×Sehubungan dengan hari raya Idul Fitri, pengiriman dan produksi barang untuk marketplace, serta konsultasi jasa desain interior akan tertunda hingga 21 Juni 2018.

Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


Panduan Memilih Jam Yang Tepat Untuk Rumahmu

Sebuah ruangan tampaknya kurang lengkap jika tidak dihiasi oleh kehadiran sebuah jam dinding. Bukan hanya berfungsi sebagai penanda waktu, jam dinding juga bisa menjadi ornamen penghias dinding ruangan. Ada pun model jam dinding saat ini sudah sangat banyak dan bervariasi. Kita bisa dengan bebas memilih jenis dan model jam yang kita inginkan untuk membuat dinding atau ruangan menjadi lebih berkesan.

Perbedaan Bentuk Jam

Berdasarkan bentuknya, ada beberapa jenis jam yang lazim digunakan. Bukan hanya berbeda dari segi bentuk, tetapi juga berbeda dari segi fungsinya. Jenis-jenis jam tersebut antara lain:

  • Jam tangan. Jam ini adalah jenis jam yang sangat praktis karena diciptakan supaya bisa dibawa ke mana-mana dengan cara dilingkarkan pada pergelangan tangan. Modelnya pun bermacam-macam. Biasanya, model jam untuk pria berbeda dengan jam untuk wanita. Jam untuk pria lebih besar dan terlihat gagah, sedangkan jam untuk wanita lebih kecil dan terlihat feminin.
  • Jam dinding. Jam ini menjadi penunjuk waktu yang sangat efektif karena bisa dilihat oleh banyak orang dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, jam dinding biasanya diletakkan di tempat yang lebih tinggi dalam sebuah ruangan.
  • Jam weker/jam alarm. Jenis jam yang satu ini sangat berjasa membangunkan penggunanya pada waktu yang telah diatur terlebih dahulu. Oleh karena itu, jam ini pun dilengkapi dengan speaker yang berfungsi mengeluarkan bunyi alarm. Jam ini biasanya diletakkan di atas meja atau tempat lain yang mudah dijangkau dengan cepat.
  • Jam digital. Jenis jam ini lebih canggih dan inovatif. Jika biasanya jam ditandai dengan jarum jam yang mengelilingi angka satu hingga dua belas, jam digital hanya menampilkan angka saat itu. Jam ini dijalankan secara elektronik.

Material Berbeda

Selain perbedaan pada bentuk fisiknya, jam juga memiliki perbedaan pada material pembentuknya. Beberapa bahan pembentuk jam yang lazim kita temui antara lain:

  • Stainless steel

Stainless steel atau dikenal dengan nama besi anti karat adalah material yang sangat tahan lama. Namun, supaya tetap terlihat kinclong, jam yang dibuat dari bahan ini harus tetap dijaga kebersihannya.

  • Plastik

Jenis jam tangan yang berasal dari plastik sangat banyak diproduksi. Selain ringan, bahan plastik pun praktis dalam perawatannya.

  • Kayu

Saat ini, kayu memiliki pamor yang cukup tenar dalam hal aksesori maupun benda-benda handmade lainnya. Benda yang terbuat dari kayu terlihat lebih elegan dan eksotis dengan caranya sendiri. Begitu pula jam yang terbuat dari kayu, baik jam dinding, jam weker, maupun jam tangan.

Memilih Jam yang Tepat

Menggunakan jam yang tepat akan membuat hari-hari kita lebih bermakna. Bagaimana pun, benda inilah yang selalu kita perhatikan setiap saat selama sepanjang hari. Oleh karena itu, sangat penting memilih jam yang sesuai dengan kebutuhan maupun karakter kita. Berikut beberapa tips penting yang bisa menolong Anda untuk memilih jam yang sesuai.

  • Warna Itu Penting

Bagi sebagian orang, warna memiliki makna yang dalam. Misalnya, warna merah untuk menunjukkan semangat dan keberanian. Warna putih sebagai tanda kesucian dan kebersihan. Warna hijau bagi yang ingin terlihat segar dan natural.

Nah, salah satu pertimbangan ketika Anda hendak memilih jam, baik jam tangan, jam dinding, atau jam meja, adalah apakah warna jam tersebut sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Khususnya pada jam tangan, Anda pasti akan membawanya ke mana-mana. Secara tidak langsung, jam ini menjadi representasi Anda ketika bertemu dengan orang lain. Oleh karena itu, warna yang Anda pilih cukup berpengaruh.

Untuk jam dinding, ada baiknya Anda menyesuaikannya dengan warna dinding ruangan. Sebaiknya, Anda memilih warna jam yang kontras dengan warna dinding supaya Anda tidak mengalami kesulitan saat hendak melihat penanda waktu tersebut.

  • Pilih Besar Atau Kecil?

Ada jam yang berukuran besar, ada pula yang kecil. Untuk jam tangan, Anda harus teliti memilah ukuran jam yang proporsional dengan tubuh Anda. Jam tangan yang terlalu besar tidak akan terlihat keren, sebaliknya jika kekecilan pun tampak kurang pas.

Begitu pula untuk jam dinding, Anda perlu menyesuaikannya dengan luas ruangan. Ruangan yang luas membutuhkan jam dinding yang lebih besar. Sementara itu, ruangan yang sempit dan kecil bisa dipasangi jam dinding yang berukuran minimalis saja. Untuk jenis jam meja, tidak ada ukuran wajib yang harus diperhatikan. Selama Anda bisa melihat angkanya dengan cukup jelas, jam tersebut bisa digunakan.

  • Pilih Bahan yang Paling Sesuai

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahan atau material pembuatan jam bisa menampilkan kesan yang berbeda-beda. Jika Anda menyukai segala sesuatu yang bersifat vintage, cobalah memilih jam antik yang terbuat dari bahan stainless steel. Sebaliknya, jika Anda ingin sesuatu yang bersifat orisinal, gunakanlah jam yang terbuat dari kayu. Bahkan, jam tangan pun kini ada yang terbuat dari kayu. Menarik, bukan?

  • Soal Ketahanan

Jam yang bagus dan mahal seharusnya tahan lama. Namun, ada juga jenis jam yang berharga mahal, tetapi tidak tahan dipakai dalam waktu lama. Jam jenis ini mudah rusak meskipun tidak terlalu sering digunakan. Ada pula fitur-fitur canggih seperti water resistent atau kualitas yang tahan air. Biasanya fitur ini lebih banyak digunakan pada jam tangan karena sering dibawa ke mana-mana.

  • Model Sebagai Bonus

Fungsi utama jam adalah menunjukkan waktu kepada penggunanya. Fungsi lain adalah menjadi aksesori harian atau ornamen pelengkap di dalam rumah. Khusus jam tangan, karena melekat secara personal pada seseorang, pemilihan model yang tepat sangat disarankan. Jangan sampai model jam yang Anda gunakan tidak sesuai dengan karakter maupun usia Anda.

Sementara itu, model jam dinding yang saat ini bisa ditemukan pun ada bermacam-macam. Mulai dari jenis jam berbentuk bulat standar atau persegi, hingga yang berbentuk abstrak dan unik. Jam unik seperti yang terbuat dari talenan adalah salah satu model jam dinding yang tidak biasa.

  • Pakai Angka Atau Tidak?

Ada tiga jenis jam, yaitu jam yang memiliki angka lengkap, jam yang tidak memiliki angka samasekali, dan jam yang hanya menandai angka 3, 9, 6, dan 12. Sebenarnya, jenis ini tidak terlalu berpengaruh kecuali untuk kejelasan tampilan saja. Jika ada orang tua yang masih tinggal di rumah, pemakaian angka akan memudahkannya melihat waktu dengan jelas.

  • Suara Alarm yang Cocok

Untuk jam meja, bukan hanya tampilan saja yang perlu diperhatikan. Suara alarm yang dihasilkan pun patut menjadi perhatian. Suara tersebut tidak harus nyaring, yang penting masih bisa menggugah si pemilik ketika sedang beristirahat. Oh, ya, pilih juga jam yang alarmnya mudah untuk dimatikan supaya Anda tidak kesulitan mencari-cari.

Melengkapi dinding ruangan dengan jam dinding adalah kebutuhan tersendiri. Selain menjadi sumber informasi waktu, jam dinding pun menjadi elemen penghias ruangan yang tak kalah penting. Jam dinding yang tepat akan menciptakan suasana ruangan yang menyatu. Bila perlu, gunakanlah model jam dinding yang berbeda di setiap ruangan sehingga memberikan suasana baru yang tidak monoton.

Top 10 Categories Dekorasi
Top 10 Brands Dekorasi

IKEA | Informa | Tees | JYSK | Vivere | AlegreClaris | Golden Dragon | StarHome | Eolins

Top 10 Categories Furnishing