Tampilkan hasil untuk:

Brand:

Warna:


9 Jenis Rak & Penyimpanan, Mana yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda?

Di samping lemari, rak & penyimpanan juga bisa jadi pilihan Anda untuk menyimpan segala barang yang dibutuhkan sehari-hari. Tak hanya untuk menyimpan barang, furnitur rak & penyimpanan bisa jadi rumah bagi dekorasi-dekorasi yang bisa meramaikan ruangan, seperti foto keluarga, miniatur, patung kecil, dan tanaman imitasi maupun asli.

Di Dekoruma.com, Anda bisa menemukan ragam jenis rak & penyimpanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Rak & penyimpanan tersebut terbagi dalam sembilan jenis, yaitu kabinet, rak display, rak buku, rak sepatu, rak TV, rak dinding, laci anak, lemari arsip, dan lemari loker. Apa saja kegunaan tiap jenis rak & penyimpanan tersebut? Bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak bersama di bawah ini.

  1.     Kabinet

Rak & penyimpanan pertama yang akan dibahas adalah kabinet. Bentuknya menyerupai lemari pakaian, tetapi perbedaannya terdapat pada jumlah tempat untuk menyimpan barang. Secara umum, setiap kabinet memiliki lebih dari dua tempat penyimpanan. Tempat ini digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan, seperti perkakas. Selain itu, Anda juga bisa menaruh ragam koleksi di jenis rak & penyimpanan ini, seperti album foto dan kepingan CD film hingga musik favorit.

Rak & penyimpanan ini punya dua bentuk lemari, tertutup dan tembus pandang. Jika Anda ingin ruangan terlihat lebih rapi, Anda bisa menggunakan kabinet tertutup. Namun, tak ada salahnya juga bila Anda menggunakan kabinet model transparan. Rak & penyimpanan seperti ini memberikan keuntungan sebab Anda bisa lebih mudah menemukan barang yang dicari.

Kabinet juga bisa Anda letakkan di ruang keluarga. Jika kabinet yang Anda gunakan memanjang dan agak rendah, Anda bisa meletakkan TV di atasnya sehingga rak & penyimpanan ini jadi serbaguna. Tak hanya di ruang keluarga, kabinet juga bisa digunakan untuk menyimpan ragam alat masak dan makan di ruang makan dan dapur. Kehadirannya mampu melengkapi kitchen set yang mungkin kurang cukup untuk menyimpan keperluan memasak Anda.

  1.     Rak display

Anda suka menghias rumah dengan ragam bentuk dekorasi lucu? Gunakan rak display untuk meletakkan dekorasi tersebut supaya terlihat lebih rapi dan tak berceceran. Karena fungsi rak & penyimpanan ini, Anda akan menemukan rak display dalam bentuk rak terbuka atau lemari transparan.

Rak display juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan buku favorit di sudut baca untuk memudahkan Anda mengambil buku dengan lebih praktis. Tak hanya itu, rak & penyimpanan ini bisa juga diletakkan di kamar tidur anak. Taruhlah buku, mainan, dan boneka kesayangannya di rak & penyimpanan ini. Beberapa pigura foto bersama sahabatnya pun bisa turut menemani barang-barang kesayangannya tersebut.

  1.     Rak buku

Terlihat dari namanya, jenis rak & penyimpanan ini dikhususkan untuk menyimpan buku dalam jumlah banyak. Jika Anda gemar membaca dan mengoleksi banyak buku, Anda perlu memiliki rak buku. Dengan memakai rak & penyimpanan ini, buku-buku Anda akan lebih terorganisasi dan lebih enak dipandang. Anda pun tak perlu kerepotan mencari buku yang akan dibaca.

Saat Anda mulai menyusun buku-buku tersebut, pastikan Anda melakukan hal-hal berikut. Kumpulkan buku-buku Anda dan sendirikan buku berseri seperti novel trilogi, komik, atau ensiklopedia A-Z. Setelah itu, letakkan di rak buku dengan mengurutkan berdasarkan ukurannya, dari besar hingga kecil. Tindakan ini akan membuat koleksi buku Anda lebih terlihat rapi dan Anda lebih mudah mencari buku yang Anda inginkan di jenis rak & penyimpanan ini.

Anda juga tak boleh lupa untuk rajin membersihkan rak & penyimpanan ini. Keluarkan seluruh buku dari rak dan bersihkan dengan kain bersih. Jangan lupa untuk membersihkan bagian atas buku karena debu-debu pasti menumpuk di atasnya. Setelah itu, kembalikan buku-buku tersebut pada posisi awal di rak & penyimpanan. Dengan perawatan yang tepat, rak buku akan tahan lama.

  1.    Rak sepatu

Sepatu pun perlu rumah sebagai tempat penyimpanannya usai digunakan. Ada dua jenis permukaan rak sepatu yang biasanya dijual, yaitu berpermukaan rata dan berupa garis-garis berlubang. Gunakan rak berpermukaan rata untuk meletakkan alas kaki dengan bagian bawah yang tajam atau bergerigi, seperti sepatu hak tinggi dan sepatu bola. Jika Anda meletakkan jenis alas kaki ini di rak sepatu yang berlubang, alas kaki bisa jatuh dan rusak.

