9 Menu Non Nasi dengan Rice Cooker

Suka memasak tapi peralatan dapur terbatas? Atau ingin belajar memasak kreatif? Pakai saja rice cooker. Selama ini rice cooker sering dipakai sekedar memasak nasi atau menghangatkan lauk tapi sebenarnya punya lebih banyak manfaat. Penasaran apa saja masakan non nasi yang bisa kamu buat dengan rice cooker? Baca saja sembilan inspirasinya dari Dekoruma di bawah ini

1. Pancake

Suka pancake yang lezat tapi hanya punya rice cooker sebagai alat masak? Tak perlu bingung karena dengan rice cooker kamu bisa membuat pancake dengan hasil akhir seperti yang dibuat di dapur lengkap. Kamu hanya perlu membuat adonan pancake biasa, lalu olesi seluruh bagian dalam panci rice cooker dengan margarin. Selain membuat pancake lebih gurih, margarin berfungsi agar adonan pancake tidak lengket dan merusak permukaan rice cooker.

Karena diameter pancake tidak terlalu besar kamu juga tidak perlu rice cooker dengan ukuran panci terlalu besar. Gunakan saja rice cooker imut berkualitas seperti Oxone Rice Cooker berkapasitas 0,8 liter dengan bahan panci  stainless steel berlapis Teflon. Desainnya lucu bermotif bunga, cocok dengan ukuran rice cooker yang mungil sehingga mudah disimpan tanpa memenuhi kamarmu.

2. Kentang Tumbuk

Hidangan praktis lain untuk dibuat dengan rice cooker adalah kentang tumbuk atau nama populernya mashed potato. Sesuai namanya yaitu kentang tumbuk, langkah awal membuatnya adalah merebus kentang yang sudah dikupas dan dicuci bersih dalam rice cooker sampai lembut. Lalu lumatkan kentang yang sudah lembut tadi dan pakai kembali rice cooker untuk mengaduk bahan tambahan seperti susu cair dan garam agar rasa kentang tumbuk lebih lezat. Meski kamu punya alat dapur lengkap, membuat kentang tumbuk dalam rice cooker lebih praktis karena kamu tidak perlu menggonta-ganti panci. Cukup dengan satu rice cooker kamu sudah bisa membuat kentang tumbuk mulai dari proses merebus hingga siap dihidangkan.

3. Tumis Aneka Sayuran

Ingin membuat makanan sehat dengan rice cooker? Bisa saja karena rice cooker juga bisa kamu pakai menumis aneka sayuran. Rice cooker aman dipakai menumis sayuran dengan minyak goreng seperti wajan biasa, tapi pastikan rice cooker benar-benar panas dan pakai spatula berbahan anti lengket dan anti gores. Saat membolak-balik sayuran yang ditumis dengan spatula juga kamu harus hati-hati agar tidak menggores permukaan panci. Perlu kesabaran menunggu hingga sayuran benar-benar matang, karena cara kerja rice cooker tidak bisa disamakan dengan wajan dan kompor gas biasa. Tapi, karena tidak dimasak dengan kompor biasa, hasil akhir tumis sayuran dengan rice cooker ini lebih lezat untuk penyuka sayuran segar karena sayur tidak terlalu layu.

4. Roti Panggang Mentega

Menu ini cocok buat kamu yang suka ngemil praktis karena mudah dibuat dengan rice cooker. Bahan utamanya jelas roti tawar dan keuntungan pemakaian rice cooker adalah kamu bisa membuat roti panggang lezat meski roti sudah tidak terlalu segar. Pastikan kamu memakai rice cooker dengan panci anti lengket seperti Electrolux Rice Cooker Silver yang seluruh permukaan pancinya berlapis keramik anti lengket.

Kenapa harus rice cooker anti lengket? Karena lelehan margarin dan tekstur roti tawar yang lembut membuat roti panggang cenderung lengket pada permukaan rice cooker. Dengan rice cooker anti lengket kamu lebih mudah membolak-balik roti yang dipanggang sekaligus membersihkan pancinya setelah selesai.

