Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Mengenal Fungsi Rak Dinding dan Ambalan Beserta Ragam Modelnya

Ingin rumah jadi serba fungsional? Kalau begitu, kamu butuh furnitur pelengkap. Berbicara soal fungsi, salah satu jenis perabot yang pendukung yang wajib ada adalah rak dinding & ambalan. Bahkan, untuk rumah yang mengusung tema minimalis, jenis furnitur ini biasanya selalu hadir melengkapi ruangan.

Bukan sekadar untuk tempat penyimpanan, tapi rak dinding & ambalan juga memiliki beragam fungsi lain. Biar makin paham dan ga salah pilih, yuk simak penjelasan seputar rak dinding & ambalan dari Kania berikut ini!

Fungsi Rak Dinding & Ambalan

Setuju, ‘kan kalau modern ini rak dinding & ambalan sudah jadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari interior rumah? Ini karena rak dinding & ambalan memang serba fungsional. Setidaknya, ada empat fungsi utama dari furnitur yang satu ini, yaitu:

  • Penyimpanan Ekstra di Ruangan
    Fungsi utama dari rak dinding & ambalan tak jauh-jauh dari kapasitas ekstra yang ditawarkan. Berbagai pernak-pernik bisa diletakkan dan disimpan dengan mudah pada rak dinding & ambalan yang dimiliki. Mengingat benda-benda perlengkapan rumah tangga pastinya terus bertambah seiring waktu, kehadiran rak dinding & ambalan sudah tak terlepas untuk menunjang efisiensi rumah.
  • Solusi Space-saving Efektif
    Rak dinding & ambalan punya kelebihan yang mengambil ruang secara vertikal. Ini artinya, pemanfaatan ruang bisa makin maksimal. Misalnya, dengan menghadirkan rak dinding yang berukuran lebar 1 meter dan ketinggian 2 meter, kamu bisa memanfaatkan ruang ekstra tanpa harus mengorbankan lebih banyak area lantai. Demikian juga halnya pada ambalan yang bahkan sama sekali tidak menyita ruang lantai. Sifat ambalan yang bertumpu pada dinding ruangan ini tentu sangat space-saving dan super efisien.
  • Dekorasi Percantik Interior
    Dari segi desain yang semakin inovatif, rak dinding & ambalan sering dijadikan sebagai penunjang dekorasi suatu interior. Rak dinding dengan berbagai rak dan aksen desain ataupun ambalan yang hadir secara atraktif semua jadi furnitur dengan keunggulan tersendiri. Tak lupa, rak dinding & ambalan juga bisa didekorasi lebih lanjut dengan isi yang menarik. Jadi dobel dekorasi sekaligus, ‘kan?
  • Display yang Lebih Aman
    Salah satu peran rak dinding & ambalan yang sering dilupakan adalah segi keamanannya. Buat kolektor, rak dinding & ambalan bisa jadi cara untuk melindungi item kecil yang bernilai tinggi agar terhindar dari jangkauan orang-orang yang ingin memegangnya. Keluarga dengan anak kecil juga bakal diuntungkan dengan kehadiran furnitur ini untuk menyimpan pecah belah seperti piring cantik atau aksesoris penting lainnya. Psst.. furnitur yang satu ini juga melindungi dari kontaminasi serangga dan hewan perusak yang sering menyusup ke rumah!

9 Ragam Model Rak Dinding & Ambalan 

Rak dinding & ambalan termasuk perabot yang sangat multifungsi dan bisa dihadirkan di setiap ruangan rumah. Model rak dinding & ambalan yang tersedia pun sangat beragam dan tentunya ideal ditempatkan sebagai pelengkap interior. Yuk, langsung saja simak jenis-jenis modelnya dan rekomendasi peletakannya yang terbaik di bawah ini!

1. Dilengkapi Cermin

Dengan tambahan cermin, rak dinding & ambalan bisa hadir kian multifungsi. Sebagai dekorasi favorit, cermin sangat efektif memberikan efek atau ilusi ruangan yang lebih luas jika ditempatkan secara strategis. Selain itu, tambahan cermin tersebut juga punya fungsi reflektif untuk mengecek penampilan. Rak dinding & ambalan dengan cermin ideal ditempatkan di ruang depan menuju pintu keluar supaya fungsinya maksimal. 

2. Model Kenop

Untuk yang butuh tempat menggantung kunci, topi, jaket, dan tas tanpa merusak pemandangan ruangan, pilih saja rak dinding & ambalan yang sudah ditambah dengan kenop di bagian bawahnya. Tambahan tempat gantungan ini mempermudah kamu saat harus menyimpan perlengkapan berbagai ukuran dan bentuk. Terutama untuk hunian keluarga, kehadiran kenop tersebut akan membuat aktivitas kamu sehari-hari jadi lebih praktis. Letakkan saja di dekat garasi atau bersisian dengan rak sepatu.

3. Tambahan Fitur Laci

Kehadiran furnitur yang space-saving ini bisa kian maksimal dengan adanya laci tarik. Banyak sekali model rak dinding & ambalan yang terdiri dari rak terbuka dan juga laci. Jadi, barang-barang yang memang tidak ingin dipajang bisa dengan mudah ditaruh di dalam laci. Sementara itu, bagian terbuka dari rak dinding & ambalan bisa tetap terlihat rapi. Model ini cocok ditempatkan di berbagai area di rumah. 

4. Model Modular

Konsep modular juga bisa diterapkan pada rak dinding & ambalan masa kini. Model furnitur modular didesain dengan prinsip terdiri dari beberapa komponen yang sama dan bisa dilepas sambung atau ditambah sesuai kebutuhan. Model rak yang modular bisa disusun vertikal atau horizontal sehingga lebih fleksibel dan terus mengikuti kebutuhan pemilik rumah. Idealnya, letakkan saja rak dinding & ambalan modular di ruang pribadi atau ruang keluarga

5. Model Minimalis

Untuk rak dinding & ambalan yang desainnya simpel dengan desain lurus, semuanya bisa dikelompokkan sebagai model minimalis. Termasuk yang paling favorit, model yang minimalis ini bisa terdiri dari potongan papan kayu yang didesain sedemikian rupa dan cocok ditempatkan di berbagai tempat di hunian. 

6. Rak Dinding & Ambalan Dapur

Rak dinding & ambalan juga sudah sering hadir di dapur. Modelnya biasa terbuka dan ada juga yang dilengkapi laci atau lemari kecil dengan pintu berengsel. Rak dinding & ambalan dapur ini biasanya digunakan untuk meletakkan toples bumbu dapur, peralatan makan, atau peralatan dapur kecil yang sifatnya esensial dan bisa jadi berbahaya.

7. Rak Dinding & Ambalan Medis

Model yang satu ini sering hadir di kamar mandi dengan bentuk lebih kecil dan sudah dilengkapi pintu. Model rak dinding & ambalan ini cocok ditempati dengan berbagai produk botol-botol kecil, termasuk perlengkapan kamar mandi, dan juga kebutuhan P3K. Selain di kamar mandi, rak dinding & ambalan medis juga sering hadir di ruang garasi dan dapur.

8. Model Geometris

Rak dinding & ambalan tidak hanya hadir dalam bentuk lurus atau kotak saja, lho! Banyak sekali desain yang muncul dalam bentuk heksagonal, bulat, dan berbagai konsep geometris lainnya. Selain itu, bisa juga dipercantik dengan sentuhan shabby chic seperti lekukan untuk aksen dekoratif yang cantik. Untuk model yang satu ini sangat cocok dihadirkan di ruang tamu atau ruang keluarga untuk menambah unsur dekoratif.

9. Model Tangga

Rak dinding model tangga merupakan pilihan furnitur yang disandarkan ke dinding. Bentuknya menyerupai tangga panjat, tapi telah dimodifikasi sehingga berdirinya lebih kokoh dengan penampang yang cocok jadi tempat display aksesoris rumah. Rak dinding model tangga ini umumnya diletakkan di ruang tengah dan ruang keluarga, tapi juga bisa hadir sebagai pelengkap di kamar mandi untuk menggantung handuk, baju, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Tips Memilih Rak Dinding & Ambalan

Kriteria dalam memilih rak dinding & ambalan tidaklah sulit. Kuncinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan sehingga ukurannya tidak terlalu kecil ataupun kebesaran. Selain itu, pastikan juga bisa berdiri atau digantung kokoh. Jangan sepelekan masalah kualitas dari materialnya supaya bisa dipakai lama dan nyaman dari segi keamanan juga.

Demikianlah fungsi rak dinding & ambalan, serta beragam modelnya. Jadi, kamu sudah tahu belum mau memilih model yang seperti apa? Yuk, langsung saja cek koleksi rak dinding & ambalan dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing