Transparansi harga
Gratis konsultasi desain
Garansi dua tahun

Korean style, tren paling digandrungi di Indonesia beberapa tahun belakangan. Film dan musik dari negara ini begitu diminati oleh masyarakat terlebih oleh generasi muda. Lebih dari itu, tren turut berkembang ke desain interior yang banyak terinspirasi dari gaya Korea karena memiliki nilai estetis tinggi.

Saat ini, apakah kamu berencana membuat kitchet set Korea di rumah? Ada banyak pertimbangan yang harus kamu pahami supaya kitchen set Korea tampak serasi dengan konsep rumah secara keseluruhan dan memiliki fungsi maksimal.

Untuk membantu kamu membuat kitchen set Korea di rumah, Kania akan bagi-bagi tips penting yang wajib kamu lakukan!

Pertimbangan Luas Dapur

Tak hanya berlaku untuk pemasangan kitchen set Korea, perhitungan luas dapur berlaku untuk semua model kitchen set yang akan kamu pasang. Di sini, kamu bisa menghitung luas dapur secara tepat karena berpengaruh pada bentuk kitchen set Korea yang akan dipasangkan. Tak hanya itu, penghitungan ini memudahkan kamu untuk mengetahui apa saja hal penting atau hal yang perlu disingkirkan pada kitchen set.

Untuk kamu yang tinggal di apartemen, umumnya luas dapur sangat terbatas. Tips dari Kania, kamu bisa menentukan prioritas untuk menepatkan perabotan utama di kitchen set Korea, misalnya kabinet atas untuk menyimpan peralatan makan, kabinet bawah untuk menyimpan sederet peralatan memasak dan ruang lain untuk menempatkan perabotan seperti kompor, tempat cuci piring ataupun penghisap asap.

Pengukuran ruang dapur sebelum memasang kitchen set Korea sangat penting agar semua peralatan makan dan perabotan masak muat dan bisa tersusun secara rapi. Pilih perabotan yang cocok dengan desain kitchen set Korea,

Pemilihan Material Dasar Kitchen set Korea

Kitchen set Korea identik dengan konsep minimalis dan penggunaan banyak unsur alami seperti kayu yang sekaligus memberikan kesan hangat. Untuk kamu yang memilih material kayu untuk ditempatkan pada kitchen set Korea, ada banyak jenis bahan yang bisa kamu pilih, mulai dari multipleks, teakblock, bloack board, MDF, particle board, hingga kayu solid. Tentunya masing-masing bahan memiliki karakter, ketahanan dan harga berbeda.

Kania sarankan untuk memilih kitchen set Korea dengan bahan multipleks karena memiliki durabilitas yang baik terhadap rayap dan kokoh saat dilakukan instalasi. Jika memiliki budget lebih, kamu bisa mempertimbangkan kitchen set Korea dengan kayu solid seperti jati, sungkai, mahoni, dan kamper yang ketahanannya jauh lebih baik ketimbang material multipleks.

Material teakblock masuk dalam kelompok multipleks dengan lapisan luar berupa kayu jati, namun bagian dalamnya adalah kayu lunak. Sementara itu, MDF terbuat dari serbuk-serbuk kayu halus yang dipadatkan sehingga harganya relatif murah, namun kurang tahan terhadap air dan particle board, mirip seperti MDF dengan partikel kayu kasar dan dijual dengan harga paling murah.

Finishing Kitchen set Korea

Finishing tidak hanya membuat kitchen set Korea menjadi lebih indah, melainkan juga melindungi bahan dasar sehingga pemakaiannya bisa lebih tahan lama. Ada banyak material yang bisa kamu pilih untuk finishing kitchen set Korea, seperti melamik, duco, HPL atau High Pressure Laminate, tacon dan decosheet.

Jika kitchen set Korea yang kamu pilih menggunakan material dasar berupa kayu solid dan kamu ingin menonjolkan bahan kayu tersebut, pilihlah finishing melamik. Finishing melamik sangat cocok dengan serat alami kayu solid dan mampu mempertahankan serat serta warna melalui metode semprot.

Untuk budget yang minim, kamu bisa memilih metode finishing duco. Metode ini mengusung warna solid yang memberikan kesan elegan pada kitchen set Korea dan memiliki karakter kokoh, dipadu dengan varian warna finishing sesuai keinginanmu.

Pemilihan Desain Kitchen set Korea

Pertimbangan pentung lain adalah desain atau model. Kitchen set Korea sangat identik dengan konsep minimalis yang perlu kamu sesuaikan dengan konsep rumah secara keseluruhan.

Dalam memilih desain, ada banyak pilihan yang tersedia. Untuk kamu yang tinggal sendiri dalam rumah berukuran mini, kamu bisa memilih kitchen set Korea bentuk L yang memberikan kesan pada dapur menjadi lebih efisien. Jika dapur kamu berukuran cukup luas, kamu bisa menggunakan kitchen set Korea bentuk U yang mengusung konsep simpel berpadu dengan countertop kayu dan lemari dapur yang terkesan melayang.

Model lainnya adalah kitchen set bentuk G yang memiliki kemiripan dengan kitchen set U. Ideal ditempatkan di dapur berukuran luas, kitchen set Korea bentuk G memiliki tambahan mini bar pada salah satu bagian ujungnya.

Penempatan Perabotan

Perabotan dapur baiknya selaras dengan kitchen set Korea yang kamu gunakan. Jika kitchen set Korea ukurannya kecil, kamu harus menempatkan perabotan dapur secara pintar, misalnya menyimpan peralatan yang penting saja seperti kulkas dan kompor gas.

Untuk karakter perabotan yang cocok, pemilihan warna-warna kontras, konsep kitchen set Korea minimalis dengan nuansa warna putih akan tampak menarik jika berpadu dengan perabotan seperti teko, gelas, piring dan wajan memiliki warna kontras.

Perbanyak Referensi

Pembuatan kitchen set Korea memerlukan banyak keahlian, mulai dari pengrajin kayu, tukang bangunan, hingga teknisi listrik. Untuk itu, perbanyak referensi mengenai masing-masing ahli dalam memasang kitchen set Korea supaya hasilnya rapi dan sesuai dengan keinginan kamu.

Untuk model, banyak referensi yang bisa kamu dapatkan. Misalnya memilih model kitchen set Korea dengan menonton serial TV drama favorit atau melalui artikel-artikel tentang kitchen set di Dekoruma.

Gunakan Jasa Ahli

Jika masih bingung untuk memasang kitchen set Korea sendiri, cara paling efektif adalah menggunakan jasa ahli. Kitchen set merupakan bagian yang akan menambah keindahan hunian kamu sehingga memerlukan penanganan profesional agar hasilnya indah dan estetik.

Melalui proses konsultasi bersama jasa ahli, kamu akan mendapatkan masukan, pandangan dan pendapat mengenai bentuk dan spesifikasi kitchen set Korea yang ideal bagimu. Tak hanya itu, budget yang dikeluarkan menjadi lebih efisien karena para ahli memiliki banyak referensi untuk bisa membantumu memutuskan penggunaan material yang paling sesuai.