Mengenal Lebih Dekat Kawasan Serpong yang Berkembang Pesat

Serpong

Serpong merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kota Tangerang Selatan. Wilayah ini pada zaman dulu dimanfaatkan sebagai perkebunan pohon karet. Proyek pembangunan properti pertama di sini terjadi pada tahun 1989 oleh grup Ciputra yang diberi nama Bumi Serpong Damai (kini diambil alih Sinarmas dan berganti nama menjadi BSD City). Proyek tersebut juga disinyalir menjadi salah satu faktor berkembangnya wilayah ini.

Modern ini, wilayah Serpong memiliki banyak kompleks perumahan. Developer yang berpartisipasi dalam pembangunan perumahan di sini pun kebanyakan sudah memiliki nama besar. Di antaranya adalah Paramount Land, Summarecon Agung, PT Semesta Membangun Indonesia, GNA Group, Hekta Karya, dan Progress Group.

Kelebihan Serpong

Wilayah Serpong memiliki banyak keunggulan. Lokasinya didukung dengan infrastruktur yang sudah berkembang dengan pesat, lengkap dengan aneka fasilitas publik. Aksesnya berupa jalan tol dan beragam transportasi umum massal. Penduduk wilayahnya per tahun 2021 sudah mencapai 156.734 jiwa. Bila Anda ingin mendirikan usaha, prospeknya akan sangat menjanjikan.

Tren Harga Properti

Harga properti di wilayah ini sudah melonjak cukup drastis dikarenakan minat masyarakat yang begitu tinggi. Di sini juga ada banyak proyek perumahan kelas menengah hingga premium yang harganya bisa mencapai angka miliaran rupiah. Bahkan, wilayah di sekitarnya pun ikut merasakan dampaknya pada sektor properti. Sebut saja seperti wilayah Gading Serpong.

Harga tanah di wilayah ini di awal tahun 2022 ada yang sudah mencapai angka Rp40 juta per meter persegi. Melihat tren harga properti yang kerap meningkat di wilayah ini, tidak ada salahnya untuk merencanakan investasi properti di sini.

Karena wilayah ini sudah dikembangkan selama kurang lebih 20 tahun, tentu ada banyak kompleks perumahan yang telah didirikan. Bagi Anda keluarga muda yang mengutamakan kenyamanan, kepraktisan, dan keseimbangan gaya hidup, ada beberapa kompleks perumahan baru yang banyak diminati. Di antaranya adalah Golden Park 3,  Leonara at Symphonia Summarecon Serpong, dan Nayla Residence. Selain kompleks perumahan baru, di kawasan ini juga terdapat banyak pilihan apartemen. Di antaranya adalah The Canary Apartment dan Kingland Avenue. 

gambar kawasan Serpong, Tangerang SelatanSumber gambar: shutterstock.com

Fasilitas Umum

Hidup di sini sudah serba mudah karena wilayah ini memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk fasilitas kesehatan, ada rumah sakit ternama seperti RS Eka BSD Tangerang dan RS Medika BSD. Kebutuhan akan pendidikan juga terjamin karena ada sekolah swasta, negeri, hingga internasional. Di antaranya yang populer adalah Binus School, Jakarta Nanyang School, Stella Maris International School, SMA Islam Terpadu Al-Husainy, dan SMAN 7.

Pusat perbelanjaan di kawasan ini berupa mall yang terdiri dari Teraskota dan Mall Paradise Walk Serpong. Untuk pusat perbelanjaan tradisional, yang cukup tersohor adalah Pasar Modern BSD City. Anda dapat berbelanja kebutuhan harian dengan nyaman di sini. Sedangkan pada sore hari, kawasan parkirnya diramaikan pedagang makanan kaki lima dengan pilihan menu yang beragam dan harga terjangkau.

Infrastruktur

Infrastruktur wilayah ini mendapat banyak perhatian dari pemerintah seiring bertambahnya minat masyarakat untuk menghuni wilayah tersebut. Alhasil, kelengkapan infrastruktur tidak perlu diragukan lagi. Untuk akses kendaraan pribadi menuju area di sekitarnya, ada Tol Serpong-Cinere yang terhubung dengan Tol JORR II. Ada pula Tol Ulujami-Serpong dan Tol Jakarta-Serpong yang menjadi penghubung Serpong dengan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan melalui Bintaro dan Pesanggrahan. Dengan kehadiran jalan tol tersebut, warga bisa dengan mudah bepergian ke area lain juga seperti Bekasi, Depok, dan Bogor.

Wilayah ini juga bisa dituju menggunakan TransJakarta jalur Grogol-Serpong. Halte TransJakarta di sini juga cukup banyak menjangkau sudut wilayah hingga ke sekitaran Mall Teras Kota. Sedangkan untuk para pengguna commuter line, ada stasiun Serpong yang memudahkan Anda bepergian ke kawasan Jabodetabek dengan harga tiket terjangkau dan bebas macet.

Ke depannya, infrastruktur di wilayah ini juga akan diramaikan dengan MRT dan LRT yang tengah direncanakan oleh pemerintah. Jalur MRT dan LRT ini nantinya akan terhubung dengan Stasiun MRT Lebak Bulus.

Prospek Properti di Serpong

Kenaikan harga properti di wilayah ini dipastikan akan terus meningkat seiring bertambahnya peminat dan pengembangan infrastruktur. Ada banyak pula developer yang sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan rumah dan apartemen.

Peminat rumah baru di Serpong pada umumnya adalah para pekerja di Jakarta, terutama Jakarta Selatan. Harga rumah di sini juga dapat dikatakan lebih terjangkau dibandingkan area lain di sekitaran Jakarta seperti Bekasi dan Bogor. Wilayahnya juga sudah ramai dan dekat dengan kota mandiri seperti BSD City dan Gading Serpong.

Rencana pengembangan infrastruktur seperti Tol Serpong – Balaraja, Tol Balaraja – Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan MRT Barat-Timur juga diprediksi akan semakin menghidupkan wilayah ini. Untuk dihuni sendiri atau sekadar dijadikan investasi, properti di Serpong bisa jadi instrumen yang tepat.

0
Temukan inspirasi rumah idaman dan dekorasi dengan harga terjangkau