Nonton TV Lebih Nyaman, Ini 5 Trik Memilih Rak TV Sesuai Kebutuhan

Saat berkumpul dengan orang-orang tersayang di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, seperti bersenda gurau, membicarakan hal tertentu, makan santapan lezat buatan sendiri, hingga menonton film kesayangan di televisi. Berbicara soal televisi, benda elektronik satu ini menjadi barang penting dalam rumah. Entah diletakkan di ruang keluarga atau di kamar tidur pribadi, televisi bisa jadi penghibur di kala penat dan sumber informasi terkini dan tentu memerlukan rak TV.

Agar Anda bisa menonton televisi dengan lebih nyaman, keberadaan rak TV sangat diperlukan. Tak hanya untuk menopang televisi, furniture ruang TV ini juga menjadi rumah untuk barang-barang pribadi Anda. Pula, ia bisa jadi dekorasi permanen yang meramaikan suasana rumah.

Anda tak boleh asal memilih rak TV sebab penopang ini mampu memberikan sentuhan tambahan yang membuat televisi tampak lebih apik. Secara tak langsung, keberadaannya bisa memengaruhi mood Anda, baik menjadi lebih tenang atau justru lebih buruk. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menemukan rak TV yang sesuai? Mari simak bersama kiat-kiatnya di bawah ini.

Sesuaikan dengan Ukuran Televisi Anda

Televisi hadir dalam beragam ukuran, dari yang kecil hingga yang besar menyerupai home theater. Anda harus memastikan ukurannya dari tinggi hingga lebar. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memilih rak TV dengan ukuran yang pas.

Jika Anda melewatkan tahap ini, kecenderungan salah memilih rak TV akan besar. Bayangkan saja, saat Anda sudah membelinya, malah televisi tak bisa diletakkan dengan layak karena salah ukuran. Tentu kejadian ini akan sangat merugikan Anda secara ekonomis karena perlu membeli furnitur ini kembali.

Di samping mengukur televisi, Anda juga harus menaruh perhatian pada jenis televisi yang Anda gunakan. Apabila Anda memakai televisi tabung, Anda perlu menggunakan rak TV dengan luas pijakan yang besar. Televisi flat atau datar seperti televisi LED memiliki bentuk yang minimalis tipis, tetapi mudah jatuh saat tersenggol. Untuk menghindari risiko ini, Anda bisa menggunakan jenis rak ini dengan luas pijakan standar tapi tidak terlalu kecil.

Pastikan Rak TV Memiliki Ketinggian yang Pas

Hal paling menyebalkan saat menonton drama Korea kesayangan atau tim bola favorit di televisi adalah ketika sudut dan jarak pandang antara sofa atau tempat duduk dan rak TV yang tidak sejajar. Leher bisa pegal-pegal dan justru Anda tak bisa menikmati jalan cerita. Maka dari itu, perlu dilakukan pengukuran ketinggian furnitur ini sebelum membelinya.

Bagaimana caranya? Pertama, duduklah di sofa atau kursi Anda yang sekiranya akan dijadikan tempat untuk bersantai sembari menonton televisi. Perkirakan ketinggian rak TV yang diinginkan dan harus eye level. Yang dimaksudkan dengan eye level adalah tinggi furnitur ini harus sejajar dengan posisi pandangan mata normal. Dengan melakukan hal ini, leher dan punggung Anda tidak akan nyeri. Nonton drama Korea pun makin nyaman.

Tak hanya sesuai posisi pandangan mata normal, Anda perlu menentukan ketinggian jarak lantai dengan rak TV. Dengan jeda yang pas, ruangan akan lebih bisa bernapas alias tidak terkesan penuh. Berapa jarak antara lantai dengan rak yang seharusnya? Rata-rata, jaraknya adalah 100 hingga 110 cm dari lantai. Apabila televisi Anda besar, kurangi jarak menjadi 70 cm.

