Tampilkan hasil untuk:

SALE:

Brand:

Warna:


Multifungsi, Kenali 13 Jenis Meja untuk Keperluan Anda

Meja merupakan salah satu perabotan wajib yang kehadirannya hampir dibutuhkan untuk semua ruangan yang ada di rumah sesuai dengan kebutuhannya. Ya, banyak sekali kebutuhan dan aktivitas yang bisa dilakukan dengan menggunakan furniture ini. Hal ini membuat meja memiliki banyak sekali model dan desain yang berbeda-beda untuk mengakomodasi kebutuhan dan aktivitas yang beragam.

Lalu, bagaimana dengan keperluanmu? Model dan desain seperti apa yang kira-kira paling pas untuk melengkapi interior hunianmu? Yuk, intip macam macam meja berikut untuk temukan jawabannya!

1. Meja Makan

Satu lagi perabot yang wajib dan hampir selalu ada dalam setiap hunian. Memiliki ukuran yang lebar dan tinggi yang pas untuk memudahkanmu menikmati santapan, meja makan merupakan salah satu desain meja paling universal dan nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, terutama untuk makan keluarga.

2. Coffee Table

Biasa terletak di ruang tamu dan ruang keluarga, coffee table atau meja kopi ini juga cukup familier ditemukan di berbagai kafe-kafe. Hal ini dikarenakan meja yang memiliki model rendah ini memang terkenal digunakan untuk meletakkan gelas kopi atau teh. Dilengkapi dengan sedikit dekorasi pada bagian atasnya seperti sebuah pot bunga kecil, perabot satu ini termasuk salah satu yang wajib ada di rumah.

3. Side Table

Kerap disebut juga sebagai meja nakas, side table ini sangat lazim ditemukan di sisi tempat tidur ataupun sisi ujung dari sofa di ruang tamu atau ruang keluarga di rumahmu. Biasanya digunakan untuk meletakkan barang-barang personal seperti telepon genggam, buku, ataupun kacamata, perabot ini juga tak jarang digunakan untuk meletakkan lampu dekorasi, lampu baca, atau lampu tidur, sehingga kerap juga disebut sebagai lamp table.

4. Meja Rias

Meja kecil ini sangat umum ditemukan di kamar tidur ataupun di area walking closet. Memiliki ukuran rendah lengkap dengan cermin dan sebuah bangku, fungsi dari meja rias cukup jelas, yaitu untuk merias wajah. Selain cermin, perabot satu ini juga dilengkapi dengan banyak laci dan lemari yang berfungsi untuk menyimpan berbagai alat rias dan kebutuhan perawatan wajah lainnya.

5. Meja Belajar

Perabot selanjutnya ini merupakan model meja yang dirancang untuk aktivitas bekerja ataupun belajar. Umumnya berada di kamar ataupun ruang baca dan ruang kerja, berbeda dengan perabot-perabot sebelumnya, meja belajar umumnya dilengkapi juga dengan rak atau laci atau lemari kecil untuk menyimpan berbagai buku atau alat-alat belajar dan bekerja lainnya.

Pada beberapa model desain, perabot ini juga dilengkapi lemari atau rak dinding untuk meletakkan buku ataupun barang sejenisnya.

6. Meja Komputer

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari meja komputer adalah untuk meletakkan dan mengoperasikan komputer. Untuk itu, perabot satu ini dilengkapi juga dengan laci untuk keyboard, serta rak untuk meletakkan berbagai perangkat komputer lainnya seperti CPU, speaker, printer, dan sebagainya. Karena banyak mengakomodasi perangkat elektronik, perabot satu ini juga kerap dirancang dengan jalur kabel dan stop kontak agar kabel listrik dari berbagai perangkat elektronik jadi lebih rapi dan tidak kusut.

7. Meja Lipat

Perabotan selanjutnya ini merupakan solusi untuk kamu yang memiliki keterbatasan ruang. Meja lipat adalah perabot yang khas akan kemampuannya untuk dilipat dan disimpan saat tengah tak digunakan dan bisa dibuka dan difungsikan sebagai perabot utuh untuk berbagai kebutuhan saat diperlukan. Perabot satu inipun memiliki banyak sekali fungsi, umumnya digunakan sebagai perabot piknik, namun tak jarang juga dijadikan sebagai meja makan.

8. Meja TV

Umumnya berukuran cukup rendah, perabot satu ini berfungsi untuk meletakkan TV beserta perangkat-perangkat pelengkapnya seperti speaker dan lainnya. Beberapa jenis meja TV juga dirancang lengkap dengan lemari dinding pada bagian atasnya sebagai rak multifungsi. Namun, tak sedikit juga yang tampil minimalis dengan bagian bawahnya saja. Perabot satu ini termasuk yang wajib dimiliki di ruang keluarga ataupun ruang TV setiap hunian.

9. Meja Anak

Salah satu ciri khas dari meja anak adalah ukurannya yang sangat kecil menyesuaikan dengan postur dari anak kecil. Biasanya hadir lengkap dengan kursi kecil sebagai pelengkap, perabot ini berfungsi untuk berbagai aktivitas anak-anak mulai dari bermain, membuat prakarya, mewarnai, membaca buku bacaan anak-anak dan lain-lainnya.

10. Meja Kantor

Sekilas model perabot satu ini menyerupai meja belajar ataupun komputer yang telah dibahas sebelumnya. Sebenarnya dari segi fungsi dan aktivitas yang dilakukan menggunakan perabot ini tidaklah jauh berbeda sehingga memiliki desain dan model yang tak begitu terlihat beda. Umumnya, perabot satu ini berada di ruang kerja pribadi atau berada di kantor-kantor.

Desain dan ukuran dari meja kantor biasanya disesuaikan dengan fungsi dan jabatan dari penggunanya. Semakin tinggi jabatan, makan desain perabot satu ini akan lebih besar dan terlihat lebih megah daripada ukuran standarnya yang digunakan karyawan biasa.

11. Meja Bar

Ciri khas dari meja bar adalah ukuran tingginya yang cenderung lebih tinggi dibandingkan model-model perabot sejenis sebelumnya. Untuk itu, umumnya penggunaan model perabot satu ini juga dilengkapi dengan kursi khusus yang juga memiliki tinggi kaki yang lebih tinggi daripada kursi pada umumnya.

Dikenal juga sebagai bar table, ia biasa ditemukan di bar sebagai tempat minum. Itulah sebabnya ukuran lebar dari perabot ini yang tak terlalu lebar karena rancangannya hanya untuk meletakkan gelas minuman

12. Meja Konsul

Meja konsul adalah perabot yang diletakkan menempel pada dinding dan juga bisa berfungsi sebagai pengganti lemari credenza. Perabot ini juga kerap disebut console table karena bentuknya yang ramping dan memanjang. Umumnya, perabot satu ini digunakan untuk menyimpan dan meletakkan barang ataupun berbagai dekorasi untuk mempercantik interior.

13. Meja Teras

Berbeda dengan berbagai perabot yang telah dibahas sebelumnya, perabot satu ini dinamakan meja teras karena memang umumnya diletakkan di ruang luar dari rumah seperti teras ataupun balkon rumah. Umumnya memiliki ukuran lebih kecil, perabot satu ini dirancang dengan menggunakan berbagai material khusus yang memang memiliki daya tahan lebih untuk diletakkan di ruang outdoor. Jadi, kebanyakan dari perabot ini terbuat dari besi, akrilik, ataupun rotan. Selain teras, perabot ini juga cukup sering dijadikan perabot taman dan ruang outdoor lainnya.

Selain model yang bervariasi, bahannya pun bervariasi. Mulai dari meja kayu hingga meja besi bisa kamu temukan di pasaran ataupun secara online. Dari ketinggian, ukuran, hingga desain dari perabot ini dirancang sedemikian rupa agar mampu memgakomodasi berbagai aktivitas dan keperluan berbeda. Bagaimana dengan keperluanmu? Sudah temukan model perabot seperti apa yang paling pas dan cocok untukmu?

Jika sudah, langsung klik Dekoruma untuk temukan berbagai pilihan perabotan untuk sempurnakan interior hunianmu. Tak cuma meja, berbagai perabot lainnya hingga variasi dekorasi interior terbaik bisa kamu dapatkan dengan mudah dan praktis secara online di Dekoruma, lho!

Top 10 Categories Furnishing