Rak Piring & Gelas

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Pilihan Rak Piring Untuk Menghemat Ruang di Dapur

Rak piring saat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpan piring, tetapi juga sebagai penambah estetika ruangan dapur. Dapur berkonsep modern sering kali memiliki luas ruangan yang tidak terlalu luas. Bagaimanakah cara agar rak piring yang biasanya dibuat cukup besar dan lebar ini tidak membuat ruang dapur terasa penuh?

Berikut pilihan rak piring yang bisa Anda pilih:

  • Rak Piring Aluminium
    Rak piring aluminium merupakan salah satu rak piring yang cukup ramah di kantong. Rak piring ini terbuat dari aluminium yang dikombinasi dengan kaca atau keramik. Rak piring aluminium sangat cocok bagi Anda yang menyukai rak yang simpel namun cantik. Rak piring aluminium terdiri dari berbagai jenis yaitu rak piring aluminium 2 pintu, rak piring aluminium 3 pintu, dan rak piring kombinasi.Rak piring aluminium 2 pintu sangat cocok untuk Anda yang memiliki ruang dapur tidak terlalu luas. Rak jenis ini juga sangat cocok bagi pasangan yang baru saja menikah karena peralatan dapurnya belum terlalu banyak.

    Rak piring aluminium 3 pintu lebih cocok bagi Anda yang memiliki perabotan dapur cukup banyak atau memiliki ruang dapur yang cukup luas. Rak piring jenis ini memiliki kapasitas yang lebih besar sehingga dapat menampung berbagai perabotan dapur dan peralatan makan.

    Jenis rak piring aluminium yang ketiga adalah rak piring kombinasi. Rak ini tersusun dari kombinasi bahan aluminium dan kaca serta keramik. Keramik yang diletakkan di bagian rak ini berfungsi sebagai tempat magic com atau penghangat nasi. Rak jenis ini sangat membantu Anda yang tidak memiliki ruang dapur yang cukup luas.

  • Rak Piring Gantung
    Rak piring gantung merupakan model rak piring yang cukup banyak diminati akhir-akhir ini, terutama pasangan muda yang menyukai rak piring yang praktis dan unik. Rak piring gantung model ini bisa terbuat dari besi, aluminium, atau kawat. Pemasangannya diletakkan di dinding ruang dapur sehingga sangat menghemat ruangan.Kelebihan lain dari rak piring gantung adalah peralatan makan yang diletakkan di rak ini lebih cepat kering karena rak jenis ini biasanya tidak memiliki penutup. Rak piring jenis ini tergolong rak piring modern tetapi kapasitasnya tidak terlalu besar sehingga hanya beberapa piring dan gelas yang bisa diletakkan pada rak piring gantung ini. Rak piring gantung juga tidak memerlukan perawatan khusus sehingga sangat cocok bagi Anda yang aktif dan tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan perawatan dapur.
  • Rak Piring Kaca
    Rak piring kaca memiliki kesan yang mewah dan berkelas. Rak piring kaca memiliki berbagai macam model, ada yang menggunakan bahan kaca bening dan ada yang menggunakan bahan kaca doff yang lebih tebal dan bertekstur. Rak piring yang menggunakan jenis kaca tebal dan bertekstur biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada rak piring dari kaca biasa.Tetapi harga yang cukup mahal tersebut sebanding dengan kekuatan kaca yang lebih tebal dan lebih kuat. Selain itu, teksturnya juga dapat membuat rak terlihat lebih cantik dan mewah. Cara perawatan rak piring kaca cukup mudah yaitu menggunakan kain basah. Anda hanya perlu mengelap rak piring secara berkala setiap 2 hingga 3 hari sekali agar rak beserta perabotannya terjaga kebersihannya.
  • Rak Piring Plastik
    Seiring dengan berkembangnya zaman, plastik dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam barang karena sifatnya yang ringan dan tahan lama. Salah satu benda yang dibuat dari plastik yaitu rak piring. Rak piring plastik merupakan rak piring yang paling ekonomis karena rak piring jenis ini dibanderol dengan harga yang paling murah dibanding rak yang dibuat dari bahan lain.Rak piring plastik sangat ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Warna yang tersedia di pasaran juga cukup bervariasi, tetapi biasanya didominasi warna-warna cerah. Rak ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki peralatan makan atau perabotan dapur yang tidak terlalu banyak karena kapasitas rak piring plastik cukup kecil dibanding rak piring jenis lainnya.

    Satu hal yang perlu diingat jika menggunakan rak jenis ini yaitu jangan meletakkan peralatan makan atau peralatan dapur melebihi kapasitas rak, karena dapat menyebabkan rak sobek dan tidak dapat digunakan lagi. Cara melakukan perawatan rak piring plastik juga sangat mudah, Anda hanya perlu membersihkan debu menggunakan kemoceng. Jika terdapat noda yang melekat pada rak, Anda bisa membersihkannya menggunakan tisu basah atau mencucinya.

  • Rak Piring Kayu
    Rak piring kayu merupakan rak yang cukup banyak variasinya. Anda bisa memilih rak piring berbahan kayu jati atau kayu lain yang bersifat lebih lunak. Kayu jati memiliki tekstur yang khas serta memiliki kekuatan yang mampu bertahan hingga bertahun-tahun. Kayu jati juga terkenal antirayap. Saat ini banyak model rak piring kayu yang dikombinasikan dengan bahan kaca sehingga tampak kokoh namun tetap cantik dan elegan.Rak piring kayu juga ada yang didesain secara built in dengan kitchen set. Untuk jenis rak piring kayu built in ini dibutuhkan ruang dapur yang cukup luas, tetapi sebenarnya penggunaan rak jenis ini dapat membantu menghemat ruang di dapur. Rak piring kayu juga tersedia dalam berbagai ukuran sehingga Anda lebih leluasa memilih dengan menyesuaikan seberapa besar luas dapur yang akan Anda gunakan untuk menempatkan rak piring tersebut.

Setelah memahami berbagai pilihan rak piring di atas. Selanjutnya Anda perlu mengetahui tips membeli rak piring agar Anda mendapatkan rak yang berkualitas. Berikut tips membeli rak piring yang awet dan bagus:

  1. Tentukan jenis rak yang Anda inginkan. Pilih jenis bahan utama rak yang sesuai dengan minat Anda apakah aluminium, kaca, kayu, plastik, atau kombinasi. Sebelum memutuskan, pastikan Anda sudah memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis bahan rak sehingga Anda dapat memperoleh jenis rak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Perhatikan harga. Harga rak piring rata-rata berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Semakin mahal harga rak piring, maka kualitas bahan yang ditawarkan juga semakin baik. Jika Anda menginginkan rak piring berkualitas dengan harga miring, Anda bisa menunggu momen cuci gudang atau diskon akhir tahun yang sering memberi potongan harga cukup banyak.
  3. Pemilihan warna juga perlu diperhatikan. Warna rak yang senada atau berpadu padan dengan desain interior dapur tentu akan membuat dapur Anda terlihat semakin cantik dan menarik.
  4. Pilih rak piring yang ukurannya sesuai dengan luas dapur Anda. Jangan memilih rak piring yang berukuran terlalu besar hingga memenuhi hampir sebagian ruang dapur. Hal ini akan mengganggu aktivitas Anda saat memasak serta membuat dapur tampak penuh sesak.
  5. Pilih jenis rak piring yang mudah dirawat dan dibersihkan agar Anda mudah membersihkannya sehingga rak senantiasa tampak baru dan tidak kusam.
  6. Beli rak piring di tempat yang tepercaya. Jika Anda tidak sempat pergi keluar mencari tempat penjual rak piring yang berkualitas, Anda bisa memesannya secara online di www.dekoruma.com

Demikian beberapa pilihan rak piring untuk menghemat ruang dapur serta tips membeli rak piring yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Top 10 Categories Furnishing
Top 10 Brands Dapur

Tupperware | Kedaung | IKEA | Informa | Lotte Mart | Oxone | Maxim | Maspion | Calista | Vivere

Top 10 Categories Peralatan Dapur