Pertimbangkan Material Rak TV

Rak TV besi dan kayu tergolong sebagai ragam kombinasi material yang cocok. Bahan dasar kayu dan besi termasuk material yang mampu bertahan lama sehingga mampu menopang beban seberat apapun. Bobot keduanya yang berat juga tidak memudahkannya jatuh apabila tersenggol secara tidak sengaja.

Ada juga rak TV dari particle board dan medium density fiberboard. Bahan kayu yang lebih murah ini memang menguntungkan secara ekonomi, tetapi daya tahan dan keawetannya tidak akan selama kayu yang digunakan pada umumnya seperti kayu jati dan pinus.

Pilih Desain Rak TV yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Selain menaruh televisi, fungsi penyimpanan juga jadi faktor penentu Anda dalam membeli rak TV. Perlu Anda pahami, rak TV yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan Anda sebab ini menentukan besaran rak TV serta model desain yang nantinya dibeli.

Selain rak TV minimalis, furnitur ini mempunyai aneka ragam model. Rak TV dengan model terbuka cocok untuk menyimpan peralatan elektronik yang melengkapi televisi, seperti mesin DVD, HD, dan mesin televisi kabel. Tak hanya itu, desain ini juga cocok bagi Anda yang memiliki anak. Anda bisa menyimpan mesin permainan seperti Playstation dan Xbox kesayangannya. Di samping itu, Anda bisa menaruh ragam dekor rumah untuk menghiasi sisi kiri dan kanan televisi, seperti foto keluarga Anda.

Lain halnya dengan rak TV berlaci. Tempat penyimpanan ini berguna untuk menyimpan kepingan film-film kesayangan Anda dan CD permainan anak Anda. Pula, Anda juga bisa menyimpan beberapa alat atau perkakas yang sekiranya akan digunakan di sekitar rak TV.

Sebagai saran, ada baiknya bila Anda menggunakan rak TV kombinasi rak terbuka dan laci. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menggunakan fungsi rak TV secara lebih efektif. Misalnya, kegiatan yang sering Anda lakukan dengan televisi adalah menonton film. Anda bisa mencari film pilihan Anda di laci dan menyalakannya di DVD player yang terletak di rak terbuka. Trik ini tentu akan memudahkan Anda, bukan?

Cocokkan Desain Rak TV dengan Konsep Ruangan Anda

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, rak TV bisa memengaruhi suasana hati. Awalnya, tujuan menonton televisi untuk memulihkan pikiran serta hati yang kalut, malah makin kalut karena desain rak TV yang kurang cocok. Plus, salah pilih desain rak TV bisa membuat suasana interior yang sudah dibentuk jadi rusak. Maka dari itu, desain rak TV Anda harus bisa menyatu dengan konsep interior ruangan.

Terdapat banyak konsep desain rak TV yang bisa Anda pilih. Model rak TV dengan warna pastel pada aksen ukiran yang feminin akan cocok diletakkan di ruangan berkonsep vintage dan shabby chic. Dominasi warna hitam dan penggunaan elemen besi ekspos akan menyatu dengan sempurna pada gaya industrial. Gaya ruangan minimalis akan terlihat lebih nyaman dengan rak TV berwarna cokelat muda dan putih.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa menggunakan rak TV warna netral terang bisa karena mampu menyatu dengan konsep ruangan apapun, seperti warna putih dan cokelat muda. Plus, warna terang mampu memberikan ilusi ruangan yang lebih terasa luas.

Keenam cara ini bisa Anda gunakan sebelum dan saat Anda memilih rak TV di Dekoruma.com. Pastikan Anda memilih rak TV yang tepat dan sesuai kebutuhan. Jika Anda bingung mengenai detail bahan atau yang lainnya, Anda bisa menghubungi kami. Tim kami akan membantu Anda dengan maksimal supaya Anda bisa menikmati tontonan kesayangan lebih nyaman.

Top 10 Categories Furnishing