BSD, Kawasan Favorit di Tangerang Selatan

BSD

Bumi Serpong Damai (BSD) atau dikenal juga dengan sebutan BSD City merupakan salah satu kota mandiri di Indonesia yang berada di kawasan Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Total luas wilayah ini sendiri mencapai 6,000 hektar atau 60 km².  

Namun, total luas lahan ini dibagi menjadi tiga tahap pembangunan. Di tahap awal pembangunan, lahan yang terpakai adalah 13 km². Sementara itu, tahap kedua pembangunan kawasan ini adalah seluas 24 km² dan sisanya seluas 23 km².

Melewati sejarah panjang di mana sebelumnya kawasan ini merupakan hamparan hutan karet dan melewati penundaan proyek selama beberapa tahun, pembangunan BSD mulai berkembang pesat pada tahun 2003 setelah diakuisisi oleh Sinarmas. Hingga saat ini, developer tersebut terus membangun klaster baru dengan berbagai tipe unit rumah. Konsep bangunannya pun beragam untuk disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Kelebihan BSD

Yang menjadi salah satu kelebihan dari wilayah ini adalah pembangunan infrastrukturnya yang terus berkembang pesat. Maka, tak heran kalau kawasan ini semakin diminati oleh banyak orang, terutama kaum milenial. 

Saat ini, ada banyak akses menuju BSD, baik itu melalui jalan tol, hingga berbagai macam transportasi publik. Dengan begitu, hal ini akan semakin mempermudah warga untuk menuju Jakarta dan kota-kota lain di Jabodetabek, termasuk akses ke Bandara Soekarno Hatta.

Tren Harga Properti di BSD

Seiring dengan pembangunan fasilitas dan proyek infrastruktur yang dilakukan, tren harga properti di kawasan ini terus mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Saat ini, kisaran harga rata-rata tanah di BSD adalah mulai dari Rp4 juta per m² hingga lebih dari Rp9 juta per m².

Jika mencari properti terbaik, pilihannya cukup tersebar di seluruh kawasan BSD dengan rasio perumahan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan apartemen. Saat ini, terdapat sekitar lebih dari 30 cluster perumahan yang bisa dipilih dan setidaknya terdapat 9 apartemen untuk dipilih berdasarkan kebutuhan.

gambar kawasan BSD, Tangerang SelatanSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum

Fasilitas yang super lengkap menjadi magnet tersendiri mengapa kawasan ini begitu diminati untuk dijadikan investasi masa depan. Di kawasan yang menjadi favorit kaum milenial ini, terdapat sederet fasilitas umum.

Untuk fasilitas kesehatan, Anda bisa ke RS Eka Hospital, RS Medika, RS Proklamasi. Sementara itu, untuk fasilitas pendidikan, terdapat sekitar 42 sekolah dengan skala nasional dan internasional. Beberapa di antaranya adalah BINUS School Serpong, German School Jakarta, Sekolah St. Ursula, Sekolah Ora et Labora, dan Sekolah Al-Azhar. Ada pula Universitas Prasetiya Mulya dan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Pusat perbelanjaan yang dapat Anda kunjungi di antaranya adalah Pasar Modern BSD, Pasar Modern Intermoda, dan AEON Mall. Ada pula exhibition & convention center, hotel, lapangan golf, tempat ibadah, dan coworking space. Untuk pusat rekreasi dan hiburan, ada Ocean Park, The Breeze, serta taman kota.

Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur di kawasan ini pun terus dikembangkan sehingga semakin lengkap dan mempermudah warga untuk memilih transportasi yang paling nyaman. Untuk mengakses BSD,  Anda bisa melalui jalan tol Jakarta – Tangerang, jalan tol Ulujami – Serpong, dan jalan tol Kunciran – Serpong. Untuk yang lebih memilih transportasi umum, bisa menggunakan KRL Commuter Line, TransJakarta, JR Connexion, JA Connexion, hingga transportasi angkutan kota.

Prospek Properti di BSD

Dengan adanya pembangunan fasilitas kelas internasional serta infrastruktur yang semakin lengkap dan terintegrasi, harga properti di kawasan ini terus mengalami kenaikan. Hal ini membuat prospek properti di BSD cukup terjamin. Tentunya, memilih properti di kawasan ini sangatlah pas dijadikan untuk investasi ataupun dijadikan tempat tinggal karena berada di lingkungan nyaman, aman, dan berkelas.  

Properti Baru di BSD
Lihat 33 Properti Baru
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau