Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


11 Model Lampu Gantung dan Lampu Plafon untuk Percantik Hunian

Tanpa pencahayaan yang memadai, seluruh kegiatan akan terasa sulit dilakukan. Oleh karena itu, seluruh ruangan di area hunian membutuhkan lampu utama yang posisinya berada di beberapa titik di area plafon. Lampu tersebut bisa berupa lampu gantung & lampu plafon.

Selain untuk menerangi ruangan saat penghuni beraktivitas, lampu gantung & lampu plafon juga punya andil untuk urusan mempercantik hunian. Hal ini dikarenakan lampu gantung & lampu plafon memiliki aneka desain. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera dan gaya interior hunian. Setidaknya, ada 11 model lampu gantung & lampu plafon yang bisa kamu temukan di pasaran.

1. Lampu Kristal

Lampu gantung & lampu plafon ini dikenal juga dengan sebutan chandelier. Lampu ini terdiri dari rangkaian kristal aneka bentuk. Ada yang kristalnya menjuntai dan ukurannya beragam. Saat lampu gantung & lampu plafon ini dinyalakan, cahaya akan menembus kristal dan memantulkan bayangan pelangi. Lampu kristal ini identik dengan hunian bergaya mewah. Harganya cukup mahal, apalagi jika menggunakan kristal asli.

2. Lampu Bohlam

Bagi pemilik hunian bergaya industrial modern atau Japandi industrial, patut menggunakan lampu gantung & lampu plafon model bohlam. Model ini sangat sederhana lantaran terdiri dari bohlam dan kabel saja. Bohlam dan kabel tersebut dirangkai menjadi satu kesatuan. Biasanya, kabelnya sengaja dibuat panjang pendek tidak beraturan sehingga terlihat lebih dinamis dan menarik perhatian. Lampu gantung & lampu plafon ini umumnya menggunakan bohlam berwarna kuning dan kabel hitam.

3. Lampu dengan Kerangka Besi

Lampu dengan kerangka besi juga tengah populer untuk dijadikan lampu gantung & lampu plafon hunian. Pada dasarnya, lampu ini terdiri dari bohlam yang dikelilingi dengan kerangka besi berwarna hitam, emas, atau silver. Bentuk kerangka besi ini biasanya berupa geometri 3D. Kerangka besi tersebut dapat menghasilkan bayangan yang keren ketika lampunya dinyalakan. Lampu gantung & lampu plafon ini cocok untuk hunian bergaya modern minimalis dan kontemporer.

4. Lampu Lentera

Pada zaman dulu, orang-orang menggunakan lentera untuk penerangan. Bagian dalamnya menggunakan lilin, sedangkan bagian luarnya terbuat dari kertas untuk melindungi api supaya tidak tertiup angin. Lampu gantung & lampu plafon zaman sekarang pun banyak yang mengadaptasi konsep tersebut. Tentunya sumber cahaya berasal dari bohlam. Lalu, bagian luarnya menggunakan material plastik atau kain yang tahan panas.

Keunggulan dari lampu gantung & lampu plafon model lentera ini adalah desain dan ukurannya yang sangat beragam. Cahaya yang dihasilkan juga menjadi lebih lembut karena diredam oleh material lenteranya.

5. Lampu dengan Bentuk Lilin

Lampu gantung & lampu plafon bentuk lilin kerap digunakan pada hunian-hunian bergaya klasik. Modelnya menyerupai deretan lilin yang tersusun rapi. Baik itu disusun memanjang atau membentuk lingkaran. Bohlam lampu ditempatkan pada bagian ‘api’. Material yang paling umum digunakan untuk lampu gantung & lampu plafon ini adalah kaca dan besi. 

6. Lampu Bercabang ala Ranting

Untuk elemen dekorasi, lampu berukuran kecil, tapi dalam jumlah banyak itu tidak masalah. Misalnya dengan penggunaan lampu gantung & lampu plafon yang bercabang bagaikan ranting pohon. Di setiap ujung rantingnya terdapat bohlam kecil. Ranting-rantingnya sendiri dibuat dari besi sehingga lebih kokoh.

Desain lampu gantung & lampu plafon bercabang seperti ini pada umumnya tidak dibuat simetris dengan tujuan menciptakan kesan yang lebih alami. Cocok ditempatkan di atas meja makan atau di tengah plafon ruang tamu.

7. Lampu dengan Kerangka Rotan

Hunian bergaya tradisional identik dengan penggunaan rotan pada furnitur atau dekorasinya. Agar tampilan hunian semakin cantik, gunakan juga lampu gantung & lampu plafon dengan kerangka rotan. Konsepnya hampir mirip dengan lampu gantung & lampu plafon kerangka besi. Hanya saja, tingkat kerapatan anyaman rotan cukup beragam. Semakin rapat anyaman kerangka rotan, maka suasana yang dihasilkan semakin syahdu. Lampu dengan kerangka rotan umumnya menggunakan bohlam berwarna kuning.

8. Lampu dengan Penutup Kaca Tembaga

Lampu gantung & lampu plafon dengan penutup kaca tembaga mampu menyempurnakan tampilan interior ala rustic, futuristik, dan kontemporer. Bentuknya sendiri cukup beragam. Mulai dari bulat, silinder, hingga kubus.

Penutup kaca tembaga ini memiliki bukaan hanya pada bagian bawahnya. Dengan demikian, cahaya yang dihasilkan akan fokus ke satu titik. Kriteria ini menjadikan lampu gantung & lampu plafon tersebut cocok untuk digantungkan di atas meja makan dan kitchen island. Penggunaan satu buah lampu sudah cukup cantik. Akan tetapi, jika ingin terlihat lebih elegan, gunakan dua hingga tiga lampu yang sama sekaligus.

9. Lampu Sorot

Apakah kamu memiliki koleksi karya seni di dalam hunian? Jika iya, maka lampu gantung & lampu plafon model sorot ini wajib ada. Sesuai dengan namanya, lampu sorot ini menembakkan cahaya dari plafon ke satu titik area di bawahnya.

Kamu bisa mengarahkannya ke lokasi koleksi karya seni tersebut. Alhasil, tampilan jadi lebih dramatis dan semua mata langsung tertuju pada koleksi tersebut. Jika tidak memiliki koleksi karya seni, lampu gantung & lampu plafon model sorot ini tetap dapat digunakan pada hunianmu, misalnya untuk menyorot dinding dan mempertegas tekstur lapisan dinding tersebut.

10. Lampu LED Memanjang

Kalau lampu gantung & lampu plafon yang satu ini merupakan model terpopuler dan tidak lekang waktu. Lampu LED memanjang memiliki desain yang sederhana dan memberikan pencahayaan ke seluruh sudut ruangan. Agar lampu ini dapat mempercantik hunian, pilihlah yang model atau desainnya apik. Lampu gantung & lampu plafon model LED memanjang ini juga bisa ditempatkan di balik plafon rumah sebagai sumber pencahayaan indirect lighting.

11. Lampu Panel

Model lampu panel biasanya dipasang menyatu dengan plafon. Lampu gantung & lampu plafon ini umum ditemukan dalam bentuk persegi dan bulat. Lapisan panelnya menggunakan material kaca susu. Cahaya yang dihasilkan akan lebih lembut, tanpa memedulikan warna aslinya. Lampu gantung & lampu plafon model ini sifatnya tipis sehingga plafon akan terlihat minimalis.

Tips Memilih Lampu Gantung & Lampu Plafon yang Baik

Kalau kamu sudah bisa membayangkan model lampu gantung & lampu plafon yang cocok untuk hunianmu, sekarang saatnya untuk memilih dan membelinya. Simak tips dari Kania di bawah ini!

  • Pahami spesifikasi produk

Beda lampu, beda pula daya yang dibutuhkan untuk menyalakannya. Pahami spesifikasi tersebut dan sesuaikan dengan daya listrik yang tersedia di hunian. Pertimbangkan juga ukuran watt karena bisa memengaruhi biaya listrik.

  • Beli dari toko terpercaya

Jangan sembarangan memilih toko untuk membeli lampu gantung & lampu plafon. Belilah hanya dari toko terpercaya atau distributor resmi produsen. Hal ini untuk menghindari penipuan, serta pembelian barang palsu dan berkualitas buruk.

  • Jangan lupakan kenyamanan

Lampu gantung & lampu plafon tersedia dalam model yang begitu indah. Namun, jangan buru-buru tergiur dengan keindahannya. Tetaplah perhatikan dari sisi kenyamanan. Pastikan ukurannya sesuai dengan luas ruangan. Begitu pula dari sisi fungsionalitas. Jika hendak digunakan sebagai penerangan utama, maka cahayanya harus terang dan bisa menyinari seluruh bagian ruangan.

Yuk, temukan aneka model lampu gantung & lampu plafon pilihanmu di Dekoruma! Lalu, bersiaplah untuk menikmati hunian yang semakin cantik berkat lampu tersebut!

Temukan inspirasi rumah idaman dan aksesoris dengan harga terjangkau
Japandi Design
Japandi Design
Desain space-saving oleh desainer profesional
Gratis Ongkir se-Indonesia
Gratis Ongkir se-Indonesia
Tinggal checkout tanpa mikirin beban ongkir
24x Cicilan
24x Cicilan
Bayar lebih ringan, transaksi jadi makin mudah