5. Sop Jagung

Di musim hujan begini semangkuk sop hangat memang nikmat sekaligus praktis. Dengan satu rice cooker kamu sudah bisa membuat sop jagung yang lezat menghangatkan badan. Kamu bisa  memakai jagung kalengan untuk membuat sop jagung dengan rice cooker tanpa repot memipil biji jagung dari bonggolnya. Kalau ingin membuat sop sekaligus memasak nasi sebagai teman makan sop, pilih rice cooker 2 susun praktis seperti Rice Cooker Mini dari Star Home. Dengan rice cooker semacam ini kamu bisa memasak nasi seperti biasa pada panci rice cooker yang bawah dan membuat sop jagung dalam panci rice cooker bagian atas. Jadi saat nasimu matang kamu langsung bisa menikmatinya dengan sop jagung hangat hasil kreasimu dari rice cooker.

6. Telur Orak-arik

Hanya punya rice cooker tapi ingin membuat telur orak-arik? Tenang saja karena rice cooker sudah cukup untuk menghasilkan telur orak-arik yang lezat. Karena kamu butuh sedikit minyak panas untuk memasak, jaga agar rice cooker tetap dalam posisi ‘cook’ sampai minyak mendesis dalam panci rice cooker. Kalau ingin cepat kamu bisa mengganti minyak dengan sedikit margarin yang mudah leleh dengan rice cooker dan memberi cita rasa ekstra gurih. Tidak usah panik kalau hasil kocokan telur yang kamu tuang dalam rice cooker agak lengket karena toh kamu akan membuat telur orak-arik. Angkat telur yang lengket dari rice cooker dengan spatula atau sendok dan bolak-balik terus sampai matang sempurna.

7. Makaroni Keju

Buat kamu penyuka pasta dan keju, kenapa tidak mencoba membuat makaroni keju dengan rice cooker? Pastikan macaroni sebagai bahan utamanya matang benar dengan mengatur posisi ‘cook’ rice cooker selama 10 menit. Pilih rice cooker yang sudah dilengkapi penghitung waktu (timer) yang bisa disetel agar makaroni tidak hancur karena dibiarkan terlalu lama. Phillips Rice Cooker HD3030-30 adalah pilihan tepat karena dilengkapi penghitung waktu dan sistem anti overheat. Sistem anti overheat berfungsi agar rice cooker tidak terlalu panas sehingga keju yang kamu campurkan dalam setelah makaroni matang tidak akan gosong.

8. Pisang Goreng

Pisang goreng yang terkenal sebagai teman ngopi atau minum teh ternyata juga bisa kamu buat di rice cooker, lho! Mirip cara membuat telur orak-arik memakai rice cooker, kamu harus menjaga rice cooker dalam posisi ‘cook’ agar benar-benar panas saat kamu menuangkan adonan dasar pisang goreng. Pakai pisang yang belum terlalu matang agar tidak lembek saat digoreng dalam rice cooker. Pisang gorengmu kurang gurih? Tambahkan sedikit santan pada adonan dan dijamin rasanya akan selezat pisang goreng yang dibuat secara konvensional. Meski menggoreng pisang dengan rice cooker butuh waktu sedikit lebih lama, ada kelebihannya karena hasil gorengan pisang di rice cooker lebih halus dan pulen.

9. Ayam Kecap

Masakan ini tergolong lauk lumayan berat tapi tetap bisa dimasak dalam rice cooker. Karena kamu hanya punya rice cooker untuk memasak ayam, potong daging ayam dalam ukuran kecil agar matang sempurna. Hati-hati agar tidak menambahkan air terlalu banyak karena rice cooker jelas tidak bisa menguapkan air secepat wajan. Kalau terlalu banyak air dalam rice cooker kamu malah jadi memasak semur ayam alih-alih ayam kecap. Untuk amannya kamu juga bisa mendidihkan air dulu sebelum ditambahkan pada ayam yang dimasak dalam rice cooker agar air lebih cepat menguap.

 

Top 10 Categories Furnishing
Top 7 Brands Elektronik