Pilih tipe Kabinet Dapur & Troli berikut:

Rak & Troli Dapur


7 Keuntungan Memiliki Rak dan Troli Dapur Serta Tips Memilihnya

Desain dapur modern menganut prinsip kesinambungan yang tidak melupakan estetika visual, fitur ergonomis dan fungsional, serta sisi kehangatan dapur. Beda dengan konsep dapur kuno yang lebih kaku, kini sudah saatnya kamu mengaplikasikan tren dapur yang lebih fleksibel, termasuk penggunaan rak & troli dapur modern. 

Berbagai pilihan rak & troli dapur modern bisa dihadirkan sebagai solusi praktis yang kini semakin digandrungi oleh pemilik hunian masa kini. Rak & troli dapur memiliki berbagai desain elegan yang sangat efisien, mudah diakses, dan tetap mempertahankan kecantikan dapur secara keseluruhan.

Bagaimanapun juga, popularitas furnitur ini tidak terlepas dari fungsionalitas dan style yang bisa beradaptasi dengan mudah. Kehadirannya kini semakin bervariasi dengan interpretasi desain yang menarik. Biar kamu makin yakin, mari ketahui berbagai keuntungan dari penggunaan rak & troli dapur bareng Kania!

1. Mudah Digunakan

Rak & troli dapur merupakan tambahan furnitur yang hampir tidak membutuhkan instalasi ribet. Tergantung dari ukuran atau desainnya, rak & troli dapur rata-rata tinggal diletakkan dan dipakai langsung. Jika sudah tidak membutuhkannya lagi, kamu bisa singkirkan dengan praktis ke area sudut dapur. Kalau sudah bosan dengan posisinya, rak & troli dapur juga bisa digeser sesuai selera atau dipindahkan ke area lain untuk fungsi yang berbeda. 

2. Memperbesar Area Kerja

Siapa sih yang tidak ingin punya area kerja di dapur yang lebih besar? Nah, hal tersebut tidak mustahil lagi dengan kehadiran rak & dapur troli berbagai gaya. Dengan desain dan fitur yang berbeda-beda, rak & troli dapur bisa diletakkan tepat di sebelah meja tengah dapur atau kitchen island. Langsung, deh dapur bisa terasa lebih luas dengan flow kerja yang bisa dikombinasi. Jadi, kalau kamu mau memotong bahan-bahan dapur dan dicuci ke wastafel, tinggal taruh saja di rak & troli dapur untuk tambahan area kerja. 

3. Sebagai Ruang Penyimpanan Ekstra

Banyak sekali desain rak & troli dapur yang dilengkapi dengan berbagai laci dan rak ekstra. Otomatis, kamu jadi punya ruang penyimpanan di dapur yang notabene salah satu ruangan paling banyak perkakas dan perlengkapannya. Terlebih jika punya item tertentu yang sering harus digunakan, rak & troli dapur yang terbuka juga akan mempermudah akses pengambilan dan penyimpanan di dapur. Urusan membersihkan peralatan dapur ataupun rak trolinya sendiri  juga tidak repot lagi karena bisa langsung dibawa ke area cuci kapan saja. 

4. Furnitur Dapur Paling Fleksibel

Tidak berlebihan kalau rak & troli dapur diberi predikat sebagai furnitur dapur paling fleksibel. Untuk ruang dapur yang mungil, furnitur ini bisa menggantikan fungsi meja kerja utama yang biasanya mendominasi bagian tengah ruangan.

Dengan adanya rak & troli dapur, ruang gerak jadi lebih maksimal dan tidak harus terhalang perabot yang sifatnya permanen. Baik itu mau diletakkan di tengah, sudut, atau merapat ke dinding, kamu bisa mengandalkan penggunaan rak & troli dapur yang mudah beradaptasi di semua area dapur.

5. Bukan Hanya untuk Dapur

Saat membahas rak & troli dapur, mungkin kamu langsung berpikir bahwa furnitur ini hanya bisa untuk dapur. Namun, dengan banyaknya variasi desain dan ukuran yang ada, perabot multifungsi ini bisa juga ditaruh di berbagai spot di rumah, lho termasuk juga untuk bagian outdoor seperti di kebun atau halaman rumah! Ini karena adanya fitur roda yang mempermudah mobilitas di berbagai titik di hunian. 

