat tidur dan permukaan meja komputer akan berada tepat di hadapanmu.

6. Meja Komputer Lesehan

Sebagian orang lebih suka duduk secara lesehan, maka dari itu meja komputer ada juga yang dibuat dengan model lesehan. Biasanya, ukuran dari model ini tidak terlalu besar, hanya untuk meletakkan monitor, keyboard, mouse, dan speaker. Sementara untuk CPUnya bisa diletakkan disamping meja komputer lesehan ini.

Namun, bagi Anda yang sudah menggunakan laptop, sepertinya meja komputer lesehan ini akan jadi lebih lega. Meskipun sederhana, tapi model yang satu ini juga sudah banyak dimodifikasi, seperti ada tarikan laci di bawahnya untuk meletakkan keyboard atau barang-barang lainnya.

Demikianlah tips memilih meja komputer secara tepat yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah sekarang Anda sudah tahu meja komputer apa yang paling cocok untuk mendukung kegiatan Anda dan keluarga? Kalau sudah, langsung saja temukan di Dekoruma, yuk!

Top 10 Categories Furnishing