Pilih tipe Kabinet Dapur & Troli berikut:

Kabinet Dapur & Troli


Mengenal Fungsi Kabinet Dapur dan Troli yang Serbaguna

Dapur merupakan area di dalam hunian yang digunakan untuk menyimpan, memasak, dan mempersiapkan makanan. Untuk menjalankan tiga fungsi tersebut, dapur membutuhkan beragam elemen. Salah satunya adalah kabinet dapur & troli.

Dibandingkan dengan elemen dapur lainnya, kabinet dapur & troli memegang peranan besar. Tidak hanya itu, kabinet dapur & troli juga serbaguna lantaran dapat ditempatkan pada ruangan lain dan menampung barang apa pun tanpa terlihat janggal.

Fungsi Kabinet Dapur & Troli

Mungkin kamu berpikir bahwa kabinet dapur & troli hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan saja. Namun sebenarnya, ada banyak fungsi lainnya yang bisa memudahkan aktivitasmu di dapur. Penasaran apa saja? Ini dia ragam fungsi kabinet dapur & troli yang serbaguna!

1. Tempat Penyimpanan Makanan

Kabinet dapur & troli dapat dijadikan tempat atau rak penyimpanan makanan, baik itu yang siap masak atau berupa camilan. Pisahkan jenis makanan tersebut pada sekat yang berbeda-beda. Misalnya, bagian atas untuk camilan dan bagian bawah untuk makanan siap masak. Dapur jadi lebih rapi dan makanan pun mudah ditemukan.

2.  Menempatkan Ragam Peralatan

Tidak hanya menjadi tempat penyimpanan makanan, kabinet dapur & troli juga bisa dijadikan tempat meletakkan peralatan memasak dan perangkat elektronik. Untuk menjalankan fungsi ini, kabinet dapur & troli harus memiliki sekat yang terbuka, bisa berupa rak atau bagian permukaan atas yang datar.

Kamu bisa menempatkan pisau, alat parut, panci, microwave, pemanggang roti, bahkan mesin kopi rumahan. Namun, khusus untuk menaruh alat elektronik dapur, pastikan kamu memilih kabinet dapur & troli yang memiliki permukaan tebal dan kokoh, ya!

3. Jadi Meja Persiapan

Bagian atas kabinet dapur & troli yang datar dan luas juga bisa difungsikan sebagai meja persiapan. Mulai dari menyiapkan bahan makanan, memotong, hingga menata masakan di atas piring. Letakkan kabinet dapur & troli ini di dekat area kompor supaya kamu semakin mudah menjangkaunya ketika hendak memasak dan menyajikan makanan.

Jika kamu tertarik untuk menjadikan kabinet dapur & troli sebagai meja persiapan, pastikan material bagian atas tidak mudah menyerap air dan minyak. Lalu, sesuaikan tinggi kabinet dapur & troli dengan tinggi badan. Setidaknya sejajar dengan pinggangmu.

4. Rak Bumbu yang Praktis

Bagi pemilik dapur dengan ukuran mungil, pemilihan tempat rak bumbu bisa jadi sangat tricky. Area kitchen set mungkin saja terbatas dan hanya cukup untuk kompor. Alhasil, bumbu diletakkan di lemari atas atau di sudut dapur lainnya. Masalah mungkin terselesaikan. Namun, apakah nyaman untuk kegiatan memasak? Pasalnya, kamu harus berpindah ke sudut dapur lainnya untuk mengambil bumbu lalu mengembalikannya lagi.

Kabinet dapur & troli bisa jadi solusi yang lebih tepat dan praktis, nih, khususnya untuk rak troli. Kriteria troli sendiri memiliki roda di bagian bawah. Jadi, mudah dipindahkan ke mana saja di saat kamu membutuhkannya. Dengan meletakkan bumbu dapur di troli ini, kamu dapat membawa semua yang dibutuhkan ke sisimu saat memasak. Jika sudah selesai masak, troli bisa diparkir ke sudut dapur supaya tidak mengganggu jalan.

5. Display Koleksi Tanaman

Kabinet dapur & troli biasanya terdiri dari dua tingkat atau lebih. Kamu dapat manfaatkan kabinet dapur, khususnya yang memiliki rak terbuka sebagai rak display koleksi tanaman dalam pot. Begitu juga dengan troli, berkat roda di bagian bawah, memindahkan tanaman pun jadi lebih mudah. Hanya sekali jalan dan tidak membuang banyak tenaga. Saat hendak menyiram tanaman tersebut, cukup bawa troli ke sumber air. Begitu juga saat siang hari, bawa troli tersebut ke dekat jendela. Cocok untuk pemilik tanaman yang menghuni hunian mungil seperti apartemen studio.

Untuk fungsi ini, pilihlah kabinet dapur & troli dengan rak yang berlubang supaya air siraman tidak menggenang dan merusak furnitur. Pilih juga yang menggunakan material stainless steel untuk menghindari cepat lapuk akibat air dan paparan sinar matahari.

6. Meja Makan untuk yang Tinggal Sendiri

Kabinet dapur & troli ada yang berukuran kecil hingga sedang. Oleh karenanya, bisa juga dimanfaatkan untuk meja makan bagi yang tinggal sendirian. Penggunaan kabinet dapur & troli sebagai meja makan juga menjadikan hunian lebih space-saving.

Troli bisa digeser ke dekat sofa atau tempat tidur ketika hendak makan. Dengan demikian, kamu tidak perlu membeli kursi lagi untuk melengkapi ‘kabinet & troli meja makan’.

7. Lemari Serbaguna

Meski namanya kabinet dapur & troli, kenyataannya furnitur ini bisa jadi lemari serbaguna dan diletakkan di mana saja. Khusus untuk kabinet dapur dengan pintu kaca dapat dimanfaatkan juga sebagai lemari display. Mau dimanfaatkan jadi lemari pakaian di dalam kamar tidur pun bisa. Sementara itu, troli mungil jika dijadikan nakas pun tidak ada salahnya.

Tips Memilih Kabinet Dapur & Troli

Setidaknya, ada 7 fungsi kabinet dapur & troli yang sudah kamu ketahui bersama Kania. Pastinya jadi semakin semangat untuk memiliki kabinet dapur & troli baru di dalam hunian, ‘kan? Namun, jangan buru-buru. Simak dulu tips memilih kabinet dapur & troli berikut ini supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.

1. Tentukan Jumlah Sekat yang Dibutuhkan

Kabinet dapur & troli tersedia dalam beragam variasi. Ada yang jumlah sekatnya 2, ada pula yang lebih dari itu dan dilengkapi dengan laci. Sebelum memilih dan membeli kabinet dapur & troli, kamu bisa mencatat kira-kira barang apa saja yang akan diletakkan di sana. Setelah itu, barulah tentukan jumlah sekat yang dibutuhkan dan cari kabinetnya.

2. Ketahui Ukuran yang Ideal

Ada yang akan menggunakan kabinet dapur & troli untuk beragam kepentingan, seperti meja, display, dan lainnya. Dengan mengetahui kepentingan tersebut, kamu bisa menentukan ukuran yang ideal. Misalnya, kabinet dapur & troli memiliki permukaan atas yang luas supaya kamu lebih leluasa dalam mempersiapkan makanan. Bisa juga yang ukurannya lebih kecil, tapi tinggi supaya bisa diletakkan di dapur mungil.

3. Pilih Material yang Tepat

Dapur adalah ruangan yang sifatnya panas dan rawan terkena air serta noda masakan. Pemilihan material yang tepat akan menambah usia pemakaian kabinet dapur & troli. Beberapa material yang Kania sarankan adalah particle board, papadn MDF, stainless steel, dan plastik. Namun, tetap sesuaikan dengan kebutuhan, ya!

4. Pastikan Roda Berkualitas

Troli memiliki roda di bagian bawah untuk mempermudah perpindahannya. Begitu juga dengan beberapa kabinet dapur. Nah,karena akan digunakan hampir setiap saat, maka rodanya harus dipastikan memiliki kualitas yang baik. Di antaranya bisa berputar dengan mudah dan digerakkan ke kanan-kiri. Pastikan juga bahwa roda tersebut memiliki fitur kunci. Dengan demikian, troli tidak akan bergeser sendiri dan membahayakan penggunanya.

5. Sesuaikan Desain

Seiring berkembangnya zaman dan gaya hidup, kabinet dapur & troli dibuat dalam aneka model. Ada yang dikombinasikan dengan laci, pintu kaca, rak terbuka, dan masih banyak lagi. Begitu pula dari segi desain. Saat ini yang tengah menjadi tren adalah kabinet dapur & troli bergaya modern minimalis dengan warna putih atau cokelat khas kayu. Selain itu, ada juga kabinet dapur & troli dengan ukiran di bagian permukaannya yang cocok untuk hunian mewah dan klasik.

Demikianlah fungsi kabinet dapur & troli yang serbaguna beserta tips memilihnya. Kalau sudah tahu kira-kira kabinet dapur & troli seperti apa yang kamu butuhkan, langsung saja cari dan temukan di Dekoruma! Pilihan modelnya ada banyak, produknya berkualitas, dan harganya pun terjangkau!

Top 10 Categories Furnishing