Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Ragam Pilihan Kursi Makan untuk Hunian Anda

Selain memilih meja makan, Anda juga harus bisa memilih kursi makan yang terbaik untuk hunian. Sayangnya, hal ini sering diabaikan oleh banyak orang karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal, kursi makan juga menjadi salah satu faktor yang mendukung kenyamanan Anda saat menikmati santapan dan berkumpul bersama keluarga di ruang makan.

Alasan lain yang membuat orang-orang mengabaikan kursi makan adalah karena ada banyak sekali pilihannya, mulai dari segi model, desain, dan material yang digunakannya sehingga mereka kebingungan dan akhirnya memilih secara asal atau seadanya saja. Namun, hal itu sebenarnya sangat merugikan karena jika salah pilih, mereka sendiri yang akan merasa tidak nyaman dan mungkin berujung pada penyesalan.

Nah, jangan sampai hal itu terjadi juga kepada Anda, ya! Supaya tidak bingung, berikut panduan memilih kursi makan berdasarkan model, desain, dan material yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih Kursi Makan Berdasarkan Model

Secara umum, terdapat empat model kursi makan yang banyak dijual di pasaran. Setiap model memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing sehingga Anda pun bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan.

1. Model Biasa

Model kursi makan yang pertama ini adalah yang paling banyak digunakan. Ya, modelnya sama seperti kursi pada umumnya. Fungsi dan tujuannya pun hanya satu, yaitu untuk mengakomodasi kebutuhan duduk seseorang.

Berkat modelnya yang sangat sederhana, kursi makan ini sangat laris di pasaran, lho! Hal ini karena selain digunakan untuk keperluan makan, model kursi makan biasa juga bisa dijadikan sebagai kursi tamu, kursi kamar, dan kursi kerja.

2. Model Lipat

Selanjutnya, ada kursi makan model lipat yang bisa dijadikan solusi terbaik untuk menyiasati keterbatasan ruang. Setelah selesai digunakan, Anda bisa melipat kursi makan dan meletakkannya di sudut rumah atau disandarkan pada dinding. Dengan demikian, ruang makan Anda akan jadi lebih efisien dan hemat tempat. Saat Anda hendak menyapu pun jadi lebih mudah karena tidak ada yang menghalangi.

3. Model Bar

Bagi Anda yang lebih memilih menggunakan meja bar di ruang makan atau dapur, tentu harus dilengkapi dengan kursi yang sepadan, yaitu kursi makan model bar. Model kursi bar ini dibuat dengan ukuran yang tinggi, seperti mejanya. Dengan demikian, Anda akan tetap merasa nyaman saat duduk sambil menyantap makanan yang lezat.

Model kursi bar ini sendiri sangat bervariasi, mulai dari yang bentuk alas duduknya kotak dengan kaki kursi berbentuk bundar hingga yang alasnya bundar dengan model empat kaki. Tinggal Anda pilih sesuai selera atau kebutuhan saja.

4. Model Berlengan

Tak hanya sofa saja yang memiliki sandaran lengan, tapi beberapa kursi makan juga ada yang model berlengan, lho! Tentu fungsi dari model kursi makan ini adalah untuk menopang lengan Anda saat duduk di atasnya.

Model yang satu ini dinilai bisa memberikan kenyamanan yang lebih bagi penggunanya. Selain itu, kursi makan ini juga kerap dijadikan sebagai alternatif kursi anak karena memiliki jagaan di samping kiri dan kanannya.

Desain Kursi Makan

Di samping modelnya, kursi makan juga punya desain yang beragam sehingga bisa menambah keestetikan di ruang makan. Anda bisa memilih desain kursi makan yang sesuai dengan konsep hunian.

1. Minimalis

Kursi makan minimalis punya desain dan bentuk yang sangat sederhana, tapi tetap terlihat menawan. Salah satu hal yang menjadi ciri khas dari desain minimalis ini adalah adanya unsur garis yang tegas dan tidak memiliki detail yang rumit. Biasanya, kursi makan minimalis terbuat dari material besi dan juga kayu tanpa ukiran.

2. Modern

Desain kursi makan modern merupakan salah satu yang paling disukai semua orang. Sebenarnya, kursi makan modern hampir mirip dengan desain minimalis, hanya saja desain modern ini lebih mengikuti tren yang ada. Dengan desainnya yang kekinian, kursi makan modern bisa digunakan di mana saja, termasuk ruang tamu dan kamar tidur Anda.

3. Tradisional

Sesuai namanya, desain kursi makan ini mengusung konsep tradisional yang memiliki ciri khas dari daerah-daerah tertentu, seperti Jawa atau bahkan Jepang. Oleh karena itu, biasanya desain kursi makan ini punya nilai etnik dan keunikan sendiri. Adapun material yang paling sering digunakan untuk desain tradisional ini adalah kayu.

4. Kontemporer

Ingin membuat suasana yang berbeda di ruang makan? Kalau begitu coba pakai kursi makan yang berdesain kontemporer. Secara umum, kursi makan kontemporer memiliki desain kaki, alas duduk, dan sandaran yang sangat unik, bahkan sering kali menyimpang dari model kursi pada umumnya. Meski demikian, kursi makan kontemporer tetap memiliki fungsi utama yang sama.

Material Kursi Makan

Memilih material kursi makan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum membelinya. Hal ini karena material yang digunakan akan menentukan harga dan juga masa pakai kursi makan.

Di era modern ini, rata-rata kursi makan memiliki alas duduk yang sudah dilengkapi bantalan empuk supaya lebih nyaman. Namun, untuk kerangkanya sendiri biasa dibuat menggunakan berbagai macam material, tapi yang paling populer digunakan adalah kayu, besi, rotan, dan plastik.

1. Kayu

Kayu merupakan material yang paling sering digunakan untuk membuat kursi makan ataupun furnitur lainnya, seperti meja atau kerangka sofa. Sifatnya yang mudah dibentuk membuat material ini memiliki banyak variasi desain untuk kursi makan, mulai dari yang paling sederhana hingga yang rumit dengan banyak ukiran.

Oleh karena itu, harga kursi makan kayu pun sangat bervariasi, tergantung dari desain yang dibuat dan juga jenis kayu yang dipakai. Adapun jenis-jenis kayu yang kerap digunakan untuk kursi makan adalah kayu jati, kayu oak, kayu merbau, dan kayu pinus.

2. Besi

Terkenal kuat dan kokoh, material besi juga bisa digunakan untuk membuat kursi makan berkualitas. Selain itu, kursi makan besi juga bisa dipakai dalam waktu yang lama, bahkan hingga puluhan tahun.

Namun, material besi juga punya kelemahan, yaitu berat dan bisa mengalami karatan. Akan tetapi, jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan cairan penghilang karat atau bisa juga menyiasatinya dengan melakukan pengecatan ulang.

3. Rotan

Kursi makan yang terbuat dari material rotan terkenal memiliki sifat yang ringan, tapi sangat kuat dalam menopang tubuh penggunanya. Oleh karena itu, tidak heran jika rotan menjadi salah satu material yang juga diburu banyak orang.

Akan tetapi, dari segi perawatan, material rotan cukup merepotkan. Hal ini karena umumnya kursi rotan memiliki banyak lubang kecil sehingga mudah berdebu dan sulit dibersihkan.

4. Plastik

Kursi makan yang terbuat dari material plastik biasanya dipilih sebagai kursi cadangan untuk menerima tamu atau keluarga yang berkunjung ke rumah.  Keunggulan dari material ini adalah sangat ringan sehingga mudah untuk diangkat atau dipindahkan. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut kotor karena kursi makan plastik mudah dibersihkan.

Namun, material plastik ini juga memiliki kelemahan, yaitu bisa menjadi rapuh, terutama jika berada di ruangan yang suhunya terlalu panas sehingga tidak bertahan lama. Hal inilah yang membuat harga kursi makan plastik cenderung lebih murah dibanding material lainnya.

Demikianlah ragam pilihan kursi makan berdasarkan model, desain, dan materialnya. Jadi, apakah Anda sudah tahu kursi makan apa yang paling cocok untuk ruang makan Anda? Kalau sudah, langsung saja temukan di Dekoruma, yuk!

Top 10 Categories Furnishing