Kenali Produk Dispenser yang Anda Butuhkan

Di era yang serba modern ini, pastinya banyak orang memilih cara yang praktis dan lebih hemat waktu untuk melakukan berbagai aktivitasnya, terutama dalam urusan dapur. Apalagi sekarang ini sudah banyak peralatan dapur yang sengaja didesain dengan canggih sehingga dapat mempermudah pekerjaan dapur, salah satu peralatan dapur yang mengikuti perkembangan modern adalah dispenser.

Dispenser merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki di setiap rumah. Dispenser dapat menyajikan beragam kemudahan dalam menyiapkan minuman hingga makanan. Mulai dari menyeduh teh, kopi, sampai membuat bubur bayi.

Kehadiran dispenser juga membuat seseorang tidak repot lagi dalam menyajikan air minum setiap harinya karena sudah banyak depot yang menjual air siap minum dalam galon yang tinggal dipasangkan saja pada dispenser. Karena terus mengalami perkembangan seperti yang sudah disebutkan tadi, tidak heran jika jenis varian dispenser juga semakin banyak.

Memilih dispenser bukan merupakan perkara yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli dispenser. Apa saja hal-hal tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Kenali jenis dispenser

Dispenser memiliki dua jenis yang paling umum di pasaran yaitu dispenser non-listrik dan dispenser yang menggunakan listrik. Jenis yang pertama yaitu dispenser non-listrik hanya dapat menuangkan air dari galon dan tidak bisa digunakan untuk keperluan mendinginkan dan memanaskan air. Jenis dispenser ini jauh lebih praktis karena tidak perlu dekat dengan sumber listrik.

Jenis yang kedua adalah dispenser listrik. Keunggulan dari jenis dispenser listrik ini adalah dapat memanaskan atau mendinginkan air minum, bahkan keduanya sekaligus. Yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser listrik dengan fitur tersebut adalah kebutuhan. Jika kamu memiliki kulkas, maka sebaiknya pertimbangkan untuk memilih dispenser yang memiliki fitur pemanas saja supaya bisa menghemat daya listrik di rumahmu.

  1. Perhatikan material bahan dispenser

Tentu kita ingin memiliki dispenser dengan kualitas terbaik. Kualitas dispenser yang baik salah satunya dapat dilihat dari bahan material yang digunakan. Bahan material yang digunakan pada dispenser dapat mempengaruhi kualitas air minum. Selain itu, keawetan dispenser juga tergantung pada bahan material apa yang digunakan. Ada tiga macam bahan material dispenser.

Pertama adalah bahan plastik. Jika kamu memilih dispenser dengan material plastik, pastikan kamu memilih dispenser plastik dengan kualitas terbaik yang tidak mudah pecah. Keunggulan dari bahan plastik ini adalah tidak mudah panas, karena plastik merupakan isolator yang tidak menghantarkan panas. Kemudian, harganya jauh lebih terjangkau dan mudah dalam perawatan untuk dilepas saat proses pencucian.

Yang kedua adalah dispenser berbahan logam. Bahan ini jauh lebih kuat ketimbang material bahan dispenser dari plastik. Dispenser logam juga memiliki kesan yang elegan dan modern. Kekurangannya adalah logam bisa saja mengalami karatan dalam jangka waktu yang lama. Mungkin saja karat akan ikut larut ke dalam air minum. Pastikan kamu memilih bahan tahan karat yang aman untuk digunakan agar air yang diminum terbebas dari kandungan partikel berbahaya.

Yang ketiga adalah dispenser keramik. Dispenser ini merupakan dispenser paling tradisional dan hanya berperan sebagai tempat menaruh air saja. Dispenser ini rentan benturan sehingga mudah pecah. Buat kamu yang menyukai seni dan estetika, dispenser jenis ini disebut-sebut sangat artistik karena memiliki ukiran dan motif tersendiri yang memberikan kesan yang berbeda.

  1. Konsumsi daya listrik

Sebelum membeli dispenser, kamu juga harus cermat dalam melihat daya listrik yang digunakan oleh perabotan yang ada di rumah. Dispenser listrik dengan keunggulannya untuk memanaskan dan mendinginkan air minum umumnya menggunakan daya listrik sebesar 200 hingga 300 watt.

Berbagai fitur dalam dispenser akan membutuhkan listrik yang berbeda. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli dispenser, tanyalah terlebih dahulu berapa besar daya listrik yang digunakan untuk menyesuaikan kapasitas listrik yang ada di rumahmu.

  1. Selang penghubung dispenser

Menjaga kualitas air minum berarti juga harus berhati-hati dalam memilih produk dispenser mana yang terbaik. Selain beberapa poin di atas, kamu juga harus memperhatikan dengan baik selang penghubung yang ada pada dispenser. Selang ini menjadi penghubung menuju tangki. Fungsinya sebagai saluran sirkulasi penyedot air.

Yang perlu diperhatikan adalah apakah selang tersebut menggunakan bahan yang anti jamur dan anti bakteri? Pertanyaan tersebut wajib kamu tanyakan kepada penjual. Bahan selang anti jamur dan anti bakteri yang baik terbuat dari bahan elastik dan dikenal dengan nama QYA Bacticlean. Carilah komponen selang berbahan tersebut agar kualitas minumanmu tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.

  1. Fitur child lock

Dispenser yang memiliki fitur child lock diperuntukkan bagi pemakaian dalam rumah tangga, terlebih bila memiliki anak yang masih kecil. Fitur safety child lock adalah sebuah fitur keamanan yang disematkan dalam perangkat dispenser agar lebih aman untuk digunakan oleh keluarga. Fitur ini bertujuan untuk melindungi penyalahgunaan dispenser oleh anak-anak. Fitur child lock pada beberapa dispenser memiliki metode yang berbeda. Maka pilihlah yang paling simpel dan dirasa paling aman yang sesuai dengan kebutuhanmu di rumah.

  1. Dispenser yang memenuhi kebutuhanmu

Pastikan kamu membeli dispenser sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang kamu inginkan. Misalnya ketika kamu merasa kesulitan untuk memasang galon karena berat, kamu bisa memilih dispenser dengan pemasangan galon pada bagian bawah atau yang disebut dengan bottom loading.

Dispenser dengan galon yang diletakkan pada bagian bawah ini cukup praktis dan juga memudahkan pekerjaan kamu tanpa perlu mengangkat galon. Meskipun harga yang ditawarkan cukup tinggi, harga dan fitur yang dimiliki cukup seimbang. Atau jika kamu tidak masalah untuk mengangkat galon maka disepenser dengan sistem top loading atau pengisian atas bisa menjadi pilihan.

  1. Garansi produk dispenser

Ketika kamu sudah mendapatkan dispenser yang kamu inginkan, pastikan kamu juga mendapatkan garansi produk. Pada umumnya, garansi yang didapatkan hanya berlaku untuk satu tahun. Untuk mendapatkan garansi seumur hidup, kamu bisa bertanya kepada petugas toko. Selain itu, kamu juga harus bertanya kejelasan mengajukan klaim serta batas akhir garansi.

Top 10 Categories Furnishing
Top 7 Brands Elektronik