Tampilkan hasil untuk:

Brand:


Suasana Kamar Makin Nyaman dengan Ragam Perlengkapan Kamar Tidur Ini!

Suasana kamar tidur yang nyaman akan meningkatkan kualitas tidur penggunanya. Saat malam bisa tidur nyenyak, maka tubuh akan terasa lebih segar dan semangat beraktivitas keesokan paginya. Kenyamanan kamar tidur ini tidak hanya dipengaruhi oleh penataan desain interior saja, tapi juga kehadiran perlengkapan kamar tidur.

Pemilihan perlengkapan kamar tidur mungkin terdengar cukup sepele untuk sebagian orang. Padahal, ada efek kenyamanan luar biasa. Penasaran? Yuk, simak ragam perlengkapan kamar tidur berikut ini yang secara tidak langsung bisa meningkatkan kualitas tidurmu!

Kasur

Perlengkapan kamar tidur yang paling utama adalah kasur. Kamu bisa menggunakannya begitu saja atau dilengkapi dengan ranjang. Pilihlah kasur dengan tingkat kelenturan yang tepat supaya nyaman ditiduri dalam waktu lama. Bagi kamu yang memiliki masalah tulang dan pinggang, kasur dengan tingkat kelenturan rendah akan lebih nyaman dan menyehatkan. 

Kasur Lipat

Kehadiran kasur lipat bisa jadi perlengkapan kamar tidur esensial maupun tambahan. Sesuai dengan namanya, kasur lipat ini dapat dilipat dan disimpan di sudut kamar tidur. Sangat cocok diterapkan pada kamar kost atau kamar tidur berukuran mungil. Kasur lipat juga bermanfaat bagi kamu yang sering kedatangan teman atau keluarga untuk menginap.

Perlengkapan kamar tidur yang satu ini nggak cuma praktis, tapi juga space-saving. Saat hendak membelinya, pertimbangkanlah cara membuka dan melipat kasur, serta kualitas busanya untuk memastikan kenyamanan yang maksimal.

Alas Kasur

Kasur adalah salah satu perlengkapan kamar tidur yang usia pemakaiannya bisa mencapai belasan tahun atau lebih. Agar lebih awet dan terasa semakin nyaman, maka perlu ditambah alas kasur. Alas kasur atau yang biasa disebut sebagai topper ini memiliki tekstur yang agak padat dan ketebalannya menyerupai bed cover.

Dengan menggunakan perlengkapan kamar tidur ini, kasur jadi terlindungi dari noda. Bahkan, saat ini ada alas kasur dengan material waterproof. Tidak perlu khawatir lagi kalau anak mengompol atau menumpahkan minuman di atas kasur.

Sprei

Apalah artinya kasur tanpa sprei? Perlengkapan kamar tidur yang satu ini terbuat dari kain dan berfungsi untuk membuat kulit tubuh tidak bersentuhan langsung dengan permukaan kasur. Agar tidur semakin nyaman, pilihlah bahan yang tepat saat membeli perlengkapan kamar tidur ini. Kriteria utamanya adalah lembut dan sejuk di kulit, seperti bahan katun, linen, sutra, twill, dan tencel.   

Motif perlengkapan kamar tidur yang satu ini juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan konsep interior masing-masing kamar tidur. Namun, tetap perhatikan pilihan motif. Pasalnya, ukuran sprei cukup besar dan langsung menyita perhatian orang yang melihatnya.

Selimut & Quilt

Penggunaan selimut & quilt dapat menambah kenyamanan saat tidur. Perlengkapan kamar tidur ini bukan hanya berfungsi untuk menghalau udara dingin, tapi juga menciptakan efek psikologis seperti dilindungi dan dipeluk. Selimut terdiri dari satu helai kain. Ada yang terbuat dari katun, linen, wol, dan bulu pendek.

Sementara itu, quilt merupakan selimut yang terdiri dari tiga helai kain. Ukurannya sangat tebal. Perlengkapan kamar tidur ini cocok digunakan oleh orang yang tinggal di kawasan beriklim dingin.

Bantal & Guling

Belum sah membahas perlengkapan kamar tidur kalau belum menyebutkan bantal dan guling. Kehadirannya membuat kepala, leher, dan kaki terasa lebih nyaman. Jumlah bantal dan guling yang digunakan biasanya tergantung pada selera masing-masing orang. Ada yang sudah cukup menggunakan sepasang bantal dan guling, tapi ada juga yang menggunakan dua bantal dan satu guling.

