Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Cara Menentukan Meja dan Kursi Kerja Ergonomis Agar Lebih Produktif

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Salah satunya, kamu bisa menciptakan area kerja yang super nyaman agar mood untuk bekerja selalu terjaga dan membuatmu bisa lebih maksimal dalam mengerjakan segala tugas.

Dalam menciptakan area kerja yang nyaman, kamu juga bisa menggunakan meja & kursi kerja yang sesuai dengan kebutuhan agar produktivitas kamu semakin meningkat. Jika kamu bingung memilih dan menentukan meja & kursi kerja ergonomis, simak tips dan triknya berikut ini!

Pilih Meja & Kursi Kerja Berdasarkan Ukuran dan Ketinggian 

Ketinggian dari meja & kursi kerja akan mempengaruhi produktivitas kamu dalam bekerja. Maka dari itu, pastikan kamu memilih ukuran tinggi meja & kursi kerja yang sesuai agar bisa meminimalisir risiko cedera, sakit punggung, serta tidak membahayakan postur badan kamu.

Untuk meja, ukuran tinggi standar yang banyak tersedia di pasaran berkisar antara 72 hingga 76 cm dengan lebar yang disesuaikan menurut fungsi dan fitur dari meja itu sendiri. Namun, agar kamu tetap nyaman ketika bekerja, silakan pilih meja yang ukurannya sesuai tinggi badan kamu. Untuk menentukannya, kamu bisa mencoba duduk di meja tersebut dan pastikan bahwa permukaan meja sejajar dengan siku.

Sementara itu, ketinggian kursi kerja juga dapat disesuaikan menurut tinggi dari meja yang kamu gunakan. Namun, pastikan kamu duduk dengan jarak sekitar 41 hingga 55 cm antara lantai dan tempat duduk sehingga nantinya dapat membantu kamu untuk meletakkan kaki di lantai secara nyaman supaya kaki bagian paha serta lengan posisinya sejajar dengan ketinggian meja.

Selain itu, perhatikan juga lebar dan kedalaman kursi agar dapat menopang tubuh kamu secara maksimal dan pastikan juga untuk memilih kursi dengan sandaran yang tepat agar tidak mengubah struktur tulang belakang. Pada umumnya, kursi kerja ergonomis turut dilengkapi dengan sandaran yang bisa kamu sesuaikan sehingga dapat juga kamu gunakan saat ingin beristirahat sejenak di tengah-tengah kegiatan kerja. 

Pilih Meja & Kursi Kerja dengan Ketinggian Fleksibel

Jika kamu sulit menemukan meja & kursi kerja dengan ketinggian ataupun dimensi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, saat ini ada banyak sekali produk meja & kursi kerja dengan fitur ketinggian yang fleksibel atau bisa diatur sesuai kebutuhan sehingga dapat kamu sesuaikan menurut tinggi badan.

Kamu bisa memilih meja & kursi kerja dengan ketinggian yang bisa dinaikkan maupun diturunkan, bahkan banyak pula kursi kerja yang bisa diputar secara mudah sehingga dapat menunjang kamu saat ingin melakukan hal lain. Selain itu, meja & kursi kerja dengan fleksibilitas ini pun tentunya bisa digunakan oleh siapa saja sehingga dapat memberikan keuntungan lebih jika area kerja kamu memang diakses oleh beberapa orang sekaligus. 

Pilih Meja & Kursi Kerja Sesuai Konsep Ruangan

Tentunya, ruangan akan makin menawan jika penggunaan dekorasi dan perabotan tampak serasi. Untuk kamu yang saat ini sedang memilih meja & kursi kerja, kamu bisa menyesuaikan model dan ukurannya sesuai dengan konsep ruangan agar kegiatan pekerjaan kamu bisa dilakukan secara nyaman dan leluasa.

Selain itu, kamu pun bisa menyelaraskan meja & kursi kerja berdasarkan konsep desain interior ruangan. Misalnya, jika ruanganmu mengadopsi desain minimalis, maka kamu bisa menggunakan meja & kursi kerja bergaya kasual agar tak terkesan kaku. Jika hunianmu mengusung gaya Japandi, pilihlah meja & kursi kerja yang ada unsur kayunya.

Pilih Meja & Kursi Kerja Sesuai Kebutuhan Pekerjaan

Saat membeli meja & kursi kerja, kamu pun harus menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan. Sebagai contoh, jika kamu perlu untuk meletakkan komputer, maka sebaiknya kamu memilih meja & kursi kerja dengan ukuran yang telah disesuaikan serta telah dilengkapi dengan fitur tambahan, misalnya bagian khusus untuk menaruh keyboard, CPU, maupun printer. Sementara itu, jika kamu tidak memerlukan fungsi di atas, kamu bisa memilih meja & kursi kerja bergaya minimalis dan sepenuhnya mengutamakan kenyamanan untuk digunakan dalam waktu yang lama. 

Utamakan Kualitas dari Meja & Kursi Kerja

Ketika kamu membeli meja & kursi kerja, pastikan juga untuk memeriksa kondisi dan kualitas dari furnitur tersebut. Kamu bisa memeriksa kualitas material dari meja & kursi kerja yang akan dibeli serta mengecek fitur lainnya, seperti laci, kaki penopang, maupun permukaan meja & kursi kerja. Dengan membeli meja & kursi kerja berkualitas baik, kamu pun tak akan membuang-buang uang karena penggunaannya akan tahan lama dan meminimalisir biaya perbaikan yang harus kamu keluarkan di kemudian hari. 

Tentukan Meja & Kursi Kerja Berdasarkan Material

Penggunaan material akan mempengaruhi tampilan akhir dari meja & kursi kerja yang ada di ruangan kamu. Jika kamu memilih meja & kursi kerja dengan material kayu berwarna gelap, maka furnitur tersebut akan memberikan kesan klasik nan mewah.

Sementara itu, jika ruangan kerja bergaya minimalis atau Japandi, maka kamu bisa memilih yang berbahan kayu terang dengan model yang sederhana dan minim ukiran. Selain itu, ada pula berbagai jenis material lain yang kerap diadopsi pada meja & kursi kerja, seperti bahan kaca ataupun metal yang sangat pas digunakan untuk menonjolkan kesan modern.

Perhatikan Desain Meja & Kursi Kerja

Desain yang diadopsi pada meja & kursi kerja pun harus kamu perhatikan secara cermat. Untuk meja, kamu bisa memilih yang bagian bawah permukaan mejanya kosong agar bisa lebih bebas dan leluasa untuk menggerakkan kaki tanpa takut terbentur. 

Kamu juga bisa mempertimbangkan membeli meja kerja dengan lapisan matte untuk meminimalisir pantulan lampu, serta memiliki dudukan untuk monitor dengan ketinggian sekitar 10 cm di bawah garis mata untuk menghindari ketegangan mata dan sakit leher. Selain itu, pertimbangkan juga meja yang memiliki model dengan tepi membulat agar tidak melukai kamu apabila terbentur. 

Sementara itu, kursi kerja yang kamu gunakan harus bisa menopang posisi duduk kamu secara tegak dan memiliki sisa ruang di bagian bawah untuk meletakkan kaki. Untuk lengan kursi kerja, pastikan juga bagian tersebut dapat diatur secara benar sehingga kamu bisa duduk dengan bagian lengan yang dapat ditekuk pada posisi 90 derajat. 

Pilih Meja & Kursi Kerja Berdasarkan Budget

Jika saat ini kamu telah menentukan meja & kursi kerja ergonomis yang sesuai dengan kebutuhan, maka kamu pun tinggal menyesuaikannya menurut budget. Jika kamu memiliki budget yang besar, pertimbangkan untuk membeli meja kerja berbahan besi maupun kayu karena lebih tahan lama. Selain itu, pilihlah kursi kerja dengan bantalan empuk agar membuatmu selalu nyaman saat bekerja. 

Pastikan juga kamu menghindari pembelian meja & kursi kerja berkualitas rendah. Biasanya, tanpa sadar ini dilakukan oleh orang-orang yang hanya karena ingin memenuhi budget. Namun, jangan juga membeli yang melebihi budget hanya karena tergiur oleh desain dan menyampingkan fungsi utamanya.

Inilah cara menentukan meja & kursi kerja yang ergonomis, berkualitas, dan tentunya mampu mengoptimalkan aktivitas pekerjaan kamu. Yuk, temukan meja & kursi kerja ergonomis yang berkualitas dan sesuai kebutuhan kamu di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing