Tampilkan hasil untuk:

SALE:

Brand:

Warna:


Cara Memilih Meja Rias yang Tepat untuk Kamar Tidur

Selain tempat tidur dan lemari pakaian, meja rias juga menjadi salah satu furnitur esensial di dalam kamar tidur kaum hawa. Meja rias sendiri memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan aneka peralatan rias wajah atau make up dan biasanya dilengkapi dengan cermin serta laci atau tempat penyimpanan lainnya. Dengan demikian, tempat untuk melakukan kegiatan make up yang paling nyaman dan tepat adalah di depan meja rias.

Namun, tidak hanya untuk wanita saja, meja rias pun kerap dibutuhkan oleh para pria untuk menyimpan jam tangan, kacamata, parfum, dan aneka produk perawatan tubuh lainnya. Dalam memilih meja rias pun ada banyak pertimbangannya, seperti dari faktor desain, ukuran, warna, model cermin, dan seberapa banyak tempat penyimpanannya. Semua hal tersebut tentu akan memengaruhi kenyamanan dan kegunaannya. Oleh karena itu, sebelum membelinya, sebaiknya Anda ketahui dulu cara memilih meja rias yang tepat untuk kamar tidur Anda.

Memilih Meja Rias Berdasarkan Luas Kamar Tidur

Sebenarnya, ini merupakan hal umum yang perlu Anda terapkan saat membeli furnitur. Pertama-tama, Anda harus tahu berapa luas ruangan kamar tidur, kemudian pilihlah meja rias yang kira-kira ukurannya paling sesuai dengan luas ruangan atau area kosong yang masih tersedia di dalam kamar. Misalnya saja, jika ukuran kamar tidur Anda kecil, jangan memilih meja rias yang besar karena akan membuat ruangan malah terkesan sumpek dan tambah sempit.

Selain itu, jangan lupa perhatikan juga peletakkannya. Untuk menyiasati keterbatasan ruang, Anda bisa meletakkan meja rias di sudut ruangan. Dengan demikian, akan ada ilusi ruangan yang lebih lapang.

Memilih Meja Rias Berdasarkan Kapasitas Tempat Penyimpanan

Cara memilih meja rias ini bisa disesuaikan dengan jumlah alat make up yang Anda miliki. Biasanya, orang yang sangat gemar merias wajah cenderung memiliki lebih banyak alat make up, begitu juga sebaliknya. Tempat penyimpanannya sendiri sangat bervariasi, ada yang bermodel laci, lemari, atau rak, dan bisa saja merupakan kombinasi dari ketiganya.

Dengan demikian, Anda juga bisa memilih meja rias dengan tempat penyimpanan yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda lebih banyak mengoleksi lipstik, pensil alis, atau kutek, mungkin model meja rias dengan banyak laci lebih cocok untuk Anda. Sementara, bagi Anda yang gemar mengoleksi riasan kepala, seperti flower crown, wig, atau topimodel lemari bisa diandalkan. Jangan khawatir apabila kapasitas penyimpanannya kurang karena Anda masih bisa menambahkan beberapa organizer lagi di atas permukaan meja rias.

Memilih Meja Rias Berdasarkan Model Cermin

Sekilas, hal ini terdengar sepele, tapi model cermin pada meja rias juga memengaruhi faktor kenyamanan Anda saat menggunakannya, lho! Selain itu, cermin pada meja rias juga bisa memberika efek yang lebih luas dan cerah pada ruangan. Setidaknya, terdapat lima model cermin pada meja rias. Berikut model-modelnya yang bisa Anda pertimbangkan sesuai kebutuhan.

1. Model Cermin Persegi

Meja rias dengan model cermin persegi ini merupakan yang paling banyak ditemukan di pasaran. Berkat modelnya yang lebar, cermin ini memungkinkan Anda untuk melihat bagian wajah dengan lebih leluasa. Namun, perlu diingat bahwa biasanya ukuran model cermin persegi ini disesuaikan dengan ukuran meja riasnya.

2. Model Cermin Lonjong

Selain persegi, ada juga yang cermin yang berbentuk lonjong. Biasanya model ini terdapat pada desain meja rias klasik. Sayangnya, model cermin ini tidak terlalu memberikan keleluasaan saat bercermin sehingga lebih jarang dipilih oleh orang-orang.

3. Model Cermin Tiga Sisi

Bagi Anda yang suka menata rambut, bisa memilih meja rias dengan model cermin tiga sisi. Cermin ini bisa dilipat sehingga Anda bisa menggunakannya untuk melihat ke arah belakang kepala melalui pantulan bayangannya. Saat tidak digunakan, Anda pun bisa mengembalikan cermin ke posisi semula sehingga tidak mengganggu kegiatan make up.

4. Model Cermin Full Body

Nah, model cermin yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang lebih suka melihat tampilan tubuh secara menyeluruh. Sayangnya, karena model cerminnya memanjang, biasanya ukuran meja riasnya jadi tidak terlalu besar dan lebar. Akan tetapi, meja rias ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamar tidur yang sempit.

5. Model Cermin dengan Lampu LED

Selain keempat model di atas, ada juga meja rias dengan model cermin yang dilengkapi lampu LED. Hal ini bertujuan supaya saat make up, Anda jadi bisa melihat tampilan riasan wajah secara lebih jelas dan terang. Biasanya, model cermin ini banyak dipilih oleh para make up artist.

Memilih Meja Rias Berdasarkan Desain

Terlepas dari fungsinya, meja rias juga bisa menjadi unsur dekorasi yang menghidupkan suasana di dalam kamar tidur. Karenanya, desain meja rias juga harus Anda sesuaikan dengan interior kamar tidur secara keseluruhan. Berikut ragam desain meja rias yang bisa Anda pilih.

1. Modern

Meja rias modern adalah meja rias yang memiliki desain kekinian, seperti terbuat dari full cermin atau model transparan. Bahkan, ada juga yang memiliki fitur-fitur unik tertentu, seperti lampu cermin yang dinyalakan dengan menggunakan sensor. Hal ini membuat harga meja rias modern tertentu jadi lebih mahal dibandingkan desain biasa.

2. Minimalis

Meja rias minimalis biasanya tidak terlalu memiliki banyak detail, baik pada bagian cermin, meja, ataupun tempat penyimpanannya. Bahkan, bingkai cermin yang digunakan biasanya sangat tipis sehingga memaksimalkan desain minimalisnya. Sesuai dengan namanya, meja rias ini banyak digunakan pada kamar tidur berkonsep minimalis yang mengutamakan kesederhanaan esensial dan keestetikan.

3. Sederhana

Meja rias sederhana dirancang khusus dengan desain atau model yang tidak ribet sehingga dalam penggunaannya pun jadi lebih praktis dan efisien. Pada umumnya, desain meja rias sederhana ini memiliki warna-warna yang netral, seperti cokelat, hitam, atau putih. Namun, hal ini bukan berarti tidak ada desain meja rias sederhana dengan warna-warna lainnya, seperti kuning atau pink.

4. Melayang

Untuk memberikan kesan yang unik dan menarik di dalam kamar tidur, Anda bisa menggunakan meja rias dengan model yang digantung atau dilekatkan pada dinding. Dengan demikian, akan ada ilusi meja rias yang melayang. Tak hanya itu saja, dengan memilih desain melayang ini, Anda pun akan lebih mudah saat menyapu atau membersihkan bagian bawahnya.

5. Klasik

Punya konsep rumah vintage? Kalau begitu, desain meja rias klasik adalah solusi terbaik untuk Anda. Umumnya, desain klasik ini ditandai dengan adanya lekukan dan ukiran detail, baik itu pada bagian bingkai cermin atau permukaan lacinya. Selain itu, material yang digunakan untuk desain klasik ini biasanya adalah kayu.

Itulah cara-cara memilih meja rias yang tepat untuk kamar tidur Anda. Tidak terlalu sulit, bukan? Hal yang tak boleh dilupakan adalah jangan lupa untuk merapikan meja rias setelah menggunakannya agar tetap terlihat bersih dan apik. Yuk, pilih meja rias impian Anda di Dekoruma!

Top 10 Categories Furnishing