Untuk bantal sebagai perlengkapan kamar tidur, ada banyak material yang tersedia di pasaran. Paling umum adalah bantal isi dakron. Lalu, ada yang diisi dengan bulu angsa. Harganya cukup mahal dan sudah mulai jarang diproduksi. Namun, jika kamu ingin merasakan sensasi tidur dengan bantal isi bulu angsa, sudah ada produsen yang menyediakan bulu angsa sintetis. Rasanya tidak jauh berbeda dan tidak ada hewan yang disakiti dalam pembuatannya. Terakhir, ada bantal memory foam yang teksturnya padat, tapi tetap empuk. Perlengkapan kamar tidur yang satu ini ampuh mencegah sakit leher.

Slippers

Berjalan tanpa alas kaki menyebabkan telapak kaki kotor, gatal, terasa dingin, dan nyeri. Khusus di dalam kamar, gunakan perlengkapan kamar tidur berupa slippers atau sandal kamar. Slippers ini dibuat menggunakan bahan kain, seperti flanel atau kain berbulu pendek. Bagian alasnya empuk dan sangat nyaman digunakan. Desain perlengkapan kamar tidur ini juga sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kepribadian para penggunanya.

Lampu Tidur

Kamar tidur dengan kondisi terang akan memicu otak untuk terus beraktivitas. Alhasil, tidur pun jadi kurang nyenyak. Maka dari itu, dibutuhkan juga lampu tidur. Perlengkapan kamar tidur ini wajib dimiliki orang yang tidak bisa tidur dalam keadaan gelap gulita. 

Biasanya, lampu tidur memiliki cahaya yang remang dengan warna lembut seperti kuning dan biru. Nuansa kamar jadi lebih syahdu dan tubuh siap untuk tidur nyenyak. Model lampu sebagai perlengkapan kamar tidur ini ada yang dicolok langsung ke colokan listrik, model lampu meja, serta lampu gantung. 

Karpet

Perlengkapan kamar tidur berupa karpet tidak hanya menambah kenyamanan, tapi juga meningkatkan nilai estetika interior secara keseluruhan. Ukurannya tidak harus besar dan menutupi seluruh permukaan lantai kamar tidur. Pastikan saja karpet tersebut cukup untuk menapakkan kaki di dekat kasur dan pas untuk lesehan. 

Ketika kamu memutuskan untuk menggunakan perlengkapan kamar tidur ini, rutinlah membersihkannya. Dengan demikian, karpet tidak akan menjadi sarang debu dan menyerang kesehatan. Kalau suasana kamar terasa nyaman, kamu pun bisa tidur nyenyak!

Lemari Penyimpanan

Kamar tidur biasanya juga menjadi area untuk menyimpan pakaian serta koleksi hobi. Tanpa lemari penyimpanan, kamar tidur akan berantakan dan tidak nyaman untuk beristirahat. Ukuran lemari ini perlu dipertimbangkan sesuai luas ruangan, kebutuhan, dan serasi dengan perlengkapan kamar tidur lainnya. 

Jika perlengkapan kamar tidur ini terlalu besar untuk kamarmu, tenang dulu. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan ranjang atau tempat tidur multifungsi yang di bagian bawahnya dilengkapi laci sebagai storage tambahan.

Nakas

Kacamata, buku, dan smartphone adalah benda-benda yang biasanya terakhir kita pakai sebelum tidur. Benda-benda tersebut juga menjadi yang pertama dicari ketika bangun tidur. Berkat nakas, kamu jadi memiliki tempat untuk meletakkan benda-benda tadi tanpa harus beranjak dari kasur.

Kalau tidak mau menggunakan nakas, kamu bisa mengganti perlengkapan kamar tidur yang satu ini dengan lemari laci, meja kopi, bahkan rak troli. Pastikan saja ukurannya cukup mungil untuk disandingkan di samping kasur dan memiliki permukaan yang rata.

Cermin

Cermin tidak semata-mata hanya untuk orang yang gemar berdandan. Dalam dunia interior, cermin bisa menjadi perlengkapan kamar tidur yang multifungsi. Pertama, untuk melihat tampilan diri sebelum keluar kamar. Kedua, untuk menciptakan kesan kamar tidur yang lebih lapang. Posisi cermin yang paling tepat adalah di pintu lemari atau digantung pada dinding. 

Air Humidifier

Perlengkapan kamar tidur berikutnya adalah air humidifier. Alat ini berfungsi untuk menjaga kelembapan udara, mengingat kamar tidur biasanya menggunakan AC dan udaranya jadi kering. Penggunaan perlengkapan kamar tidur ini dapat menjaga kesehatan kulit dan juga pernapasan.

Dari semua perlengkapan kamar tidur di atas, mana saja yang sudah ada di kamar tidurmu? Apabila masih ada yang kurang, langsung cari saja di Dekoruma! Kalau perlengkapan kamar tidur lengkap, suasana kamar jadi makin nyaman, bukan?