Peralatan Makan & Minum

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Jenis Peralatan Makan dan Minum yang Wajib Kamu Miliki di Rumah

Apa jadinya, ya kalau hunian tanpa peralatan makan & minum? Pastinya nggak akan lengkap, bukan? Bahkan, bagi beberapa orang, peralatan makan & minum ini merupakan atraksi tersendiri dari ruang makan.

Tidak hanya untuk fungsi aktivitas makan, peralatan makan & minum juga bisa jadi celah estetika tersendiri. Aktivitas makan dan minum juga jadi punya kesan yang beda dengan peralatan makan & minum yang tepat, lho!

Lalu, apa saja peralatan makan & minum yang wajib dimiliki semua orang di huniannya? Yuk, kupas tuntas bersama Kania di bawah ini!

1. Sendok dan Garpu

Pada umumnya, kita mengenal peralatan makan & minum standar berupa sendok dan garpu makan. Bentuknya juga sudah cukup umum dengan variasi perbedaan ukuran yang selisih sedikit saja. Akan tetapi, pada dasarnya ada beberapa jenis sendok dan garpu makan dalam dunia peralatan makan & minum. Di antaranya adalah:

  • Sendok dan garpu makan untuk makanan utama. 
  • Sendok sup yang bentuknya lebih besar dengan ujung bulat dibandingkan sendok biasa. 
  • Sendok hidangan pencuci mulut yang bentuknya sedikit lebih kecil dan cocok untuk hidangan penutup. 
  • Sendok teh berbentuk kecil yang sering disediakan saat minum teh dan kopi. 
  • Sendok gula yang sedikit lebih kecil dibandingkan sendok teh.
  • Sendok minuman cocktai yang berukuran panjang dan memiliki bagian ujung yang kecil untuk mengaduk gelas tinggi. 
  • Sendok salad yang biasanya terdiri dari satu pasang dan berukuran besar untuk mengaduk menu salad.
  • Sendok sup besar atau centongan yang bisa digunakan untuk mengambil sup di dalam panci atau nasi di rice cooker.
  • Garpu buah yang biasanya dilengkapi dengan dua ujung kecil untuk sajian buah-buahan. 

2. Sumpit dan Pisau

Peralatan makan & minum selanjutnya masih untuk melengkapi sendok ataupun garpu dan umumnya tersedia di masing-masing rumah. Di antaranya adalah:

  • Sumpit, peralatan makan & minum yang bersifat oriental dan cocok untuk sajian makanan Asia. 
  • Pisau steak, biasanya ukurannya sama dengan sendok dan garpu makan untuk hidangan utama. 
  • Pisau butter yang ukurannya lebih kecil dibandingkan pisau steak dengan ujung tumpul. 
  • Pisau cake yang lazim disediakan dalam bahan plastik untuk sekali pakai saat membeli kue tart atau dari bahan metal khusus untuk memotong dan menyajikan kue. 

3. Piring

Peralatan makan & minum selanjutnya adalah set piring makan. Sama dengan sebelumnya, peralatan makan & minum ini bisa terdiri dari beberapa jenis dari segi ukuran yang berbeda-beda, antara lain:

  • Piring makan yang biasa digunakan untuk sajian utama dan digunakan sebagai piring yang jarang digonta-ganti. Peralatan makan & minum ini bisa digunakan untuk makan siang ataupun malam. 
  • Piring hidangan pencuci mulut, yaitu piring formal yang berukuran lebih kecil sekitar 18cm. 
  • Piring roti dan butter atau disebut juga side plate yang umumnya berukuran sekitar 15cm dan sering disajikan di sebelah pisau.
  • Piring appetizer yang hampir mirip dengan piring roti dengan ukuran 17cm. Biasanya, jenis piring ini sedikit lebih melengkung ke atas. 

4. Mangkok

Selanjutnya, peralatan makan & minum berupa mangkok juga penting hadir untuk berbagai jenis hidangan yang bersifat kuah atau sup dan sebagainya. Beberapa jenis mangkok yang tersedia umumnya berbeda dari segi ukuran, yaitu kecil, sedang, dan besar. Selain itu, peralatan makan & minum yang satu ini juga ada yang khusus menaruh salad dengan bentuk transparan.

5. Peralatan Minum

Beralih ke peralatan makan & minum selanjutnya yang lebih berfokus untuk kebutuhan minum. Peralatan ini juga punya banyak jenis, mulai dari gelas biasa, mug atau cangkir, hingga tumbler atau botol yang bisa dipakai di luar rumah. Variasi peralatan minum ini cukup luas dengan berbagai desain yang berbeda. Untuk gelas, umumnya bisa dibedakan dari beberapa jenisnya, yaitu:

  • Cooler, gelas tinggi yang sering digunakan sebagai minuman penyambut tamu. 
  • Flute, gelas dengan pegangan tipis untuk kebutuhan wine
  • Goblet, gelas bundar tanpa pegangan dan digunakan untuk minuman alkohol, termasuk wine. 
  • Mug, gelas berukuran sedang atau besar dengan pegangan di bagian samping.
  • Shot glass, gelas berukuran kecil untuk minuman fermentasi seperti alkohol, soju, sak, dan sebagainya.

Meski tidak wajib dimiliki karena hanya berdasarkan kebutuhan, tapi setidaknya kamu mengetahui apa saja jenis-jenis gelas yang ada. Peralatan makan & minum yang satu ini juga bisa didukung dengan kehadiran botol-botol air minum, teko, ceret, dan sebagainya. 

6. Aksesoris Peralatan Makan & Minum

Aksesoris peralatan makan & minum bisa diadakan sesuai kebutuhan sebagai pelengkap. Misalnya, sedotan stainless yang cocok digunakan untuk di dalam rumah maupun saat bepergian. Ada juga set tatakan piring yang melengkapi peralatan makan & minum dan serbet untuk mengelap mulut. Biasanya, masyarakat Asia juga butuh piring khusus sambal atau saus cabe yang berukuran lebih kecil dan bersifat sebagai pelengkap peralatan makan & minum lainnya. 

7. Peralatan Makan & Minum Khusus Bayi

Disebut juga feeding set, peralatan makan & minum khusus untuk bayi biasanya sudah harus disediakan saat memasuki MPASI. Beberapa peralatan makan & minum bayi yang lazim tersedia di hunian antara lain adalah set piring dan mangkuk, sendok makan, botol minum, dan cangkir minum. Bahkan, kamu juga butuh kursi makan dan celemek sebagai pelengkap kebutuhan si Kecil.

Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam memilih peralatan makan & minum untuk bayi adalah jenisnya yang sudah food grade dan terbukti aman untuk digunakan oleh sang buah hati.

Jenis Bahan Peralatan Makan & Minum

Tidak hanya untuk bayi saja kamu harus lebih jeli dalam memilih bahan peralatan makan & minum, tetapi untuk orang dewasa juga. Beberapa bahan yang sering digunakan dalam peralatan makan & minum antara lain adalah:

  • Bone China
    Bahan peralatan makan & minum ini menggunakan porselen jenis halus yang komposisinya terdiri dari campuran senyawa kaolin, fosfat, dan abu tulang. Pilihan peralatan makan & minum dari bahan bone China umumnya memiliki tampilan yang indah, mewah, dan cukup tahan lama. 
  • Earthenware atau Tembikar
    Ini merupakan bahan peralatan makan & minum yang cukup lama eksis untuk penggunaan rumah tangga. Keunggulannya adalah berbahan alami, tahan suhu tinggi, dan memiliki unsur dekoratif sehingga tak heran kalau ada banyak kerajinan tembikar berupa piring-piring cantik.
  • Porselen
    Porselen merupakan bahan peralatan makan & minum yang tidak berpori dan sangat tahan pakai karena prosesnya sudah melalui pembakaran suhu tinggi. Peralatan makan & minum dengan bahan ini juga cenderung lebih tahan saat digunakan pada mesin pencuci piring, microwave, dan oven. 
  • Melamin
    Set peralatan makan & minum dari bahan melamin sudah terbukti tahan pecah dan cocok digunakan untuk kegiatan makan di area outdoor. Namun, bahan ini tidak cocok untuk suhu tinggi seperti microwave atau oven. 
  • Stonewar
    Ini merupakan bahan peralatan makan & minum dari material batu yang lebih tahan dibandingkan bahan tembikar. Desain peralatan makan & minum dari bahan ini umumnya punya estetika alami yang digemari kaum milenial. 

Setelah mengetahui jenis dan bahan peralatan makan & minum yang bisa kamu gunakan, tinggal sesuaikan saja dari segi desain atau style. Biasanya, ini tergantung dari gaya ruang makan atau interior yang diusung, baik itu gaya minimalis, klasik, Japandi, ataupun industrial.

Ada peralatan makan & minum yang lebih elegan, ada pula yang lebih kasual dan minimalis. Biasanya, peralatan makan & minum yang elegan dan mewah lebih identik dengan koleksi generasi kalangan yang berusia lebih dewasa, sedangkan para kawula muda menyukai pilihan peralatan makan & minum yang lebih praktis dan cocok untuk sehari-hari. Akan tetapi, tetap disarankan agar kamu menyediakan minimal satu set peralatan makan & minum yang lebih formal agar lebih nyaman menjamu tamu saat ada acara spesial di rumah.

Yuk, lengkapi peralatan makan & minum kamu di hunian. Langsung saja cari dan temukan berbagai pilihan peralatan makan & minum berkualitas sesuai kebutuhanmu di Dekoruma!

Temukan inspirasi rumah idaman dan aksesoris dengan harga terjangkau
Japandi Design
Japandi Design
Desain space-saving oleh desainer profesional
Gratis Ongkir se-Indonesia
Gratis Ongkir se-Indonesia
Tinggal checkout tanpa mikirin beban ongkir
24x Cicilan
24x Cicilan
Bayar lebih ringan, transaksi jadi makin mudah