Untuk alas kaki seperti sepatu kets atau flat shoes, Anda bisa meletakkannya di rak sepatu yang berupa garis berlubang karena bagian bawah alas kaki tersebut datar. Pada intinya, pemilihan model jenis rak & penyimpanan ini akan tergantung pada jenis alas kaki apa yang dimiliki paling banyak. Jika Anda memilih rak sepatu dengan permukaan garis berlubang sedangkan Anda memiliki sepatu hak tinggi, Anda bisa memasukkan sepatu tersebut dalam kotak sepatu. Jangan lupa untuk menggantungkan pengharum di jenis rak & penyimpanan ini, ya!

  1.     Rak TV

Berfungsi sebagai tempat meletakkan TV, jenis rak & penyimpanan ini hadir dalam ukuran yang berbeda-beda. Sesuaikan besar kecilnya rak TV dengan luas ruangan Anda dan besaran TV yang digunakan. Di samping itu, pastikan rak & penyimpanan ini mempunyai ketinggian yang sejajar saat Anda duduk di depannya. Hal ini dilakukan agar leher Anda tidak pegal saat menonton film kesayangan di TV.

Tidak hanya TV, beberapa jenis perangkat elektronik yang melengkapi TV juga bisa disimpan di rak & penyimpanan ini, seperti HD dan DVD player, Xbox, PlayStation, Nintendo Wii, dan lainnya. Anda juga bisa meletakkan koleksi film, musik, hingga permainan di sana juga. Mengumpulkan barang-barang tersebut dalam satu tempat memudahkan Anda untuk memilih ragam jenis hiburan tanpa harus berpindah-pindah.

  1.     Rak dinding

Menggunakan rak dinding di rumah akan bermanfaat bagi rumah Anda. Jenis rak & penyimpanan ini mampu menghemat ruang karena peletakannya di dinding. Ruangan pun akan lebih luas dan pergerakan Anda pun lebih bebas. Posisi jenis rak & penyimpanan ini sebaiknya tidak terlalu tinggi untuk memudahkan Anda mengambil barang yang disimpan di sana.

Karena ukurannya kecil, rak dinding lebih cocok digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam jumlah yang sedikit. Di dapur, Anda bisa meletakkan ragam bumbu dapur dan menggantungkan serbet. Jenis rak & penyimpanan ini bisa juga dipasang di dinding kamar mandi untuk menaruh sabun. Selain itu, rak dinding bisa dipasang di kamar tidur sebagai tempat menaruh foto atau buku-buku pelajaran si kecil.

  1.     Laci anak

Semakin hari, anak bertumbuh makin dewasa. Sebagai orang tua, Anda perlu mendidik anak supaya bisa mandiri. Salah satunya adalah memberikan laci sendiri. Dengan melakukan hal ini, anak akan belajar memilah barang untuk dirinya sendiri. Selain itu, si kecil juga bisa belajar mengelola barang-barangnya secara mandiri dan bertanggung jawab atas apa yang menjadi miliknya.

Gunakan laci anak yang terbuat dari material yang aman, seperti plastik. Jenis rak & penyimpanan ini juga harus terlihat atraktif supaya anak makin menyukainya. Cobalah untuk menggunakan laci anak bergambar kartun atau berhiaskan warna pelangi. Warna-warna yang colorful bisa meningkatkan antusiasme si kecil untuk membereskan barang-barangnya di rak & penyimpanan ini.

  1.     Lemari arsip

Untuk Anda yang bekerja di kantor, Anda sangat memerlukan lemari arsip. Lemari ini berguna untuk menyimpan dokumen-dokumen penting yang menumpuk di meja kantor Anda, seperti dokumen perjanjian kerjasama hingga dokumen atas hak milik tertentu. Memasukkan dokumen-dokumen tersebut ke dalam rak & penyimpanan ini akan membuat ruangan kerja Anda lebih rapi. Selain itu, Anda bisa mencari dokumen tertentu dengan lebih mudah.

Sama seperti rak buku, Anda harus rajin membersihkan area lemari arsip karena banyaknya debu yang menempel. Jika tidak dibersihkan secara rutin, debu-debu tersebut akan merusak kertas-kertas dokumen secara perlahan dan membahayakan lemari arsip juga. Pilihlah lemari arsip yang memiliki material kuat seperti kayu dan besi. Selain itu, ada baiknya Anda memilih lemari arsip transparan untuk memudahkan Anda mencari dokumen.

  1.     Lemari loker

Apabila Anda sedang mengembangkan bisnis tempat kursus atau tempat kebugaran, jangan lupa untuk menghadirkan lemari loker. Jenis rak & penyimpanan ini berguna untuk menyimpan barang-barang tiap anggota kursus atau tempat kebugaran saat mereka sedang melakukan kegiatannya masing-masing. Tak lupa, tiap lemari loker harus disertai kunci supaya barang-barang anggota tersebut aman.

Itulah kesembilan jenis rak & penyimpanan yang dijual di Dekoruma.com. Setelah membaca kegunaannya di atas, apakah Anda sudah menentukan rak & penyimpanan mana yang akan dibeli? Jika sudah, segera lakukan transaksi dan tim kami akan membantu Anda mendapatkan rak & penyimpanan yang Anda suka hingga sampai di depan rumah Anda.

Top 10 Categories Furnishing