Tidak hanya praktis, rak & troli dapur juga punya unsur fun yang beda daripada furnitur biasa. Mau dipakai sebagai bar berjalan atau tempat sajian buat tamu? Bisa banget!

6. Cocok dengan Semua Gaya Dapur

Dapur kamu termasuk yang punya tema interior tersendiri? Jika begitu, kamu tidak harus sampai merombak desain dapur untuk menghadirkan rak & troli yang multifungsi dan space-saving ini. Saat ini, sudah banyak model rak & troli dapur yang bisa disesuaikan dengan desain interior dapur kamu. Jadi, kamu cukup memilih yang modelnya paling pas dan ukuran yang tepat, baik dari segi lebar maupun ketinggian yang sesuai dengan furnitur yang sudah ada. 

7. Menjangkau Tanpa Ribet

Kabinet dapur sering mengambil ruang atas yang berdekatan dengan area langit-langit. Mungkin beberapa dari kamu merasa kesulitan untuk mengambil perlengkapan dapur yang letaknya terlalu tinggi untuk dijangkau secara langsung. 

Nah, sebagai alternatifnya, hadirkan saja rak & troli dapur yang kini bisa diakses tanpa harus memanjat tangga dapur. Untuk yang butuh solusi ini, pastikan memilih rak & troli dapur dengan kapasitas penyimpanan maksimal, ya!

Tips Memilih Rak & Troli Dapur

Patokan dalam memilih rak & troli dapur tidak banyak berbeda dengan mencari perabotan rumah lainnya. Beberapa tips yang sebaiknya diingat saat memilih rak & troli dapur antara lain:

  • Pastikan Bagian Kaki dan Roda Stabil

Rata-rata keluhan dalam pemakaian rak & troli dapur tak jauh-jauh dari seputar bagian kaki penopangnya. Karena fitur roda yang terpasang, banyak yang merasa perabot ini kurang stabil dan tidak kokoh. Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan memastikan pemilihan rak & troli dapur yang desainnya berkualitas dan telah dipikirkan dengan saksama. Ada juga rak & troli dapur yang bagian rodanya dilengkapi dengan sistem pengunci supaya lebih aman digunakan.

  • Cek Permukaan Rak & Troli Dapur

Penampang utama dari rak & troli dapur seharusnya sudah jadi pertimbangan penting. Pastikan pilih sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya memilih yang permukaannya terbuat dari granit yang punya banyak motif atau stainless steel supaya bisa digunakan untuk area bekerja. Jika tidak ada kebutuhan spesifik, boleh juga memilih permukaan rak & troli dapur yang terbuat dari bahan kayu biasa atau laminate. Selain lebih terjangkau, estetikanya juga terkesan lebih natural dan kasual. 

  • Ukuran

Pastikan kamu sudah mengukur area yang tersedia sebelum memilih rak & troli dapur. Jika akan menggunakannya bersisian dengan perabot tertentu, maka pastikan juga sudah mengukur ketinggian yang ideal. Jika rak & troli dapur akan digunakan berpindah-pindah, pastikan saja semua jalur dan ruang gerak sudah pas. Misalnya, di bagian belokan dan tidak sampai berbenturan dengan perabot permanen di dapur. 

  • Kapasitas Penyimpanan

Sebaiknya kamu memilih rak & troli dapur yang punya kapasitas penyimpanan ideal. Sesuaikanlah dengan kebutuhan, misalnya apakah yang desainnya terbuka atau dilengkapi dengan pintu penutup. Preferensi ini tergantung dengan kebutuhanmu. Jadi, rencanakan dulu dengan baik, ya!

  • Pemilihan Warna

Terakhir, rak & troli dapur sebaiknya juga bisa beradaptasi dengan klop dari sisi warna utama dapur. Cara gampangnya adalah memilih rak & troli dapur yang sesuai dengan warna dominan di ruang dapur. Atau minimal, yang bahannya mengikuti konsep desain interior dapur. Misalnya, bahan kayu untuk dapur ala Japandi atau bahan metal dan stainless steel untuk dapur bergaya industrial dan minimalis. 

Nah, demikianlah ulasan seputar rak & troli dapur. Semoga bisa membantu kamu dalam memilihnya yang paling tepat untuk hunian. Semakin tahu keunggulan rak & troli dapur, pasti kamu juga semakin tertarik untuk membelinya, ‘kan? Yuk, langsung saja temukan pilihanmu di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing