Pilih tipe Meja Tamu & Nakas berikut:

Meja Tamu & Nakas

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Bingung Memilih Meja Tamu dan Nakas yang Tepat? Ikuti Panduan Ini!

Meja tamu & nakas menjadi salah satu furnitur utama yang umumnya ada di ruang tamu. Sebagian orang memilih membeli meja tamu & nakas yang sudah satu set dengan sofa ruang tamu. Namun, tidak jarang pembelian set tersebut dirasa kurang memuaskan karena adanya beberapa faktor fungsi yang kurang ideal.

Karena alasan itulah, penjualan meja tamu & nakas secara terpisah menjadi populer belakangan ini. Pembeliannya secara terpisah dapat membuat kamu lebih bereksperimen melakukan pembelian furnitur ini yang sesuai dengan konsep ideal untuk ruang tamumu.

Apapun konsep ideal yang kamu pikirkan soal ruang tamu yang ada di rumah, ada beberapa pertimbangan inti yang tidak boleh diabaikan tiap kali kamu hendak membeli meja tamu & nakas. Berikut ini, Kania punya beberapa panduan untuk membeli meja tamu & nakas agar kamu tidak perlu bingung lagi memilih jenis furnitur ini yang tepat untuk hunianmu.

1. Pastikan Ukuran Lebar dan Panjang

Meja tamu & nakas akan menghabiskan banyak luas ruangan di ruang tamumu. Oleh karena itu, kamu harus mencari ukuran lebar dan panjang furnitur ini yang sesuai dengan ukuran luas ruang tamu yang kamu miliki. Jangan sampai ukuran luas dari meja tamu maupun nakas yang kamu tempatkan nantinya membuat kamu menjadi sulit bergerak di ruang tamu sendiri.

Ukuran panjang dan lebar meja tamu rata-rata untuk ruang tamu minimalis biasanya berkisar di angka 100 x 60 sentimeter. Ini memungkinkan kamu menaruh minuman, kue, sampai hiasan minimalis di meja tamu tanpa kesan berdesakan. Di sisi lain, ukuran luas tersebut juga tidak terlalu banyak menyita tempat.

Sementara itu, untuk nakas di ruang tamu, ukuran yang banyak dipakai berkisar di angka 50 sentimeter untuk ukuran panjang dan lebarnya. Untuk nakas ruang tamu yang berbentuk bulat, ukuran umumnya juga berada di diameter 50 sentimeter.

2. Sesuaikan dengan Ukuran Sofa

Selain menyesuaikan dengan ukuran luas ruangan, kamu juga harus mempertimbangkan dengan ukuran sofa ketika memilih meja tamu & nakas yang tepat. Penyesuaian dengan ukuran sofa untuk kedua furnitur ini lebih mengarah ke ukuran tinggi meja tamu & nakas.

Usahakan agar meja tamu & nakas memiliki tinggi yang sejajar dengan tinggi dudukan sofa. Ini akan memudahkan kamu maupun tamu yang datang untuk mengambil berbagai kudapan maupun barang dari kedua furnitur tersebut tanpa beranjak dari sofa. Ukuran tinggi yang sejajar ini juga akan membuat kamu lebih nyaman karena merasa tidak ada penghalang ketika sedang mengobrol dengan tamu yang bertandang ke hunianmu.

Kalau kamu tidak sempat atau kesulitan mengukur tinggi sofa, kamu bisa mencari meja tamu & nakas yang memiliki ukuran tinggi umum ideal, yaitu 50 sentimeter. Ukuran tersebut biasanya setara dengan dudukan kursi untuk sofa-sofa minimalis.

3. Pertimbangkan Bentuk Meja Tamu & Nakas

Ukuran meja tamu & nakas yang kamu beli mungkin sudah sesuai dengan luas ruangan. Tingginya pun tidak melebihi sofa di ruang tamu sehingga membuat kamu lebih nyaman dan jarang terbentuk ketika hendak mengakses barang yang ada di atasnya. Namun, kamu tetap merasa ada yang kurang dengan meja tamu & nakas yang sudah kamu beli? Bisa jadi karena bentuknya yang tidak terlalu sreg di hatimu.

Bentuk meja tamu & nakas tidak melulu harus persegi. Saat ini kamu bisa mencari berbagai bentuk meja tamu & nakas yang lebih unik. Misalnya bentuk oval dan lingkaran yang saat ini tengah populer. Belum lagi ada tambahan desain pemanis bentuk dari segi ukiran maupun kaki penopangnya.

Carilah bentuk meja tamu & nakas yang sesuai dengan desain interior hunianmu, khususnya ruang tamu. Meja tamu & nakas dengan bentuk persegi umumnya bisa diterapkan di berbagai desain interior, mulai dari klasik, minimalis, ataupun kontemporer. Kalau merasa bentuknya terlalu monoton, kamu bisa mencari yang berbentuk oval ataupun bulat untuk menghadirkan kesan lebih alami sehingga cocok diterapkan pada desain interior ruang tamu yang memiliki konsep skandinavian, Japandi, maupun industrial.

4. Sesuaikan Warna dengan Sofa dan Interior

Selain dengan bentuknya, kamu juga bisa membuat meja tamu & nakas di ruangan terlihat lebih menyatu dengan sofa maupun interior dengan permainan warna. Jangan sampai kamu memilih warna meja tamu & nakas yang terlalu berseberangan dengan warna sofa ataupun desain interior rumah.

Karena alasan inilah, pembelian meja tamu & nakas biasanya dilakukan paling terakhir setelah desain interior terbentuk dan sofa tamu telah dibeli. Tujuannya agar meja tamu maupun nakas yang kamu beli bisa matching dengan interior maupun furnitur utama lainnya yang sudah ada.

Masih agak bingung menyesuaikan warna meja tamu & nakas dengan sofa maupun interior? Yang harus diingat, menyesuaikan warna bukan berarti warnanya harus terlihat sama semua. Ini justru akan membuat ruang tamu di hunianmu terlihat monoton. Pilihlah warna yang berdekatan atau masih satu warna dasar. Contohnya, apabila interior ruanganmu memakai warna dasar abu-abu dan sofa-mu berwarna ungu, kamu bisa memilih meja tamu & nakas dengan warna abu-abu yang lebih muda atau tua.

5. Selektif Memilih Material Dasar  

Pertimbangan lain dalam memilih meja tamu & nakas untuk ruang tamu di rumah adalah pandai-pandai memilih material dasarnya. Memilih material dasar yang kurang tepat malah bisa membuat kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya perawatan ataupun perabotan yang kamu beli cepat rusak karena materialnya rapuh.

Kayu menjadi material yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan meja tamu & nakas. Memilih meja tamu & nakas dengan material dasar kayu solid pun merupakan pilihan yang tepat untuk bisa mendapatkan furnitur yang perawatannya tidak terlalu sulit, tapi kokoh serta tahan lama. Jenis kayu yang bisa kamu pilih untuk meja tamu & nakas, di antaranya kayu jati, kayu mahoni, kayu sungkai, ataupun trembesi. Namun, jika kamu mencari jenis kayu yang paling kuat, kayu jati adalah jawabannya.

Selain kayu solid, banyak pula meja tamu & nakas yang dibuat dari material dasar lain, seperti dari serbuk kayu ataupun aluminium. Khusus untuk aluminium, meja tamu & nakas yang kerap menggunakan bahan dasar ini cocok disandingkan di ruang tamu yang memakai konsep modern ataupun industrial.

6. Pertimbangkan Fungsi Kompartemen Tambahan

Meja tamu & nakas umumnya digunakan sebagai tempat untuk menaruh camilan dan minuman bagi orang-orang yang sedang bersantai di ruang tamu. Tidak sedikit pula orang-orang menaruh hiasan kecil sebagai pelengkap dekorasi ruangan di atas meja tamu & nakas.

Namun, saat ini kamu juga bisa menjadikan meja tamu & nakas sebagai tempa penyimpanan. Ini bisa menyiasati ruang tamu dengan ukuran luas terbatas yang sulit memasukkan rak tambahan di area tersebut.

Kamu bisa memilih meja tamu & nakas yang memiliki laci atau rak penyimpanan di bagian bawahnya. Akan tetapi, pemilihan model kompartemen tambahan tersebut tetap harus disesuaikan dengan desain interior ruanganmu, ya!

Selain bijak dalam memilih dan mempertimbangkan meja tamu & nakas untuk ruang tamumu, perawatan juga tidak boleh kamu abaikan. Selalu pastikan kamu membersihkan permukaan meja tiap hari untuk membuat furnitur-furnitur tersebut tetap menawan dan tidak cepat rusak.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu sudah tahu pilihanmu, belum? Yuk, temukan meja tamu & nakas impianmu di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing